Apa saja tugas desain grafis yang belum banyak orang tahu ?

desain_grafis

(anon25474430) #1

Profesi desainer grafis merupakan profesi yang sedang naik daun pada industri kreatif. Apa saja tugas desain grafis yang belum banyak orang tahu ?


(Febrian Pratama Putra) #2

Tugas desain seperti yang ada di bawah ini belum banyak orang yang tahu:

1. Desain Sempurna yang Mengandung Unsur Seni, Visual, & Bahasa.

Seorang desainer grafis harus mampu memadukan unsur seni, visual (hal-hal yang dapat dilihat), dan juga bahasa. Pemakaian bahasa yang benar dan disesuaikan dengan desain yang dibuat akan memudahkan penerimaan pesan yang ingin disampaikan. Jadi seorang desainer grafis tidak hanya dituntut untuk dapat membuat desain yang enak dipandang, tetapi juga memiliki nilai seni dan mudah dipahami.

2. Menciptakan Karya Visual yang Komunikatif

image

Seorang desainer grafis bertugas untuk memberikan solusi dan memecahkan masalah yang timbul dalam ruang lingkup tertentu dalam masyarakat. Misalnya, sebuah iklan layanan masyarakat memiliki ‘tugas’ untuk mengajak masyarakat memerangi bahaya narkoba. Maka desainnya pun harus dibuat sekomunikatif mungkin dan mudah dipahami dari tampilan visualnya.

3. Inovasi Baru yang disesuaikan Kebutuhan Zaman

Zaman yang senantiasa berubah, tentunya menuntut setiap desainer grafis untuk selalu kreatif dan memiliki wawasan yang baru. Masyarakat yang terus berkembang sewaktu – waktu, tentunya akan mempengaruhi desain yang dibuat. Jika desainer grafis tersebut tidak mengikuti perkembangan zaman, maka ia akan dianggap tidak kreatif dan tidak sesuai lagi dan hal – hal yang aktual yang berkembang di masyarakat

4. Menyampaikan Pesan dengan Cara Unik

image

Ketatnya persaingan di masyarakat oleh banyak sekali perusahaan yang menawarkan produk barang dan jasa, tentunya mengasah kreatifitas yang terdapat dalam pesan yang disampaikan. Pesan tersebut bisa disampaikan dengan cara yang unik dan kreatif yang mungkin belum pernah ada sebelumnya, atau mengangkat fenomena yang terjadi di masyarakat agar lebih mudah dipahami.

5. Desain yang Informatif dan Persuasif

Sisi psikis setiap manusia tentunya akan dapat tersentuh jika melihat sesuatu yang memiliki kedekatan emosional dengan dirinya. Seorang desainer grafis dapat memainkan emosional dari para audiensnya, baik itu perasaan senang, sedih, marah, takut, terkejut, terkesan, dan lain sebagainya. Desain yang digunakan untuk ‘menyentuh’ perasaan tersebut tentunya selain informatif dan sarat makna, juga harus persuasif. Tujuannya agar audiens bisa ikut melihat, merasakan, dan kemudian tertarik dengan produk yang diiklankan.

_
Nah itu semua merupakan tugas desain yang belum banyak orang tahu, semoga menambah wawasanmu guys! :slight_smile: