Apa saja unsur-unsur utama fotografi?

Apa saja unsur-unsur utama fotografi ?

Fotografi adalah seni, aplikasi, dan praktik menciptakan gambar yang tahan lama dengan merekam cahaya atau radiasi elektromagnetik lainnya, baik secara elektronik melalui sensor gambar, atau secara kimiawi melalui bahan peka cahaya seperti film fotografi. Apa saja unsur-unsur utama fotografi ?

2 Likes

Unsur-unsur Utama Fotografi

Dalam dunia foografi terdapat unsur-unsur yang menajdi faktor utama dalam fotografi itu sendiri, yaitu cahaya, objek/subjek, cahaya yang dipantulkan objek/subjek, dan kamera.

  1. Sumber cahaya
    Fotografi berarti melukis dengan cahaya sehingga unsur terpenting disini adalah cahaya. Dalam fotografi, cahaya ini berasal dari cahaya alami (matahari) dana cahaya buatan (blitz, lampu, lilin, senter, dll).

    Ada lima arah cahaya yang digunakan dalam fotografi, yaitu front light, back light, top light, bottom/base light, dan side light. Kelima arah cahaya tersebut memiliki pengaruh terhadap objek/subjek yang menjadi sasaran pemotretan.

  2. Objek/subjek
    Objek/subjek merupakan benda yang menerima cahaya dari sumber cahaya. Objek lebih cenderung ke benda mati atau suatu aktivitas, sedangkan subjek lebih ke benda hidup. Semakin banyak cahaya uang diterima oleh objek/subjek maka semakin jelas benda tersebut terlihat ataupun sebaliknya.

  3. Cahaya yang dipantulkan objek/subjek
    Subjek/objek tersinari cahaya dari sumber cahaya, sebetulnya yang tertangkap oleh mata manusia atau kamera adalah cahaya yang dipantulkan oleh subjek/objek sehingga membentuk gambaran / lukisan di subjek/objek.

  4. Kamera
    Kamera merupakan alat yang digunakan untuk menangkap cahaya yang dipantulkan subjek/objek, kemudia menyimpannya ke dalam media penyimpanan. Kamera ini memiliki lensa yang berfungsi untuk menangkap cahaya, diafragma yang berfungsi mengatur besar kecilnya cahaya yang masuk, shutter speed yang mengatur cepat lambatnya cahaya yang masuk, sensor yang menangkap dan mengubah bentuk cahaya ke dalam data digital, prosesor untuk mengolah data digital, memory card yang berfungsi untuk menyimpan data-data digital.

Selain unsur-unsur utama di atas, ada juga unsur-unsur lain dalam apresiasi fotografi itu sendiri, diantaranya adalah obyek foto (subjek matter), bentuk dan teknik (form), media (medium), dan gaya (style).

Referensi

Karyadi, Bambang. 2017. FOTOGRAFI : Belajar Fotografi. Bogor : Nahlmedia.

Tujuh elemen dasar fotografi adalah line, shape, form, texture, pattern, color , dan space - semuanya merujuk pada cara Anda mengatur foto Anda. Komposisi membantu Anda mewakili elemen-elemen ini dengan cara yang Anda pilih.

  • Line - Dapat berupa vertikal, horizontal, melengkung atau bergerigi. Contoh: jalan, matahari terbenam, jembatan.
  • Shape - Representasi objek dua dimensi. Contoh: foto burung siluet.
  • Form - Representasi objek tiga dimensi, biasanya melalui penggunaan pencahayaan dan bayangan.
  • Texture - Penggunaan pencahayaan untuk memunculkan detail suatu objek, membuatnya mudah untuk melihat apakah permukaannya halus atau lembut.
  • Pattern - Penggunaan pengulangan untuk membuat foto yang menarik. Contoh: foto taman atau bunga.
  • Color - Menggunakan warna hangat atau dingin untuk mengatur suasana hati.
  • Space - Ruang negatif atau positif dapat digunakan untuk membuat arti suatu foto.
Referensi

Faris, Stephanie. 2018. 7 Basic Elements of Photography. https://www.techwalla.com/articles/7-basic-elements-of-photography. Diakses pada 10 Mei 2020.