Apa saja varian dari redoxon ?

Redoxon adalah produk suplemen dengan kandungan kombinasi vitamin dan mineral yang secara normal dapat ditemukan dalam makanan. Suplemen vitamin dan mineral diperlukan mencegah kekurangan kedua zat tersebut, terutama pada kondisi di mana asupan dari makanan dirasa tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Kondisi-kondisi tersebut adalah saat menderita suatu penyakit, kehamilan, gangguan saluran pencernaan, dan sedang menggunakan obat yang dapat mengganggu metabolisme vitamin dan mineral. Perlu diingat bahwa suplemen vitamin dan mineral tidak dapat menggantikan pola makan yang sehat dan beragam dengan gizi yang seimbang. Apa saja variannya?

Redoxon terdiri dari dua varian produk, yaitu Redoxon Double Action dan Redoxon Fortimun, dengan deskripsi sebagai berikut:

1. Redoxon Double Action

Produk ini memiliki kandungan vitamin C 1.000 mg (1.111% AKG) dan zinc 10 mg (83% AKG). Baik vitamin C maupun zinc berguna untuk mempertahankan daya tahan tubuh. Redoxon Double Action dapat digunakan untuk mencegah kekurangan vitamin C atau zinc. Kekurangan vitamin C dapat mengakibatkan penyakit skorbut dengan gejala seperti sariawan, gusi berdarah, dan hambatan pada penyembuhan luka. Sedangkan kekurangan atau defisiensi zinc dapat mengakibatkan penurunan daya tahan tubuh. Namun baik penyakit skorbut atau defisiensi zinc jarang terjadi. Gangguan saluran pencernaan seperti kolitis ulseratif dan Crohn’s disease, sindrom malabsorbsi, penyakit kronis seperti diabetes dan gagal ginjal, serta pola diet tertentu dapat membuat seseorang berisiko kekurangan kedua zat tersebut. Vitamin C dan zinc juga dipercaya dapat mencegah dan membantu mengobati flu, tetapi diperlukan penelitian lebih lanjut.

Redoxon Double Action juga tersedia untuk anak-anak dalam bentuk tablet isap (Redoxon Double Action Kids), dengan kandungan vitamin C 250 mg dan zinc 5 mg.

2. Redoxon Fortimun

Selain mengandung 1000 mg vitamin C dan 10 mg zinc, Redoxon Fortimun juga memiliki sejumlah kandungan, seperti:

  • Vitamin A 2.333 IU (116,6% AKG).
  • Vitamin D 400 IU (100% AKG).
  • Vitamin E 45 mg (300% AKG).
  • Vitamin B6 6,5 mg (500% AKG).
  • Asam Folat 400 mcg (100% AKG).
  • Vitamin B12 9,6 mcg (400% AKG).
  • Zat besi 5 mg (19% AKG).
  • Tembaga 900 mcg.
  • Selenium 110 mcg (366,5 % AKG).

Mineral seperti zinc dan selenium, serta vitamin A, C, dan E yang terkandung dalam Redoxon Fortimun berperan untuk menjaga daya tahan tubuh, namun sampai saat ini belum ada kandungan standar yang disarankan dalam sebuah suplemen multivitamin dan mineral untuk menjaga daya tahan tubuh.

Persen angka kecukupan gizi (AKG) yang tertera merupakan berapa persen kandungan vitamin dan mineral yang terdapat dalam Redoxon bila dibandingkan dengan rekomendasi asupan harian dari vitamin dan mineral tersebut. Sebagai contoh, kandungan vitamin E dalam Redoxon Fortimun adalah 45 mg (300% AKG), artinya dalam 1 hari asupan vitamin E yang dianjurkan adalah 15 mg.

Sumber : redoxon