Apa saja yang bisa dilakukan manusia dengan Virtual Reality di masa depan?

Virtual Reality, sebuah teknologi yang mungkin tidak asing ditelinga para pecinta game. Sensasi yang seolah-olah membuat pengguna benar-benar mengalaminya apa yang ditampilkan, membuat banyak orang untuk mencintai teknologi ini. Namun penggunaannya saat ini masih berfokus pada dunia game dan video saja. Padahal jika dimanfaatkan didunia lain, mungkin juga dapat memberikan keuntungan yang luar biasa. Lalu, hal apa saja yang dapat dilakukan menggunakan teknologi Virtual Reality?

VIRTUAL REALITY


Sumber Gambar : www.vrlife.news

Semakin jauh zaman berjalan, teknologi kehidupan semakin hari semakin berkembang. Hal ini dibuktikan dengan ada teknologi Virtual Reality. Virtual Reality terdiri dari kata Virtual yang berarti maya dan Reality yang berarti nyata. Dengan Virtual Reality, kita mampu merasakan dunia 3D berasa lebih nyata dan memberikan sensasi yang maya menjadi lebih nyata. Untuk merasakan sensasi Virtual Reality, tentunya dibutuhkan sebuah alat yang mendukung teknologi Virtual Reality ini, alat ini sering disebut Kacamata Virtual Reality. Oculus, Google CardBoard merupakan sebuah alat yang sangat populer ditelinga masyarakat yang digunakan untuk mendukung adanya perkembangan teknologi Virtual Reality ini.

Pada saat ini, teknologi Virtual Reality sebagaian besar hanya digunakan sebagai sarana untuk pengembangan dalam dunia game. Meskipun hanya dalam dunia game, penggunaan Virtual Reality atau yang lebih dikenal dengan VR ini sangat menarik minat masyarakat di berbagai belahan dunia. Hal ini dibuktikan dengan perubahan gaya hidup masyarakat ketika teknologi Virtual Reality muncul. Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin modern, Virtual Reality diprediksi akan terus berkembang dan tidak hanya berfokus pada dunia games saja. Dunia pendidikan, militer, olahraga, kesehatan, kesenian. juga akan menggunakan teknologi Virtual Reality ini sebagai pendukung aktivitas dalam dunia mereka. Berikut adalah aktivitas maupun kegiatan yang dapat dilakukan dengan teknologi Virtual Reality :

1. Dunia Pendidikan
Didalam dunia pendidikan, teknologi Virtual Reality digunakan untuk menunjang proses belajar mengajar. Hal ini terbukti dengan survey yang dilakukan oleh Kantar EMNID (Perusahaan Riset Jerman) kepada 606 tenaga pendidik di Jerman yang mana sebanyak 92 persen dari mereka mendukung untuk penggunaan teknologi Virtual Reality dikelas. Mereka beranggapan bahwa selain untuk meningkatkan pengalaman belajar, Virtual Reality dapat meningkatkan motivasi belajar siswa (74 persen) dan meningkatkan keberhasilan belajar siswa (62 persen).

2. Dunia Militer
Selama ini, pelatihan militer terutama simulasi perang membutuhkan tempat yang sangat luas dan jauh dari tempat pemukiman penduduk. Hal ini dikarenakan, berbahayanya alat yang digunakan para tentara untuk berlatih. Namun semenjak adanya teknologi Virtual Reality, pelatihan militer dapat dilakukan didalam sebuah ruangan kecil. Disini para tentara akan merasakan situasi di medan pertempuran yang terlihat secara nyata. Cara ini dipilih karena cukup efektif dalam mengadakan latihan perang dan lebih hemat biaya dibandingkan dengan latihan perang yang sebenarnya. Selain itu, Virtual Reality juga digunakan untuk simulasi penerbangan para calon pilot terutama pilot pesawat tempur yang membutuhkan kecepatan tinggi diudara.

