Pembelajaran yang baik harus ada perencanaan sebelumnya. Dalam memnyusun perencanaan pembelajaran hasrunya memperhatikan unsur-unsur yang ada di dalamnya.
Apa saja unsur-unsur dalam perencanaan pembelajaran?
Pembelajaran yang baik harus ada perencanaan sebelumnya. Dalam memnyusun perencanaan pembelajaran hasrunya memperhatikan unsur-unsur yang ada di dalamnya.
Apa saja unsur-unsur dalam perencanaan pembelajaran?
Perencanaan pembelajaran adalah proses memproyeksikan setiap komponen pembelajaran. Menurut Ralph W. Tyler komponen- komponen pembelajaran tersebut meliputi empat unsur yaitu: tujuan, bahan ajar (materi), metode, dan evaluasi.
Keempat komponen pembelajaran tersebut apabila digambarkan dalam bentuk bagan akan membentuk suatu sistem sebagai berikut.
1. Tujuan Pembelajaran
Tujuan pembelajaran adalah sesuatu yang ingin dicapai dalam kegiatan pembelajaran, yaitu gambaran perubahan perilaku siswa ke arah yang lebih positif, baik dari segi pengetahuan keterampilan dan sikap. Tujuan pembelajaran atau tujuan instruksional berisi rumusan pertanyaan mengenai kemampuan atau kualifikasi tingkah laku yang diharapkan dimiliki/dikuasai siswa setelah mengikuti proses pembelajaran.
Yang harus diperhatikan guru dalam membuat tujuan khusus atau indikator pembelajaran adalah:
2. Materi Pembelajaran
Materi harus direncanakan dan dikembangkan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Materi pembelajaran harus disusun secara sistematik berdasarkan skuensinya dan diorientasikan pada upaya mencapai tujuan pembelajaran.
Kriteria dalam merumuskan dan mengembangkan bahan pembelajaran diantaranya:
3. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran harus menggambarkan aktivitas siswa, karena pada hakikatnya yang belajar itu adalah siswa, guru hanya sebagai fasilisator. Maka guru harus merancang kegiatan pembelajaran dengan sistematis, efektif, efisien, serta berorientasi pada tujuan pembelajaran.
Dalam perencanaan pembelajaran kegiatan belajar mengajar harus dirumuskan secara jelas dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut:
4. Evaluasi
Evaluasi pembelajaran dilaksanakan pada kegiatan pembelajaran meliputi evaluasi awal pembelajaran, evaluasi proses pembelajaran, dan evaluasi akhir pembelajaran.
Evaluasi juga berfungsi sebagai dasar diagnosis belajar siswa yang dilanjutkan dengan bimbingan atau untuk pemberian pengayaan. Dalam melaksanakan evaluasi aspek-aspek pokok yang harus diperhatikan meliputi: a) Tujuan evaluasi, b) Bentuk dan jenis evaluasi yang digunakan.
Kriteria evaluasi dalam perencanaan pembelajaran adalah sebagai berikut: