Apa saja yang dapat dilakukan untuk merias ikan cupang agar terlihat menarik ?

Ikan cupang

Ikan cupang (Betta sp.) adalah salah satu ikan hias yang mudah dibudidayakan serta memiliki keindahan tentang warna, corak, serta bentuk tubuh dan siripnya. Warnanya yang beraneka ragam serta perpaduan warna dan corak unik akan menyebabkan harga ikan cupang menjadi mahal.

Apa saja yang dapat dilakukan untuk merias ikan cupang agar terlihat menarik ?

  1. Mencabut tulang sirip
    Ikan yang bagus adalah ikan yang mempunyai sirip dengan komposisi harmonis dan rapih. Maksudnya susunan seritnya teratur dan konsisten. Misal ikan dengan jenis serit empat, pada ekornya harus terdapat serit dengan cabang yang sama. Sering yang terjadi cupang memiliki tulang sirip yang tidak harmonis. Operasi dapa dilakukan dengan mencabut tulang sirip yang tidak teratur tersebut.

  2. Menggunting serit lebih/patah
    Terkadang ada bagian serit yang lebih panjang dari serit yang lain. Hal ini tentunya akan mempengaruhi penilaian dewan juri di gelanggang kontes. Mensiasatinya cukup dengan melakukan pengguntingan. Namun perlu diingat pengguntingan harus dilakukan secara miring sehingga hasil potongan membentuk sudut lancip. Sebab jika tidak dipotong melancip serit akan tumbuh kembali cenderung bengkok. Serit patah juga acap kali menjadi momok menakutkan. Ikan yang sudah disiapkan kontes mendadak mengalami petah serit akibat penangkapan yang kasar sering terjadi. Caranya juga cukup dibereskan dengan gunting.