Apa saja wisata yang ada di objek wisata alam Rahtawu?

Objek wisata alam di kawasan Pegunungan Rahtawu, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, mulai bermunculan dan masing-masing menawarkan pemandangan alam yang berbeda-beda. Apa saja objek wisata tersebut?

Mayoritas objek wisata alam yang ditawarkan Rahtawu sama-sama memanfaatkan aliran sungai setempat yang diubah menjadi tempat yang menarik untuk dijadikan tempat mandi atau sekadar mencari pemandangan alam.

Banyaknya objek wisata yang dikelola warga karena animo masyarakat ingin mandi di air sungai atau sekadar ingin menikmati keindahan alam yang masih asri cukup tinggi. Kolam renang yang disediakan oleh warga yang mengelola objek wisata juga berasal dari sumber mata air alami sehingga tidak ada perlakuan khusus dalam penjernihan airnya karena sirkulasi airnya memanfaatkan sumber alam.

Dalam rangka menata semua objek wisata yang dikelola masyarakat, Pemerintah Desa Rahtawu telah membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Dengan adanya pemasukan kas desa, diharapkan bisa dimanfaatkan untuk penataan lingkungan agar tetap terjaga kelestariannya.

Jumlah wisatawan semakin bertambah, mengingat banyak warga yang berlomba-lomba membuat objek wisata pemandian alami. Meskipun demikian, persaingan tak terlihat karena masing-masing menawarkan pemandangan yang berbeda-beda. Wisatawan yang berkunjung, hanya dikenakan tarif parkir, sedangkan gazebo juga gratis karena disediakan untuk pengunjung yang memesan makanan di tempatnya. Ramai wisatawan hanya saat akhir pekan, sedangkan hari biasa sepi pengunjung.

Selain pemandian alami, objek wisata lain yang menarik dikunjungi, yakni Watu Nganten, Rewiji, Kedung Gong, Puncak Abiyoso, serta sejumlah petilasan tokoh-tokoh dunia pewayangan, seperti petilasan Begawan Sakri, Pandu Dewonoto, Dewi Kunti, Jonggring Saloko, Eyang Semar, dan Eyang Abiyoso.

Sumber: