Apa saja website terbaik sebagai penyedia desain grafis online?

Kemudahan pembuatan desain pasti akan diminati banyak orang. Aplikasi desain offline seperti Photoshop, Corel Draw biasanya hanya digunakan bagi orang-orang yang bisa mengoperasikan aplikasi tersebut, para pemula mungkin kesulitan menggunakan aplikasi tersebut. Seiring dengan kemajuan teknologi informasi, banyak website-website yang menyediakan jasa desain online secara gratis dan memberikan kemudahan bagi penggunanya sehingga semua kalangan mampu menggunakan website tersebut. Tersedianya template yang dapat diakses menambah kemudahan untuk melakukan editing. Lalu apa saja website dengan penyedia layanan pengolah desain terbaik?

vectr.com, Website Grafis Editor Untuk Pemula

Pemanfaatan teknologi informasi saat ini sedang berkembang sangat pesat. Bahkan banyak startup-startup bermunculan untuk memudahkan aktivitas manusia. Tidak terkecuali dalam bidang desain. Jika dahulu orang harus menggambar lalu mewarnainya secara manual, sekarang manusia dipermudah dengan adanya teknologi. Hanya melalui sebuah aplikasi, seseorang dapat mendesain dengan mudah bahkan hanya dengan sistem drag and drop.

Pada eranya bahkan hingga saat ini perusahaan Adobe adalah perusahaan yang sering disebut karena produk pengolah grafis yang dia miliki sangat sering digunakan di dunia. Mulai dari untuk mengedit foto hingga video. Adobe sendiri juga merilis untuk platform Android. Namun meski begitu, panel-panel yang ada di Adobe terkadang sangat sulit dipahami oleh pengguna pemula. Apalagi yang belum terbiasa. Untuk mensiasatinya, saat ini ada banyak sekali website-website penyedia layanan untuk mengolah grafis. Dengan sistem drag and drop. Diantaranya adalah Vectr.com

Kelebihan dari Vectr.com adalah tampilannya yang sangat simpel. Dengan panel-panel dan alat-alat yang tidak terlalu banyak namun mencakup segalanya. Sehingga tidak membingungkan bagi user utamanya bagi pemula.

Vectr memiliki fitur untuk mengimport dan mengekspor file dengan format seperti SVG, PNG, JPG dan sebagainya. Selain itu, Vectr dapat digunakan pada Windows, Linux, maupun Mac. Dan secara otomatis disinkronkan jika pengguna menggunakan website lalu beralih pada perangkat. Dengan syarat pengguna harus memiliki akun pada Vectr untuk mengaksesnya.

Kemudahan-kemudahan itu lebih dari cukup didapatkan oleh seorang pengguna dari cross-platform vector design gratis. Sehingga bisa dikatakan bahwa Vectr sangat disarankan bagi pengguna pemula yang ingin belajar tentang vector sebelum mencicipi software lain yang lebih rumit.

Referensi :

Design
Belajar desain grafis kini tidak sesulit yang kita bayangkan. Saat ini banyak metode pembelajaran desain grafis yang bisa dilakukan dengan mudah. Belajar desain grafis bisa dilakukan sendiri secara otodidak, maupun dengan kursus desain grafis baik secara offline maupun online. Ada juga situs website yang bisa membuat suatu design bagi pemula

.

Situs Website Design yaitu :

Wix.com adalah situs website design online dimana anda bisa membuat design yang sederhana bagi pemula, jadi di Wix.com akan membantu anda membuat suatu design dengan fitur-fitur yang sudah lengkap dengan penjelasan dari fungsi fitur tersebut, anda juga bisa menggunakan template yang sudah disediakan di Wix.com. Tidak hanya itu Wix.com juga bisa mengajarkan anda mengedit foto dan di Wix.com adalah tempat anda mendesign atau mengedit sebelum menggunakan aplikasi photoshop/coreldraw. Ketika situs Website sudah terbuka maka silahkan anda memulai dengan menekan tombol Start Now yang ada di Home Website.

wix-com-high-575

Wix.com sangat mudah digunakan karna setiap pilihan fiturnya tidak serumit yang ada di aplikasi photoshop/coredraw dan Wix.com bisa mengekspor file yang anda akan simpan menjadi suatu file bentuk JPEG/PNG dll.