3. Dunia Kesehatan
Dalam dunia kesehatan, Virtual Reality dapat digunakan untuk mendeskripsikan bagian-bagian anatomi tubuh, sehingga organ-organ tersebut dapat tampak lebih nyata dan tidak perlu lagi melakukan pembedahan untuk mengetahui anatomi tubuh manusia. Virtual Reality juga digunakan para calon dokter untuk melakukan simulasi operasi. Diharapkan dari latihan ini, para calon dokter mampu meningkatkan keterampilannya dan akurasinya. Selain itu, teknologi Virtual Reality juga digunakan untuk terapi pasien yang menderita stroke. Karena membayangkan untuk menggerakkan badan adalah motivasi terbesar bagi pasien stroke.

4. Dunia Olahraga
Virtual Reality dalam dunia olahraga dapat digunakan untuk sarana latihan sebelum melakukan pertandingan sebenarnya. Beberapa tim olahraga seperti Dallas Rugby menggunakan Virtual Reality sebagai sarana latihan mereka untuk mengetahui dan mempelajari lawannya.

5. Dunia Kesenian
Dengan didukung teknologi Tilt Brush, para seniman bisa menggambar karya mereka via Virtual Reality dan tanpa menggunakan media apapun. Hal ini memberi kebebasan seniman untuk menuangkan ekspresinya di dalam suatu gambar sebesar apapun.

Itulah beberapa aktivitas maupun kegiatan yang dapat dilakukan dengan menggunakkan Virtual Reality dimasa mendatang.

Referensi :


sumber : fortunedotcom.files.wordpress.com

Virtual Reality merupakan teknologi yang membuat seorang pengguna seolah mengalami apa yang ditampilkan pada video atau konten yang disimulasikan oleh komputer. Dalam perkembangannya, teknologi ini mulai mendunia pada tahun 2016 dengan pemanfaatan yang lebih banyak dalam bidang game.

Virtual Reality melibatkan panca indera manusia. Membuat manusia seolah-olah berada pada situasi simulasi tersebut. Untuk itu diperlukan beberapa alat yang difungsikan untuk merangsang sensor-sensor indera manusia seperti helm, kacamata, sarung tangan, headset, walker, dan suit. Namun untuk saat ini, alat yang sering dijumpai di pasaran baru berupa kacamata yang dikembangkan oleh beberapa perusahaan salah satunya adalah Google. Harganya pun bervariasi mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah tergantung dari fasilitas yang dimilikinya. Biasanya kacamata virtual reality digunakan bersama dengan smartphone yang berfungsi untuk menampilkan video atau konten simulasi.

Para ahli mengatakan bahwa ke depannya virtual reality akan sangat bermanfaat untuk beberapa bidang selain game. Seperti di antaranya adalah bidang penerbangan yang memberikan simulasi penerbangan, militer berupa simulasi perang, calon dokter berupa simulasi operasi dsb.

Dan berikut pandangan para ahli terhadap teknologi virtual reality :

  1. Pilihan berbagi pengalaman
    Dengan adanya teknologi virtual reality, pengguna jejaring sosial dapat mengakses pengalaman berupa foto maupun video pengguna lain dan seolah-olah juga merasakan atau mengalami pengalaman tersebut.

  2. Menyuguhkan cara lain untuk pendidikan
    Virtual reality dapat menghadirkan cara baru dalam mengeksplor data maupun mendapat pengetahuan atau informasi-informasi baru tanpa menghapus metode klasik pembelajaran, melainkan hanya sebagai pelengkap dalam dunia pendidikan.

  3. The next computing platform
    Mark Zuckerberg dan Goldman Sachs mengatakan bahwa virtual reality merupakan the next computing platform. Karena keunggulannya dan peluang pengembangan agar dapat melakukan apapun melalui virtual reality. Menurut Sachs, suatu saat nanti hanya dnegan virtual reality seseorang tidak perlu mendatangi satau per satu rumah dengan seorang agen.

