Apa Saja Vitamin untuk Menebalkan Rambut Dengan Cepat?

Sering kali rambut dianggap sebagai salah satu bagian tubuh yang menunjang penampilan. Tak jarang orang yang rela mengeluarkan kocek lebih untuk merawat rambutnya. Lalu adakah cara untuk mengatasi rambut yang rontok dan mulai tipis? Tentu saja ada, kuncinya adalah vitamin. Kalau begitu, apa saja vitamin untuk menebalkan rambut?

Sebenarnya untuk menebalkan rambut, para ahli berpendapat bahwa Anda perlu 13 vitamin. Vitamin-vitamin tersebut dapat ditemukan pada makanan. Vitamin untuk kesehatan rambut adalah vitamin A, D, E, K, C, dan B kompleks (tiamin, riboflavin, niasin, asam pantotenat, biotik, vitamin B-6, vitamin B-12, dan folat). Berikut sebagian saja penjelasan dari vitamin untuk rambut.

1. Vitamin D untuk menumbuhkan rambut
Anda tentu pernah mendengar bahwa fungsi vitamin D adalah untuk menjaga tulang tetap sehat. Ternyata tidak hanya tulang saja, mengonsumsi vitamin D juga dapat menjaga kesehatan rambut dan kulit. Sebuah studi pada tahun 2012 pada jurnal Stem Cells Translational Medicine, yang dikutip oleh situs Healthline, mengungkapkan bahwa vitamin D dapat membantu untuk menciptakan folikel (pori kecil untuk rambut tumbuh) baru. Kebotakan dapat terjadi saat folikel rambut menjadi tidak aktif. Terkadang folikel yang aktif pun, tidak memproduksi rambut.

Untuk mendapatkan vitamin D yang alami, Anda bisa mengonsumsi ikan salmon, jamur, biji-bijian, jus jeruk, atau susu rendah lemak. Ada cara lain? Ya, cobalah untuk berjemur beberapa saat pada pagi hari, hanya sebentar saja. Ketika tubuh terkena sinar matahari, tubuh akan memproduksi vitamin D.

Apakah bisa mendapatkan vitamin D dari suplemen? Bisa, tapi Anda perlu berhati-hati, sebab vitamin D dapat membangun jaringan lemak pada level yang berbahaya saat dikonsumsi terlalu banyak. Penyerapan yang berlebihan dapat menyebabkan kalsium berlebih di dalam darah. Akibatnya, Anda akan merasa lemah dan memiliki masalah pada ginjal. Tips untuk mengonsumsi vitamin D adalah dengan dibarengi makanan berlemak, sehingga vitamin tersebut dapat diserap.

2. Vitamin B untuk menguatkan rambut
Sama dengan vitamin D, berdasarkan peneliti dari University of Maryland Medical Center mengungkapkan bahwa vitamin B baik untuk kesehatan kulit dan rambut. Vitamin B-12, biotin, dan niacin dapat menguatkan serta menjaga kondisi rambut. Tidak hanya untuk rambut saja, vitamin B kompleks diperlukan untuk mengatur metabolisme dan menjaga sistem saraf pusat.

Anda bisa mendapatkan vitamin B kompleks dari biji-bijan, kembang kol, wortel, sayuran dengan daun hijau dan gelap, hati sapi, telur, kedelai, kacang tanah, dan alpukat. Anda bisa memasukkan daging dan susu ke dalam menu makanan Anda untuk mendapatkan vitamin B kompleks. Bagaimana dengan suplemen? Tentu bisa. Jika Anda orang dewasa, maka asupan tersebut bisa sekitar 0,024 mg saja. Sebelum Anda mengonsumsi suplemen, coba tanyakan terlebih dahulu pada dokter Anda.

Biotin juga tidak bisa dikonsumsi secara berlebihan. Beberapa orang mengaku memiliki masalah pada kulit dan mengeluarkan hormon insulin terlalu banyak saat mengonsumsi berlebihan. Takaran yang direkomendasikan sekitar 0,03 mg saja untuk orang dewasa. Sedangkan untuk niacin, sebaiknya 16-17 mg saja untuk orang dewasa. Niacin yang terlalu banyak dapat menjadi racun di dalam tubuh.

3. Zat besi dan zinc
Anda membutuhkan zat besi untuk membawa oksigen ke sel-sel tubuh Anda, termasuk ke folikel rambut. Sedangkan zinc juga membantu mengatasi kerusakan sel, termasuk sel rambut. Kelenjar minyak di sekitar folikel rambut akan distimulasi, sehingga dapat menumbuhkan rambut yang sehat dan indah. Jadi usahakan untuk makan makanan yang mengandung zinc secukupnya. Anda bisa menemukan pada makanan yang mengandung protein tinggi, seperti daging. Jika Anda vegetarian, cobalah mendapatkannya dari bayam.

Sumber:
https://hellosehat.com/hidup-sehat/kecantikan/vitamin-untuk-menebalkan-rambut/