Apa saja Transportasi yang dapat digunakan dari Jogja ke Dieng ?

image

Apa saja Transportasi yang dapat digunakan dari Jogja ke Dieng ?

image

Perjalanan menuju dieng dari kota Yogyakarta menempuh jarak sekitar 170 Km, jarak yang cukup jauh dengan waktu tempuh sekitar 4 jam menggunakan kendaraan pribadi, atau sekitar 6 jam dengan kendaraan umum.

Walaupun memiliki jarak yang cukup jauh dari Dieng, Kota Yogyakarta biasa digunakan sebagai kota persinggahan awal menuju Dieng oleh kebanyakan wisatawan, mungkin karena Yogyakarta terhubung dengan penerbangan dari kota-kota besar di Indonesia terutama Jakarta, selain itu Yogyakarta juga merupakan kota tujuan wisata dengan anekaragam daya tariknya, sehingga mengunjungi Dieng seolah telah menjadi bagian dari pariwisata Yogyakarta itu sendiri walaupun sejatinya memiliki jarak yang cukup berjauhan.

Terdapat beberapa alternatif transportasi yang dapat anda gunakan, mulai dari menggunakan kendaraan umum, menyewa mobil atau menggunakan jasa paket wisata yang banyak terdapat di Kota Yogyakarta.

Kendaraan Umum
Untuk menuju Dieng, anda terlebih dahulu harus menuju kota Wonosobo, agar tidak terlalu repot dan memakan waktu, perjalanan ke Wonosobo kami sarankan mengunakan jasa Travel. Salah satunya ialah Rama Sakti Travel, berangkat dari Yogyakarta setiap jam genap (6, 8, 10 dst) dengan tarif Rp. 55.000 / orang sekali jalan. Beruntung travel ini juga menawarkan fasilitas penjemputan dari Bandara Adisucipto Yogyakarta dengan tambahan biaya Rp. 30.000, sehingga total ongkos menuju Wonosobo dari Bandara Adisucipto untuk sekali jalan per orang sekitar 85 ribu rupiah. Rama Sakti Travel dapat dipesan melalui telpon di nomor 0274-552331 (Yogyakarta) atau 0286-321236 (Wonosobo), dengan kendaraan sejenis Elf full AC.

Dari Wonosobo perjalanan dilanjutkan menuju Dieng dengan menggunakan mini Bus, Mintalah kepada supir travel untuk diantarkan sampai ke Alun-Alun Wonosobo / Kauman tempat kendaraan menuju Dieng, supir akan dengan senang hati mengantar anda tanpa biaya tambahan. Tips untuk mencari mimibus ke dieng ialah hindari bus yang sedang mengetem / masih kosong, berjalanlah sedikit untuk mencegat bis yang sedang berjalan dan sudah berisi penumpang. Tarif bis menuju dieng ialah Rp. 15.000. Turun di pertigaan Dieng anda sudah berada di pusat pariwisata Dataran Tinggi Dieng. Perjalanan ini memakan waktu sekitar 1 jam. Bus ini ialah bus reguler yang biasa digunakan oleh masyarakat setempat.

Rental Mobil
Gunakan tool berikut ini untuk mencari dan membandingkan penawaran harga dan fasilitas sewa mobil di Jogja dari berbagai agen perjalanan. Terdapat banyak perusahaan rental mobil di Yogyakarta dengan harga sewa yang cukup murah, yang perlu dipertimbangkan ialah jarak yang ditempuh sehingga anda harus menyiapkan anggaran untuk bahan bakar, selain itu penggunaan jasa supir / driver juga mungkin diperlukan apabila anda tidak terlalu memahami jalan menuju Dieng.

Paket Wisata
Banyak terdapat pilihan paket wisata dari Yogyakarta, biasanya menawarkan wisata 1 hari dari Yogyakarta menuju Dieng lalu menuju Prambanan untuk menyaksikan sendratari Ramayana, paket wisata ini mulai dari pagi sampai dengan malam. Ada pula paket wisata lain dengan waktu lebih lama, untuk anda yang tidak ingin repot dan bersedia untuk membayar lebih, tidak ada salahnya untuk menggunakan jasa ini.