Apa saja wisata yang ada di Aceh?

Nanggroe Aceh Darussalam atau lebih dikenal dengan Aceh adalah sebuah provinsi di ujung Pulau Sumatera. Provinsi ini memiliki keindahan alam yang luar biasa, mulai dari pantai sampai pegunungannya. Setelah mengalami kerusakan akibat tsunami pada tahun 2004 di sebagian wilayahnya termasuk tempat wisatanya, Aceh kembali bangkit dan menata sektor pariwisatanya dengan baik.

Berikut merupakan 5 tempat wisata yang wajib kamu kunjungi ketika kamu pergi ke Aceh

  1. Masjid Raya Baiturrahman


    Masjid yang dibangun pada tahun 1612 oleh Sultan Iskandar Muda ini telah menjadi ikon Aceh. Bangunan utama dari masjid ini berwarna putih dengan kubah hitam yang besar dan dikelilingi oleh tujuh menara. Kesan megah sangat terasa dengan adanya kolam besar dan pancuran air di bagian depan masjid yang mengingatkan kita pada Taj Mahal yang berada di India. Masjid ini menjadi tempat wisata religi di Aceh yang banyak dikunjungi.

  2. Air Terjun Blang Kolam


    Tempat wisata alam yang satu ini sayang untuk dilewatkan. Air Terjun Blang Kolam terletak di Desa Sidomulyo, Aceh Utara. Di sini, kita bisa melihat air terjun kembar dengan tinggi 75 meter yang dikelilingi oleh pepohonan rindang. Di Air Terjun Blang Kolam ini, kita juga bisa berkemah dan menikmati alam bebas dengan tarif 5.000 Rupiah per orang.

  3. Pantai Lampuuk


    Warga Aceh tak perlu merasa iri dengan Bali yang memiliki banyak pantai indah karena di Aceh juga terdapat banyak pantai dengan pemandangan menakjubkan. Salah satu tempat wisata pantai yang bisa diandalkan adalah Pantai Lampuuk. Pantai ini disebut juga sebagai Pantai Kuta di Aceh. Banyak kegiatan yang bisa kita lakukan di pantai ini mulai dari berselancar, berjemur, berenang dan juga bermain banana boat. Selain itu kita juga bisa melihat upaya pelestarian penyu.

  4. Pulau Rubiah
    pulau
    Pulau Rubiah letaknya ada di Sabang, tepatnya di sebelah barat laut Pulau Weh. Nama Rubiah sendiri diambil dari nama yang tertulis di sebuah nisan yang ada di pulau. Tempat wisata di Aceh ini terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya. Ada kurang lebih 14 dari 15 biota laut yang dilindungi di Indonesia ada di sini. Siapkan alat menyelam dan snorkeling kitadan silakan berenang bersama aneka ikan tropis dan bermain terumbu karang warna-warni.

  5. Museum Tsunami
    museum
    Pada tahun 2004 silam tsunami menerjang Aceh dan menyisakan duka bagi warga Aceh yang selamat. Untuk mengenang sekaligus menghormati korban meninggal, dibangunlah sebuah Museum Tsunami di Jalan Sultan Iskandar Muda di tahun 2009. Di dalam museum, terdapat lorong panjang dengan suara gemuruh ombak dan kucuran air yang akan mengingatkan kita pada bencana besar tersebut. Tempat wisata di Aceh ini banyak dikunjungi wisatawan yang ingin melihat apa saja yang tersisa dari gelombang tsunami. Banyak benda-benda sisa bencana yang dipajang seperti sepeda milik korban. Selain benda sisa tsunami, ada foto korban meninggal dan cerita kesaksian korban selamat juga alat simulasi elektronik gempa bumi.

Sumber: