Apa saja yang dapat menjadi penyebab Erosi Gigi?

erosi gigi

Erosi gigi adalah terkikisnya permukaan gigi akibat proses yang terjadi secara kimiawi, di mana lingkungan mulut bersifat asam dengan pH di bawah 5. Perubahan gaya hidup dan tingginya konsumsi makanan dan minuman yang bersifat asam dapat menjadi faktor pendukung terjadinya erosi gigi.

Makanan dan minuman yang mengandung kadar asam cukup tinggi dapat mencetuskan erosi gigi, contohnya jus buah-buahan yang asam (jeruk, apel, dll), minuman bersoda, wine,acar, pempek, serta buah yang sangat asam. Selain itu, konsumsi obat tertentu dalam kurun waktu yang panjang juga bisa memicu erosi gigi

Gigi geligi penderita gangguan makan seperti bulimia nervosa juga umumnya mengalami . Penderita bulimia biasanya mengalami gangguan mental yang ditandai dengan makan berlebihan kemudian memuntahkannya kembali. Akibatnya, asam lambung yang terbawa ke kerongkongan saat muntah menyebabkan gigi mengalami erosi.

Erosi gigi juga sangat lazim ditemukan pada pemakai narkotika dan obat-obatan terlarang serta zat adiktif lainnya.

Minuman beralkohol semakin lekat dengan gaya hidup masa kini di kota-kota metropolitan. Di antara sekian banyak dampak negatif minuman beralkohol yang dikonsumsi secara berlebihan salah satunya adalah regurgitasi asam, yaitu asam di dalam lambung berbalik ke tenggorokan bahkan mencapai rongga mulut. Kondisi ini menciptakan suasana asam yang juga dapat menyebabkan erosi gigi. Refluks asam juga dapat dialami oleh penderita gastroesophageal reflux disease (GERD).

www.klikdokter.com

Sebuah penelitian menemukan bahwa minuman tertentu dapat memengaruhi erosi gigi tanpa disadari.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di British Dental Journal membandingkan pola makan 300 orang yang mengalami erosi gigi dengan 300 orang yang memiliki gigi sehat.

Mereka menyimpulkan bahwa konsumsi minuman asam dua kali sehari, termasuk minuman seperti minuman ringan, air dengan irisan lemon atau teh buah hangat; bisa meningkatkan risiko erosi gigi 11 kali lipat.

Minuman dengan tambahan buah atau rasa buah bukan satu-satunya hal yang ditemukan sebagai penyebab utama erosi gigi.

Produk makanan lainnya termasuk permen rasa buah dan produk olahan mengandung cuka, seperti keripik dengan garam dan cuka, juga berisiko memicu masalah gigi tersebut.

Mencicipi anggur juga berpotensi merusak keadaan gigi, mengingat menahan anggur di mulut untuk jangka waktu yang lama tidak dianjurkan.

Tak hanya minuman, intensitas mengunyah juga memengaruhi kerusakan gigi. Menurut penelitian tersebut, prevalensi mengemil yang tinggi adalah salah satu pemicu.

Para peneliti telah berteori bahwa prevalensi ngemil yang lebih tinggi antara anak-anak dan orang dewasa juga bisa disalahkan.

“Sudah diketahui bahwa diet asam berkaitan dengan keausan gigi erosif, namun penelitian kami menunjukkan dampak dari makanan asam dan minuman yang dikonsumsi,” kata Dr Saoirse O’Toole, dosen klinis di prostodontik di King’s College London.

“Dengan prevalensi penggunaan gigi erosif meningkat, sangat penting untuk mengatasi aspek kecacatan gigi yang dapat dicegah ini. Mengurangi asupan asam bisa menjadi kunci untuk menunda perkembangan erosi gigi.”

Keausan gigi erosif mempengaruhi 30 persen orang dewasa di Eropa dan bisa membuat gigi menjadi jauh lebih sensitif.

Penyebab Erosi Email Gigi

  1. Kurangnya perawatan kesehatan pada gigi menjadi salah satu penyebab kerusakan email gigi
  2. Sering menkonsumsi Obat-obatan dan histamin dapat mempengaruhi kerusakan email gigi
  3. Kesehatan mulut dan tenggorokan dapat mempengaruhi kesehatan email gigi
  4. Makanan dengan kandungan zat tepung dan gula tinggi juga bisa mengakibatkan erosi email
  5. Meminum minuman yang asam akan mengakibatkan erosi pada email gigi seperti minuman bersoda.

Untuk itu perlulah kita selalu menjaga kesehatan gigi dengan baik dengan memperhatikan kesehatan email gigi. Disamping itu kalian juga dapat mengetahui bahwa email gigi rusak dengan adanya tanda gigi menguning, gigi patah / retak, sensitif yang berlebih, dan juga lubang atau lekukan pada permukaan gigi.

http://www.ahzafanishop.com/2017/07/penyebab-erosi-email-gigi-dan-cara-mengatasinya.html