Apa saja Tujuan Komunikasi Bisnis?

Sebagai makhluk sosial, komunikasi merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Hampir seluruh kegiatan manusia itu memerlukan komunikasi, walaupun komunikasinya berbeda-beda antara satu dan lainnya. Dalam komunikasi, ada hal yang disebut dengan komunikasi bisnis. Apa itu komunikasi bisnis? Menurut Djoko Purwanto, komunikasi bisnis merupakan komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis yang mencangkup berbagai macam bentuk komunikasi, baik itu verbal maupun non-verbal guna mencapai suatu tujuan tertentu.

Oleh karenanya, apa sih tujuan dari komunikasi bisnis itu?

Ada 3 tujuan utama dalam komunikasi bisnis yaitu:

  1. Memberi Informasi (Informing)
    Memberikan informasi seputar dunia bisnis terhadap pihak lain. Contoh, seorang pimpinan perusahaan ingin memperoleh pegawai yang diharapkan, maka ia akan memasang iklan melalui mess media, website di internet, dan sebagainya. Dalam hal ini terdapat kelebihan dan kekurangan pada setiap media, oleh karena itu harus pintar-pintar memilih mana media yang paling tepat.

  2. Memberi Persuasi (Persuading)
    Persuasi diberikan kepada pihak lain agar apa yang disampaikan bisa dipahami dengan benar. Hal seperti ini sering dilakukan terutama pada hubungan akan penegasan konfirmasi pesanan pelanggan, dengan tujuan supaya kedua belah pihak mendapatkan tidak ada yang dirugikan dan mendapatkan manfaatnya.

  3. Melakukan Kolaborasi (Collaborating)
    Bekerja sama dengan pihak lain atau yang biasa disebut dengan kolaborasi ini memudahkan seseorang dalam melakukan kerja sama bisnis. Seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi komunikasi maka seseorang dapat menggunakan berbagai media telekomunikasi seperti telpon, faximile, telpon seluler, internet surat elektronik, teleconference, dan lain-lain. Teknologi komunikasi tersebut sangat penting artinya dalam pererat kerjasama bisnis.