Apa saja yang Anda ketahui tentang Stephen Collins Foster?

Stephen collin foster atau stephen foster dikenal sebagai bapak musik Amerika. Ia dikenal sebagai seorang komponis lagu di Amerika serikat pada abad ke 19. Bahkan lagu-lagu karangannya cukup terkenal hingga 150 tahun setelah dikarang. Selain itu apa saja yang Anda ketahui tentang Stephen Collins Foster?

Stephen Collins Foster lahir pada 4 July tahun 1826, di Lawrenceville, yang sekarang merupakan bagian dari kota Pittsburgh, di Pennsylvania. Dia adalah anak bungsu ke dari sembilan bersaudara (10 bersaudara kalau ditambah satu anak angkat) dari William Foster dan Eliza Foster. Sebenarnya, Stephen tidak memiliki banyak pelatihan musik. Tapi dia memiliki kemampuan alami yang hebat dalam musik. Dia belajar sendiri untuk bisa memainkan beberapa alat musik. Dia bisa memainkan musik apapun hanya dengan mendengarkan itu.

Stephen Foster mulai menulis lagu ketika ia berusia empat belas tahun. Pada 1847, ia menulis lagu pertama yang berhasil, “Oh! Susanna.”

Ken Emerson menulis sebuah buku tentang Stephen Foster. Judul buku tersebut adalah “Doo-dah! Stephen Foster and the Rise of American Popular Culture”. Mr Emerson berkata, “‘Oh! Susanna’ adalah lagu populer internasional pertama yang ditulis oleh seorang Amerika yang hingga sekarang semua orang masih dapat mengenali dan menyanyikannya.”

Stephen Foster menikah dengan Jane McDowell pada 22 July 1850. Sejak saat itu, ia mulai menulis beberapa lagu baru. Salah satunya yang paling dikenal adalah “Jeanie With the Light Brown Hair” Dia menulis lagu itu untuk Jeanie ketika mereka bercerai. Stephen Foster menulis hampir tiga puluh lagu ‘Minstrel Song’.

Apa itu Minstrel song? lagu di barengi oleh tarian komedi. Jadi lagu dan tariannya dibuat untuk menghibur. Minstrel Song itu menggambarkan perbudakan orang-orang kulit hitam Amerika di negara-negara selatan. Walaupun sebenarnya Stephen tidak tahu apa-apa soal permasalahan ini. Sebab dia tinggal di Pittsburgh selama sebagian besar hidupnya, dan hanya mengunjungi daerah Selatan sekali. Tapi kebanyakan Minstrel Song karya Stephen seolah-olah dia mengerti bagaimana orang kulit hitam di begara-negara Selatan tinggal sebelum Perang Saudara terjadi. Minstrel Song jadi populer di Amerika Serikat pada tahun 1840-an. Yang menghibur dari lagu Minstrel ialah orang yang didandani seperti badut, saat itu ada seorang penghibur yang dekat dengan Stephen dan sering membawakan Minstrel songbernama Rice, seorang berkulit hitam yang profesinya hanyalah seorang badut di sirkus keliling. Salah satu Minstrel Song karya Stephen yang terkenal adalah “Camptown Races”. Sampai sekarang, lagu ini adalah sebuah lagu populer dikalangan anak muda.

Pada 1850, Stephen menulis lagu yang berjudul “Old Folks at Home” yang lebih terkenal dengan nama “Swanee River”. Lagu ini menjadi salah satu lagu paling sukses yang pernah ditulis oleh Stephen Foster. Lagu ini juga pernah menjadi lagu resmi Florida pada 1935. Stephen Foster juga pernah menulis beberapa lagu tentang rumah dan masa lalunya. Di bukunya si Ken Emerson, Ken Emerson bilang "Sebagian besar lagu Stephen menceritakan tentang rumah dimasa lalunya karena dia hampir tidak pernah tinggal dirumah aslinya untuk waktu yang lama. Setelah Ayahnya bankrut, Stephen si bungsu dari ke sembilan Foster ini numpang tinggal di rumah saudara-saudaranya yang udah punya rumah sendiri secara bergantian. Walaupun hampir sepanjang hidupnya dia tinggal di Amerika Utara, beberapa lagunya seolah menceritakan bahwa ia ingin sekali kembali kerumahnya yang di Amerika Selatan. “My Old Kentucky Home” adalah salah satu contoh lagunya.

Mr. Emerson juga bilang, Stephen nulis beberapa lagu untuk menghormati orang-orang yang demen banget memperbudakin orang kulit hitam. akhirnya beberapa lagunya mengungkapkan simpati besar untuk perbudakan di Afrika-Amerika dan akhirnya lagu-lagunya menjadi lagu resmi negara di Kentucky.

Stephen Foster adalah America’s First Popular Songwriter. Dia adalah seorang penulis lagu yang baik. Tapi dia sudah menjadi seorang pengusaha miskin. Dia menjual banyak lagu-lagunya yang paling terkenal dan hanya mendapatkan sedikit uang. Akhirnya ia tidak mampu membiayai hidup istri dan putrinya. Pada tahun 1860, Stephen pindah ke New York. Disana lagu-lagunya tidak sepopuler dulu. Dia juga telah bercerai Dan sekarang juga dia tidal punya uang lagi, dia jadi miskin. Karena stress, dia akhirnya jadi sering minum alkohol.

Pada tahun 1864, ia meninggal dunia. Kematiannya terjadi karena kecelakaan. Saat itu Stephen tidur di hotel 30 Bowery karena demam berhari-hari. Ketika dia mencoba manggil pelayan, Stephen yang dalam keadaan lemah terjatuh dan mengalami cidera di kepala akibat terbentur watafel disebelah tempat tidurnya. Setelah tiga jam kemudian Stephen dilarikan ke Bellevue Hospital. Setelah 3 hari dirawat, ia menghembuskan nafas terakhirnya pada 13 Januari 1864. Saat itu Stephen masih berumur 37 tahun.

Didompet yang ia kantungi hanya terdapat 37 cent dan 3 penny. Selain itu ada sobekan kertas yang tulisannya “Dear friends and gentle hearts…”

Stephen Foster sangat terhormat dalam beberapa cara setelah kematiannya. Dia adalah musisi pertama yang dinominasikan untuk Hall of Fame di Amerika. Setiap tahun, pada hari ulang tahun kematiannya, orang-orang di Pittsburgh berkumpul untuk mengingat Stephen Foster. Mereka pergi ke gereja yang dulu sering Stephen kunjungi. Mereka menghadiri acara tersebut untuk menghormati dia. Setelah itu mereka mengunjungi tempat pemakaman-Nya.

Diakhir kehidupan Stephen Foster memang tragis. Tetapi lagu-lagunya telah membawa ke bahagiaan kepada banyak orang. Lagu terakhirnya adalah salah satu lagu yang paling indah. Lagu tersebut juga merupakan maksud dari “Dear friends and gentle hearts…” yang Stephen maksud pada sobekkan kertas kecil yang ada didompet peninggalannya. Lagu terakhir sekaligus hadiah terakhir untuk teman-teman dan keluarganya berjudul “Beautiful Dreamer”, yang pernah diaransemen ulang oleh John Lennon.