Apa saja yang dapat dilakukan dalam merespon risiko yang bersifat positif?

image
Risiko bisa saja bersifat positif bisa saja bersifat negatif. Apa saja yang dapat dilakukan dalam merespon risiko yang bersifat positif?

  1. Accept
    Jika probabilitas dan dampak risiko yang akan terjadi berskala rendah terhadap keberlangsungan proyek, maka kita tidak boleh secara aktif mengejar karena akan membuang-buang sumber daya, tetapi kita harus tetap waspada terhadap risiko tersebut dan kita bisa manfaatkannya jika risiko tersebut terjadi.

  2. Exploit
    Jika probabilitasdan dampak risiko akan terjadi pada proyek berskala tinggi, kita harus mengidentifikasi dan memaksimalkan kemungkinan terjadinya peristiwa-peristiwa yang akan memicu peluang untuk mengeksploitasinya. Misalnya, jika akan ada penghematan biaya yang signifikan untuk proyek yang akan dilakukan lebih awal, maka mungkin ada baiknya menghabiskan sumber daya ekstra untuk melakukannya, dengan ketentuan bahwa sumber daya ekstra lebih dari yang dibuat oleh penghematan biaya.

  3. Share
    Jika peluang rendah tetapi akan dampaknya tinggi pada proyek kita bisa berbagi peluang dengan pihak ketiga yang dapat menangkap peluang terbaik untuk mendapatkan manfaat proyek. Contohnya membentuk kemitraan berbagi risiko, tim, perusahaan tujuan khusus atau usaha patungan.

  4. Enhance
    Jika ada peluang yang memiliki probabilitas rendah, maka dapat kita manfaatkan untuk menambah sumber daya dengan tujuan meningkatkan kemungkinan terjadinya.