Apa saja yang dapat menganggu kesehatan gigi?

Gigi adalah bagian keras yang terdapat di dalam mulut dari banyak vertebrata. Mereka memiliki struktur yang bervariasi yang memungkinkan mereka untuk melakukan banyak tugas. Fungsi utama dari gigi adalah untuk merobek dan mengunyah makanan dan pada beberapa hewan, terutama karnivora, sebagai senjata. Tentunya kesehatan gigi harus terjaga dengan baik agar dapat berfungsi dengan baik.
asw

  1. Menggosok gigi terlalu keras
    Menggunakan sikat gigi dengan bulu yang keras, ditambah lagi dengan tekanan yang terlalu kuat saat menggosok gigi, bisa menghilangkan enamel pelindung gigi secara permanen.
  2. Pasta gigi yang salah
    Jangan langsung percaya dengan pasta gigi yang diklaim mengandung berbagai bahan yang bermanfaat.
  3. Tidak menggunakan dental floss
    Bakteri pada gigi dapat berkembang menjadi plak, penyebab utama lubang dan penyakit gusi, dalam 24 jam. Gunakan benang gigi sekali sehari untuk mengusir plak.
  4. Sering minum minuman bersoda
    Minuman berkarbonasi, alias minuman bersoda yang mengandung asam fosforik, yang lama-kelamaan dapat mengikis gigi.
  5. Makanan yang meninggalkan noda
    Enamel gigi itu seperti spons. Makanan atau minuman yang meninggalkan noda di piring atau cangkir, seperti kopi, teh, minuman berkola, saus marinara, atau kecap, juga akan membuat gigi berangsur menjadi kuning.
  6. Doyan ngemil yang tidak sehat
    Setiap kali kita makan sesuatu, apalagi yang manis atau mengandung tepung, bakteri yang biasa hidup di dalam mulut akan menciptakan asam untuk memecah makanan tersebut. Namun asam ini juga bisa menyerang gigi, menyebabkan gigi rusak.
  7. Menggunakan gigi sebagai alat bantu
    Membuka kantong keripik yang terbuat dari aluminium foil dan melonggarkan simpul menggunakan gigi ternyata dapat menyebabkan gigi retak dan pecah, serta merusak perawatan gigi yang sedang dilakukan.
  8. Mengabaikan masalah gigi
    Gusi berdarah, dan nafas berbau yang sudah kronis, adalah indikasi adanya penyakit gusi.
  9. Menghindari dokter gigi
    Sangat disarankan untuk memeriksa kesehatan gigi dua kali dalam setahun, namun saran ini tampaknya cenderung diabaikan.
  10. Mengabaikan masalah pada bibir
    Tak peduli betapa baiknya kondisi gigi Anda, senyum Anda tak akan terlihat cerah bila bibir dibiarkan kering dan pecah-pecah.

Sumber: http://doktersehat.com/10-kebiasaan-buruk-yang-bisa-merusak-gigi-kita/