Apa saja tujuan dan fungsi dari Pet Center?

image
Apa saja tujuan dan fungsi dari Pet Center ?

Menurut Ratu Amie (2007), Tujuan Pet Center adalah menyediakan berbagai kebutuhan yang berhubungan dengan hewan peliharaan kepada masyarakat umum baik secara komersial (jual- beli) maupun secara pendidikan-rekreasi. Pet Center tidak hanya mengacu pada kegiatan perdagangan saja, namun akan dikembangkan sebagai fasilitas rekreasi-edukasi yang memberikan pengalaman dan pemahaman mengenai hewan peliharaan pada para pengunjung. Adapun fungsi pet center adalah sebagai berikut :

  • Perawatan dan Perdagangan hewan peliharaan beserta kelengkapannya. Berupa jual-beli hewan, aksesoris dan makanan hewan, klinik pengobatan hewan, pemancakan, grooming, penitipan dan penampungan hewan, dsb.

  • Penyampaian informasi dan sosialisasi segala hal tentang hewan peliharaan.
    Penyampaian informasi mengenai keanekaragaman fauna terutama yang berhubungan dengan hewan peliharaan melalui display panel, replika, audio visual dan tutorial.

  • Interaksi dan komunikasi antar sesama pecinta hewan
    Kegiatan berkumpul, berkomunikasi serta sharing tentang pengalaman dalam memelihara hewan kesayangan masing- masing.

  • Tempat pendidikan dan rekreasi.
    Merupakan tempat pendidikan bagi pecinta hewan peliharaan sekaligus tempat rekreasi melalui teknik pamer yang atraktif dan tidak membosankan di mana pengunjung diajak untuk berinteraksi langsung dengan hewan peliharaan yang terdapat di situ.