Apa saja tujuan utama dari penetapan harga bagi perusahaan?

Harga

Harga barang dan jasa merupakan suatu kunci strategi akibat dari berbagai hal seperti deregulasi (aturan atau sistem yang mengatur), persaingan yang semakin ketat, rendah dan tingginya pertumbuhan ekonomi dan peluang usaha bagi yang menepati pasar. Harga sangat mempengaruhi posisi dan kinerja keuangan dan juga mempengaruhi persepsi pembeli dan penentuan posisi merek.

Tujuan utama dari penetapan harga yang ingin dicapai oleh setiap perusahaan antara lain:

1. Mendapatkan laba maksimum

Sesuai dengan tujuan yang ingin di capai, maka melalui penetapan harga atas setiap barang yang dihasilkan perusahaan mengharapkan akan mendapatkan laba maksimal. Melalui pendapatan laba maksimal, maka harapan-harapan lain yang ingin dicapai dalam jangka pendek ataupun panjang akan terpenuhi, dalam era persaingan global yang akan dihadapi pada saat ini atau akan datang yang semakin komplek dan semakin banyak variabel lain yang berpengaruh terhadap daya saing produk dan perusahaan, maka penetapan tujuan untuk mendapat laba maksimal akan semakin sulit dicapai karena perusahaan juga akan semakin sulit untuk memperkirakan tingkat penjualan yang sesungguhnya.

Oleh karena itu, untuk mendapatkan laba maksimal ada sejumlah perusahhaan yang menggunakan pendekatan target laba yaitu tingkat laba yang sesuai atau pantas sebagai sasaran laba.

2. Mandapatkan pengembalian investasi yang ditargetkan atau pengembalian pada penjualan bersih.

Berdasarkan tujuan yang ingin dicapai, maka perusahaan mengharapkan sedapat mungkin melalui penetapan harga dari setiap barang atau jasa yang dihasilkan mampu mendapatkan pengembalian atas seluruh nilai investasi yang dilakukan terhadap kegiatan yang telah dilakukan.

3. Mencegah atau mengurangi persaingan

Melalui tujuan ini perusahaan akan mengharapkan bahwa dengan tingkat harga yang ditetapkan pada setiap produk yang dihasilkan akan mencegah atau mengurangi tingkat persaingan dari industri yang dimasuki.

Untuk mencapai tujuan dimaksud, maka perusahaan harus menetapkan harga yang yang rendah untuk setiap produkyang dihasilkan agar tidak memiliki daya tarik dari pada pesaing untuk memasuki industri yang sama. Para pesaing tentu akan berpikir dua kali sebelum memutuskan akan memasuki atau tidak pada industri yang baru kalau tidak memberikan keuntungan bagi perusahaan, setelah meneliti tingkat harga dari produk yang dihasilkan pada tingkat harga pasar yang berlaku saat ini. Memang untuk mencapai tujuan ini perusahaan harus menetapkan berbagai kebijakan efisiensi diseluruh bidang agar tingkat harga yang ditetapkan tidak merugikan perusahaan baik saat ini maupun mendatang.

4. Mempertahankan atau memperbaiki market share

Tujuan penetapan harga ini diharapkan setidak-tidaknya untuk mempertahankan atau memperbaiki market share yang dimiliki perusahaan dalam jajaran pesaingan industri saat ini. Pemilihan dan penetapan tujuan harga ini dengan harapan bahwa tingkat penjualan atas produk-produk yang dihasilkan akan meningkat bila dibandingkan dengan perusahaan lain atas industri yang sama, dan secara tidak langsung dapat memperbaiki market share yang dimiliki perusahaan dalam jajaran industri yang sama.

Tujuan dari penetapan harga yang umum, antara lain sebagai berikut:

  • Mencapai laba maksimal
    dengan memaksimalkan penetapan harga harga yang baik akan menjadikan salah satu cara perusahaan untuk bisa memperoleh laba yang maksimal.

  • Sebagai upaya Promosi
    Penetapan harga menjadi salah satu upaya perusahaan untuk mempromosikan produk yang inging idpasarkan kepada konsumen.

  • Meningkatkan Penjualan
    Harga merupakan salah satu indikator bagi konsumen untuk menentukan pembelian. Penetapan harga yang rendah ataupun tinggi dapat menentukan konsumen untuk tertarik menggunakan produk yang ditawarkan.

  • Mencapai target penghasilan dan investasi
    Harga menjadi tolak ukur perusahaan untuk mendapatkan penghasilan atau investasi yang ingin dicapai. Penetapan harga yang tepat membuat perusahaan akan lebih mudah memperoleh target yang ingin dicapai.

  • Untuk mencegah persaingan
    Penetapan harga yang baik akan membuat konsumen tertarik kepada produk yang ditawarkan oleh perusahaan.

  • Mempertahankan Citra
    Citra atau nama baik merupakan hal yang menjadi hal yang dipikirkan oleh perusahaan, dengan memposisikan sebagai produk ataupun jasa yang sesuai dengan citra saat ini.

  • Meningkatkan daya saing
    Penetapan harga memungkinkan para perusahaan untuk saling melemparkan tawaran harga yang menarik bagi konsumen hingga bisa jadi terjadi perang harga antar perusahaan.

  • Stabilitas harga
    Penetapan harga oleh perusahaan juga menjadi indikator bagi perusahaan lain untuk menentukan harga, kondisi ini akan terlihat bila produk atau jasa yang ditawarkan serupa.