  4. Sebagai sarana iklan dan kampanye
    Tidak menutup kemungkinan jika dunia advertising kemudian akan menggunakan teknologi tersebut untuk meningkatkan promosi yang efektif. Begitu pula dengan seorang politisi yang berkampanye.

Referensi :
https://www.codepolitan.com/virtual-reality-dan-perkembangannya
https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20160902135547-185-155672/menakar-virtual-reality-di-masa-depan/
http://arkenea.com/blog/virtual-reality-expert-roundup/
https://www.roadtovr.com/goldman-sachs-vr-and-ar-will-be-the-next-generation-computing-platform/

Hal yang dapat dilakukan menggunakan teknologi Virtual Reality

Bagi sebagian besar orang awam tentu bertanya-tanya, apa itu virtual reality? Virtual reality bukanlah sebuah helm atau masker yang digunakan Darth Vader di film Star Wars, ini merupakan sebuah teknologi yang memungkinkan Anda untuk berinteraksi dengan objek imajinasi dengan menggunakan komputer dan membawa Anda ke dalam suasana 3-Dimensi yang seolah nyata. Anda mungkin pernah mencoba untuk menonton film 3-Dimensi dengan bantuan kacamata khusus, bukan? Apa yang Anda lihat saat menonton film 3D dengan kacamata khusus tersebut? Ya, gambar yang ditampilkan di layar akan terasa dekat di depan mata Anda. Pengalaman tersebut tentu berbeda saat Anda hanya menonton film biasa di televisi atau komputer. Namun, teknologi virtual reality menawarkan sebuah pengalaman yang lebih dari kacamata 3D biasa. Virtual reality membangkitkan suasana 3D dengan sejumlah alat tertentu, serta memungkinkan penggunanya untuk merasakan seperti berada di dunia nyata padahal ia sedang berada di dunia maya.

Penerapan Virtual Reality

  • Pendidikan dan pelatihan.
    Penggunaan virtual reality (VR) dalam bidang pelatihan adalah untuk memungkinkan para profesional untuk melakukan pelatihan dalam lingkungan buatan yang nyata di mana mereka dapat memperbaiki kemampuan mereka tanpa konsekuensi yang fatal.
    Dalam bidang militer, VR memegang peranan penting dalam pelatihan tempur. Hal ini memungkinkan para tentara berlatih di bawah lingkungan yang terkendali untuk menghadapai berbagai jenis situasi medan dan pertempuran. Sebagai contohnya VR digunakan dalam simulasi menerbangkan pesawat jet tempur, mengendarai tank, dan lain-lain.

  • Video games dan film.
    Virtual reality akan selalu terikat dengan dunia hiburan. Dimulai pada awal 1990-an, Nintendo dengan Virtual Boy, Virtual I-O dengan perangkat iGlasses, dll. Contoh yang lebih modern adalah Nintendo Wii Remote, Xbox Kinect dan PlayStation Eye/Move, yang akan melacak pergerakan pemain.

    Virtual reality melesat pesat dalam beberapa tahun terakhir. Sekarang, beberapa perusahaan besar berfokus pada virtual reality. Dalam bidang ini, contoh penerapan VR adalah merasa bahwa pemain berada di dunia game, menonton konser atau suatu event seakan-akan kita benar-benar berada disana.

  • Arsitektur.
    Dalam bidang arsitektur, arsitek dapat menggunakan virtual reality untuk membantu mensimulasikan struktur dan desain yang berbeda untuk membantu mereka dalam proses desain ruangan, rumah ataupun gedung. Kemudian para arsitek atau konsumer dapat berkeliling pada desain yang telah dibuat.

Jadi, Virtual Reality (VR) merupakan teknologi yang dapat digunakan pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer.
Di masa mendatang diperkirakan bahwa teknologi ini bakal booming, dan akan banyak digunakan oleh pencari properti untuk menemukan properti impian mereka.