CANVA, DESAIN GRAFIS ONLINE BERBASIS APLIKASI WEB


Sumber Gambar : www.canva.com

Kebutuhan desain semakin lama semakin diminati. Hal ini dikarenakan pada saat ini ketertarikan terhadap sesuatu pasti dilihat dari sudut penampilan terlebih dahulu. Oleh karena itu, desain sangat membantu seseorang untuk mengembangkan bisnisnya seperti desain logo, desain poster, desain kemasan dan desain lainnya. Namun mendesain suatu desain tidaklah mudah. Dibutuhkan suatu keahlian khusus ataupun kreatifitas agar desain tersebut diminati banyak orang. Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Corel Draw menjadi aplikasi desain terpopuler saat ini karena kelengkapan tools yang diberikan. Namun untuk orang awam, aplikasi tersebut cukup sulit untuk digunakan. Diperlukan waktu belajar agar mampu menggunakan aplikasi tersebut. Seiring dengan perkembangan zaman, sekarang banyak tersedia website-website yang menyediakan fasilitas desain grafis secara online yang memberikan kemudahan bagi penggunanya dengan adanya template-template contoh yang dapat diakses dan diedit oleh penggunanya sehingga tidak perlu memakan waktu yang lama untuk melakukan proses editing. Salah satu contohnya adalah Canva.

Canva adalah salah satu penyedia desain grafis online yang sangat populer sampai saat ini. Dilansir di wikipedia bahwa pengguna canva pada tahun pertamanya (2012) telah mencapai 750.000 pengguna dan terus meningkat sampai masa sekarang. Canva memberikan kemudahan bagi penggunanya dengan memberikan ribuan layout, gambar, filter foto, ikon, bentuk grafis, font secara gratis dan menarik. Dengan fitur drag dan drop yang dikenal, kita dapat membuat bermacam desain keren layaknya desainer profesional.

Fitur-fitur Canva :

  1. Membuat feeds media sosial (cover Facebook, foto size Instagram, size Facebook, size Path, Youtube tumbnail, header Twitter, dan lain-lain).
  2. Membuat template dokumen (resume, sertifikat, cover majalah, dan lain-lain).
  3. Membuat konten blog dan e-book (cover e-book, cover Wattpad, Infographic, Ilustrasi Blog, Desktop Wallpaper, dan lain-lain).
  4. Membuat media promosi (logo, brosur, pamflet, banner, poster, resep, dan lain-lain).
  5. Membuat announcement (kartu undangan, kartu ucapan, dan lain-lain).
  6. Membuat background (power point, lockscreen, wallpaper, dan lain-lain).

Kelebihan dan Kekurangan Canva :
Kelebihan

  1. Interface yang sederhana namun lengkap.
  2. Fitur lengkap dan mudah. Canva telah menyediakan berbagai template yang siap digunakan dengan menggunakan fitur drag dan drop.
  3. Berbasis Website sehingga tidak perlu menginstal aplikasi yang biasanya dapat memakan banyak memori serta dapat diakses kapan pun dan dimana pun.
  4. Hasil Desain dapat di download dan disimpan dalam format png, jpg, pdf, dan lain-lain.
  5. Hasil desain juga tersimpan secara otomatis pada web canva dan dapat dibagikan ke sosial media.
    Dan masih banyak kelebihan lainnya yang didapatkan jika menggunakan Canva

Kekurangan

  1. Membutuhkan koneksi internet untuk mengaksesnya karena Canva berbasis aplikasi web
  2. Dibutuhkan koneksi yang cukup kuat karena jika koneksi lemah, akan berpengaruh pada kinerja canva.
  3. Tidak dapat digunakan di Smartphone hanya bisa digunakan di desktop.

Referensi :



Graphic Spring

Saat ini, desain grafis merupakan sebuah sasaran baru bagi anak muda maupun dewasa dalam mengembangkan kreatifitasnya. Desain grafis sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan, banyak website-website penyedia layanan desain secara online. Caranya pun cukup mudah dan tidak sesulit ketika melihat orang mendesain menggunakan Adobe Photoshop atau Corel Draw.

Salah satu website penyedia layanan itu ialah Graphic Spring. Perusahaan yang berdiri sejak tahun 2013 ini menyajika fitur-fitur yang cukup lengkap dan penggunaan yang mudah. Berikut fitur dari Graphic Spring :

1. Free Logo Design
Didalam website Graphic Spring, sudah tersedia puluhan hingga ratusan logo, clip art, shape, dan font. Semua itu bisa diakses dan dikreasikan tanpa harus membayar.

2. Unlimited Downloads
Kita dapat mendownload berapapun desain yang kita inginkan dan sudah kita buat. Baik dengan format JPG, PNG, maupun SVG.

3. Customer Service yang ramah dan responsif
Ketika mengalami permasalahan saat mendesain atau yang lain, kita dapat menghubungi CS yang tertera pada kontak agar permasalahan cepat teratasi. CS nya pun ramah dan cepat tanggap.

4. Demo desain
Apabila desain yang dibuat sudah jadi, pengguna dapat melakukan preview logo pada media media yang sering digunakan seperti Baju, Website, Buku, Pena, Surat, dan lain lain.

Ini adalah salah satu karya yang saya buat menggunakan Graphic Spring