Apa saja Unsur-unsur yang ada dalam Komunikasi?

Saya chelsea, saya ingin bertanya mengenai komunikasi. Seperti yang kita ketahui bahwa komunikasi merupakan suatu proses di mana seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain. Kira-kira apa saja unsur-unsur yang ada dalam komunikasi?

1 Like

Hai chelsea, menurut buku yang saya baca yang berjudul “Communication In Management” yang ditulis oleh Charles E. Redfield, ada beberapa unsur-unsur komunikasi. Beliau mengatakan bahwa:

“Administrative communication can best regarded as aform of social or human comunication in which there are these five elemen : a communicator , transmits, messages, communicatee, response”

Yang dapat dirangkum menjadi sebagai berikut:

  1. Komunikator (communicator) yaitu memberitahu berita, yang dalam masalah ini yaitu orang orang yang bertingkah cara berbicarannya ,cara pengirimmannya berita, atau orang orang yang memberitakan.

  2. Menyampaikan berita yaitu yang dalam masalah ini memperoleh dengan cara mengatakan, memberi mengiriman atau yang menyiarkan suatu berita melalui media.

  3. Berita-berita yang di sampaikan yaitu yang memperoleh dengan cara kerja nya berupa perintah, laporan atau bisa juga dengan cara sarang menyarankan.

  4. Komunikan yaitu cara kerjanya dengan cara orang yang telah dituju oleh pihak penanggung jawab atau bisa juga para pengunjung dengan kata lain orang yang mendapatkan berita.

  5. Tanggapan atau reaksi yaitu sebuah cara yang berupa bentuk dalam tata cara jawabannya atau reaksinya.

Untuk menciptakan sebuah komunikasi yang efektif, maka sebuah proses komunikasi harus mengandung unsur-unsur komunikasi. Unsur-unsur komunikasi setidaknya harus terdiri dari enam hal, yaitu sumber, komunikator, pesan, channel, komunikasi itu sendiri, dan efek.

1. Sumber
Sumber sebagai salah satu unsur dalam unsur-unsur komunikasi adalah dasar yang digunakan dalam penyampaian pesan dan digunakan dalam rangka memperkuat pesan yang hendak disampaikan. Sumber sebagai salah satu unsur dalam unsur-unsur komunikasi dapat berwujud dalam berbagai bentuk. Sumber dapat berupa orang, lembaga, buku, dokumen, dan lain sebagainya.

2. Komunikator
Dalam komunikasi, komunikator memiliki peranan yang sangat penting untuk menentukan keberhasilan dalam memengaruhi komunikan (penerima pesan). Komunikator harus memiliki ketrampilan untuk memilih sasaran dan menentukan tanggapan yang hendak dicapai. Sebelum melakukan proses komunikasi, komunikator harus memperhitungkan apakah komunikan mampu menangkap pesan yang disampaikannya. Komunikator juga harus bisa menentukan media yang akan digunakan untuk melakukan persuasi sehingga lebih efisien dalam mencapai sasaran.

3. Pesan
Pesan sebagai salah satu unsur dalam unsur-unsur komunikasi dapat dipahami sebagai materi yang diberikan oleh komunikator kepada komunikan. Pesan dapat disampaikan oleh komunikator dalam berbagai cara, misalnya saja melalui kata-kata, nada suara, hingga gerak tubuh dan ekspresi wajah.

4. Channel
Channel merupakan unsur-unsur komunikasi yang selanjutnya. Channel merupakan saluran penyampaian pesan atau sering juga disebut dengan media komunikasi. Media komunikasi dapat dibagi ke dalam dua kategori, yakni media komunikasi personal dan media komunikasi massa. Media komunikasi personal digunakan oleh dua orang atau lebih untuk saling berhubungan. Sifat dari media komunikasi ini pribadi, sehingga dampaknya tidak bisa dirasakan oleh orang banyak. Contoh dari media komunikasi personal adalah telepon, aplikasi chatting (whatsapp, line, BBM), dan juga Skype.
Media komunikasi yang kedua adalah media komunikasi massa. Media komunikasi ini digunakan untuk mengkomunikasikan pesan dari satu atau beberapa orang kepada khalayak ramai. Karena sifatnya yang masif, maka media komunikasi massa dapat memiliki dampak yang besar bagi banyak orang. Contoh media komunikasi massa adalah televisi, radio, hingga yang terbaru adalah media sosial (instagram, twitter, youtube).

5. Komunikasi
Unsur-unsur komunikasi yang selanjutnya adalah komunikasi itu sendiri. Komunikasi sebagai salah satu unsur dalam unsur-unsur komunikasi dapat dibedakan dalam berbagai macam kategori, mulai dari segi sifatnya, arahnya, hingga jumlah orang yang terlibat di dalamnya. Unsur-unsur komunikasi ini umumnya dibedakan berdasarkan kategori sifat, yakni dikelompokkan ke dalam dua kategori, yaitu komunikasi verbal dan komunikasi non verbal.

6. Efek
Unsur-unsur komunikasi yang selanjutnya adalah efek. Efek merupakan unsur-unsur komunikasi yang memiliki definisi hasil akhir dari suatu komunikasi. Efek komunikasi dapat beraneka macam dan dapat dilihat dalam tiga kategori:

  • Personal opinion
    Personal opinion adalah sikap dan pendapat seseorang pada suatu masalah tertentu

  • Publik opinion
    Public opinion merupakan penilaian sosial mengenai suatu hal berdasarkan proses pertukaran pikiran.

  • Majority opinion
    Majority opinion dapat dipahami sebagai pendapat yang disetujui oleh sebagian besar publik atau masyarakat.