Managing Director Portal Properti Global Lamudi Indonesia, Mart Polman mengatakan, tidak akan lama lagi perusahaan real estate akan banyak menggunakan teknologi inovatif ini.
“Apa yang kita lihat sekarang adalah menggunakan alat ini investor akan mendapatkan kesempatan untuk bisa mengetahui tentang properti yang ingin mereka beli dan kemudian berfikir untuk berinvestasi,” ujarnya melalui keterangan resmi kepada Okezone, Selasa (19/7/2016).
Menurutnya, ke depannya orang-orang akan bertransisi, dengan melihat properti secara online dari portal properti seperti Lamudi dan melakukan transaksi jual beli dari rumah.
Sementara untuk kendalanya, Polman menyatakan, untuk menggunakan teknologi canggih seperti VR ini membutuhkan biaya yang agak mahal. “Bagi sebagian besar perusahaan properti langkah logis yang bisa dilakukan saat ini adalah mengambil foto dengan menggunakan kamera panorama 3D,” ungkapnya.Jadi pada intinya Virtual Reality adalah hal yang akan sangat booming di Masa Depan.

Virtual Reality adalah teknologi yang baru-baru ini muncul ke permukaan publik, dimana teknolgi ini dapat digunakan pengguna untuk merasakan masuk kedalam dunia maya dan dapat berinteraksi didalamnya yang disimulasikan oleh komputer. Saat ini pun perkembangan VR sangatlah cepat, terutama dialam dunia game dimana user dapat merasakan sensasi berpetualang di dunia yang sering mereka mainkan. Panca indera yang digunakan sebagai pendukung utama dari VR ini adalah mata, karena dengan mata kita dapat melihat terlebih merasakan sensasi di dalam dunia virtual dan dengan mata kita dapat memikirkan respon apa yang akan kita berikan sesuai lingkungan dari dunia virtual itu tadi.
Dengan pesatnya perkembangan VR, tentu para developer tidak hanya bergantung pada industri game, mereka pastinya menyasar banyak bidang agar VR ini dapat lebih mendunia. Lalu apa saja bidang yang sangat mendukung adanya VR ini?

1. Industri Game

Sudah jelas kiranya bahwa VR ini sangat cocok di dalam industri game. Animasi fiksi yang sering kita temui di game dapat berinteraksi langsung dengan kita ketika menggunakan teknologi VR. Banyak gamer yang mendambakan teknologi ini agar mereka mereka merasakan bermain seperti di dunia nyata.

2. Industri Militer

Hampir sama dengan industri game, para tentara dapat dilatih dengan menggunakan VR apabila misi yang akan dijalankan beresiko tinggi. Selain itu, dapat digunakan oleh pilot untuk simulasi penerbangan. Dan masih banyak pemanfaatan VR dalam industri militer ini. Sebenarnya, di luar negeri terutama negara maju sudah menggunakan teknologi ini untuk melatih tentaranya.

3. Industri Properti

Para investor pastilah ingin properti yang dia jual laku keras. Dengan teknologi VR ini, calon pembeli dapat menggunakan VR untuk melakukan survei properti apabila jarak antara calon pembeli dan properti cukup jauh. VR dapat mensimulasikan calon pembeli masuk ke kamar apartemen, kolam renang, melihat tingginya gedung, berkeliling rumah, dan lain sebagainya.

4. Bidang Pendidikan

Ini merupakan keuntungan yang sangat dicari dari adanya VR. Dalam proses pencerdasan siswa, mereka dapat menggunakan VR untuk mempraktekan teori yang mereka dapat selama di kelas. Seperti gunung berapi pada pelajaran geografi, jelajah hutan pada pelajaran biologi, pembuktian teori fisika, dan banyak lainnya.

Itulah beberapa kemungkinan pengembangan teknologi dari VR untuk kemajuan dari beberapa bidang yang disebut, dan masih banyak kiranya bidang-bidang lain yang dapat memanfaatkan teknologi VR ini.

Referensi :

http://quarkvr.io/5-future-applications-of-virtual-reality/