Apa saja unsur pokok pada masa post-modern?

Pascamodernisme (atau postmodernisme, posmodernisme, post-mo) adalah gerakan abad akhir ke-20 dalam seni, arsitektur, dan kritik, yang melanjutkan modernisme. Apa saja unsur pokok pada masa post-modern?

Beberapa unsur pokok Post-mo sebagai berikut:

  1. Pasca-modernitas adalah sikap atas keadaan yang berarti, perasaan terhimpit terhadap mitologi, legenda dll., atau tidak terlalu sreg dengan keadaan dulu (pra-modern) maupun sekarang (modern). Dalam modernitas diganti dengan peran yang besar dari Negara, teknologi dan pasar.

  2. Karena tidak yakin dengan rasionalitas modern, maka post-mo memberi tekanan yang besar bukan pada rasionalitas tetapi pada kepekaan, bukan pada fungsi tetapi pada khayal/mimpi, bukan pada konsep tapi pada bentuk visual (fisik), bukan pada objek tapi pada keintiman.

  3. Yang khas pada post-mo adalah sikap untuk tidak melihat masalah sosial pada hirarki, melainkan melihat bahwa semua masalah berada pada tempatnya masing-masing. Norma akhir pada pasca-modern bukan lagi pada benar/salah tetapi pada adil/tidak adilnya dan bebas/terhimpit. Pada era modern, hirarki terjadi antara orang yang produktif dan yang tidak produktif. Namun pasca-modern atau kontemporer hirarki dan legitimasi ditinggalkan atau tidak diperdulikan lagi.