© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Apa saja tugas-tugas yang diemban oleh para rasul-rasul Allah SWT?

Agama Islam adalah agama yang dibawa oleh Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Dengan agama inilah Allah menutup agama-agama sebelumnya. Allah telah menyempurnakan agama ini bagi hamba-hambaNya. Dengan agama Islam ini pula Allah menyempurnakan nikmat atas mereka. Sebagai umat beragama islam diwajibkan untuk beriman kepada rasul-rasul Allah SWT, lalu apa saja tugas-tugas yang diemban oleh para rasul-rasul Allah SWT?

Berikut adalah tugas-tugas yang diemban oleh para rasul Allah SWT :

  1. Menyatukan itikad dan keyakinan umatnya, yaitu bahwa Allah adalah Zat Yang Maha Esa
  2. Memberi petunjuk pada umatnya mengenai hal-hal yang dilarang dan hal-hal yang harus dikerjakan menurut perintah Allah swt.
  3. Memberikan pedoman kepada umatnya agar ia menghiasi diri dengan sifat-sifat yang utama
  4. Menjelaskan kepada umatnya apa saja yang dapat membawa mereka kepada keridaan Allah dan apa saja yang dapat membawa kepada kemurkaan-Nya
  5. Mengajarkan kepada umantnya tentang berita gaib sesuai dengan ketentuan yang digariskan Allah swt.

Rasul diutus oleh Allah swt. dengan mengemba tugas-tugas yang sangat mulia. Adapun tugas-tugas rasul adalah sebagai berikut.

  1. Rasul membimbing umatnya menuju jalan yang benar agar mendapat kebahagiaan hidup di dunia dan di akhirat.

  2. Semua rasul menyampaikan ajaran tauhid, yakni mengesakan Allah SWT. Adapun peraturan agama (syariat) yang dibawa mereka berbeda-beda sesuai dengan situasi dan kondisi umatnya saat itu.

  3. Kehadiran rasul untuk membawa kebenaran, kabar gembira, dan memberi peringatan kepada umatnya agar mereka menjadi umat yang beriman kepada Allah SWT. Dengan demikian, mereka akan hidup bahagia, baik di dunia maupun di akhirat kelak.

Sungguh, Kami mengutus engkau dengan membawa kebenaran sebagai pembawa berita gembira dan sebagai pemberi peringatan. Dan tidak ada satu pun umat melainkan di sana telah datang seorang pemberi peringatan. (Q.S. Fatir: 24)

Allah mengutus para rasul untuk mengajarkan kepada umat manusia hal-hal yang membawa kemaslahatan (kebaikan) dalam agama dan dunia mereka. Dan untuk mengajak mereka menyembah Allah dan tidak menyekutukan-Nya dengan sesuatupun.

Allah ta’ala berfirman yang artinya :

“…Maka Allah mengutus para nabi untuk memberikan kabar gembira dan memberi peringatan” (Q.S. al Baqarah: 213)

Rasulullah shallallahu ‘alayhi wasallam bersabda yang artinya :

“Perkataan paling utama yang aku dan para nabi sebelumku adalah ucapkan لا إله إلا الله (tiada yang disembah dengan benar kecuali Allah)” (H.R. al Bukhari)