Apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi pemimpin yang baik? Dan apa saja yang harus dihindari?

leadership

(Vina Shaw) #1

Untuk menjadi seorang pemimpin harus bijaksana dalam segala hal. Tapi, apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi pemimpin yang baik? Seperti yang saya thau, pemimpin pertama perlu mengetahui seluk beluk dari setiap pkekerjaan yang ada pada tempat ia bekerja. Apakah ada lebih dari itu yang harus kita perhatikan agar menjadi pemimpin yang baik?


(Abdul Latif) #2

Dari apa yang saya baca, seorang pemimpin selain mengerti seluk beluk pekerjaan ditempat ia bekerja, ia juga perlu memahami hubungan dirinya dengan para pekerjanya.

seperti yang ada pada penggalan artikel berikut,

Seorang pemimpin harus bisa memimpin timnya dengan bijak. Para pekerja seharusnya tidak ‘harus’ memberi usaha, namun mereka seharusnya ‘ingin’ memberi. Dengan kurangnya tingkat emosi intelijen dari seorang pemimpin dan tidak bisa menghubungkan koneksi dengan orang sekitar, maka hal tersebut tidak bisa tercipta.

Untuk mengatasai hal tersebut sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan. Seorang pemimpin perlu menjadi dirinya sendiri, seorang yang tidak ragu menunjukan rasa empati dan emosi di tempat kerja, untuk menginspirasai para pekerjanya. Berikut beberapa caranya:

  • Tunjukkan anda mampu melepas ego
  • Berlaku jujur
  • Fokus pada pekerja, bukan target
  • Buatlah target yang disetujui
  • Penasaran dengan apa yang dirasa dan dipikirkan oleh pekerja
  • Terbuka tentang siapa diri anda

Dengan mengerti hubungan anda dan para pekerja anda, anda dapat meningkatkan kualitas leadership anda dalam wilayah khususnya bisnis.

Baca selengkapnya : http://www.saintia.com/kemampuan-yang-jarang-sekali-di-ingat-oleh-pemimpin-saat-ini/