© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Apa saja variasi olahan telur segar ?

Telur merupakan sumber bahan pangan yang disuka banyak orang. Tak hanya lezat, telur juga mudah diolah dan divariasikan. Selain sebagai lauk utama, kehadiran telur juga penting sebagai lauk pelengkap, seperti pada soto atau bubur ayam. Apa saja variasi olahan telur segar ?

Salah satu olahan dari telur segar adalah Telur Asin Asap. Telur asin asap merupakan pengembangan dari teknik pembuatan telur asin. Dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu pengasapan dilakukan setelah telur asin dimatangkan (pengasapan metode dingin) atau proses pengasapan yang dilakukan sekaligus dengan proses pemasakan (pengasapan metode basah). Teknik ini memberikan variasi rasa smokey/asap pada telur asin. Cirinya adalah kulit telur menjadi berwarna semburat cokelat kehitaman.

Olahan telur segar yang lain adalah telur asin. Merupakan olahan telur segar yang diasinkan menggunakan garam sebagai bahan utama. Garam masuk melalui pori-pori kulit telur, menuju bagian putih telur hingga kemudian ke bagian kuning telur. Pembuatan telur asin membutuhkan garam dalam konsentrasi yang cukup tinggi. Semua jenis telur bisa diasinkan, namun yang paling umum dan mudah dijumpai di pasaran adalah telur asin dari telur itik/bebek.

Telur segar juga bisa dikonsumsi secara langsung dengan dicampurkan ke susu sapi segar yang masih panas yang biasa disebut dengan STMJ (Susu Telur Madu Jahe).

image