Apa saja tips untuk merawat kamera dan lensa?

camera and lenses

Kamera dan lensa merupakan perangkat utama fotografi yang harganya terbilang tidak murah. Oleh karena itu diperlukan upaya untuk merawatnya. Apa saja tips untuk merawat kamera dan lensa?

Sebetulnya ada banyak tips dalam merawat kamera dan lensa. Namun saya akan mengulas lima tips merawat kamera dan lensa.

Tips 1 : Jangan membiarkan baterai AA kosong di dalam slot baterai terlalu lama.

Baterai AA yang kosong jangan dibiarkan terlalu lama di dalam slot baterai kamera DSLR. Hal ini sangat beresiko, karena jika baterai itu bocor, zat-zat kimia yang ada di dalamnya akan membuat logam penghantar daya terkorosi dan berkarat. Kalau sudah begitu, pada titik tertentu kedua alat elektronik itu sudah tidak bisa dipakai lagi. Sangat disayangkan kalau alat yang begitu mahal tidak bisa dipakai lagi secara optimal gara-gara slot baterainya berkarat dan terkorosi. Copot baterai ketika sudah tidak dipakai lagi.

Tips 2 : Jangan letakkan lensa di tempat yang lembab.

Biasakan menyimpan atau meletakkan kamera DSLR dan koleksi lensanya di tas khusu yang kering. Umumnya, karena alasan kepraktisan, kita meletakkan kamera DSLR satu koper dengan pakaian-pakaian yang telah kita pakai. Selama pakaian itu kering maka tidak jadi masalah. TApi jika basah, ini akan menjadi masalah karena bisa memicu serangan jamur pada lensa. Kalau sudah berjamur maka kualitas foto menjadi turun. Satu-satunya cara membersihkan jamur adalah dengan membongkar lensa itu dan mencucinya satu demi satu. Resikonya, lapisan coating pada foto yang mencegah berpendarnya cahaya akan menipis.

Tips 3 : Jangan membiarkan permukaan lensa tidak terproteksi

Lensa adalah bagian mahal dari sebuah DSLR. DSLR boleh rusak, tapi lensa bisa bertahan hingga bertahun-tahun lamanya dan bisa dipasang di DSLR lain yang lebih baru. Oleh karena itu, tidak melindungi permukaan lensa merupakan tindakan berbahaya. Permukaan lensa adalah bagian yang paling gampang terpapar oleh benturan. Oleh karena itu belilah selalu lens hood yang berbentuk seperti caping di ujung lensa. Ini berguna untuk melindungi lensa dari gesekan ranting-ranting atau sentuhan jari-jari berminyak. Jika tidak dipakai, tutuplah lensa menggunakan lens cap. Kedua aksesori di atas harganya murah tapi proteksinya begitu penting. Selain itu, pasanglah filter ultraviolet. Secara umum, filter ini tak membawa pengaruh apapun pada hasil foto. TApi karena diletakkan di permukaan lensa, maka jika terjadi benturan, benturan itu akan mengenai filter dan bukan permukaan lensa.

Tips 4 : Periksa memory card

Memory card memang sangat jarang rusak. Tapi bukan berarti tak pernah rusak. Oleh karena itu, begitu selesai memotret pasitikan Anda memback-up atau memindahkan foto-foto ke tempat yang aman secara cepat. Dalam kasus tertentu, memory card bisa terhapus begitu saja. Satu-satunya cara yang bisa dilakukan adalah dengan memiliki memori cadangan untuk memback-up hasil kerja Anda.

Tips 5 : Arahkan kamera ke bawah saat mengganti lensa

Saat mengganti lensa, arahkan kamera ke bawah. Mengapa? Karena sewaktu lensa dicabut, area dalam kamera berada dalam kondisi terbuka. Di situ ada komponen yang sangat sensitif seperti sensor cahaya. Kalau kamera menghadap ke atas ketika lensa diganti, maka akan ada resiko di mana area sensitif pada kamera dimasuki debu atau terkena rontokan serbuk dari atas.

Merawat kamera digital dan lensa merupakan hal yang sangat penting bagi semua fotografer, baik itu yang masih belajar fotografi pemula maupun yang sudah profesional.

Seperti barang elektronik lainnya, kamera memerlukan perawatan yang ekstra karena setiap kamera (baik dslr maupun mirrorless) memiliki komponen yang sensitif dan mudah mengalami kerusakan apabila kita tidak berhati-hati dalam menggunakan dan menjaganya.

Berikut adalah tips merawat kamera dan lensanya :

1. Menjauhkan kamera dan lensa dari air

Jangan biarkan kamera dan lensa mengalami kontak langsung dengan air, jika tanpa sengaja terkena air maka segera lap kamera dengan menggunakan kain microfiber sampai kering. Berbeda jika kamera yang anda miliki merupakan kamera yang termasuk dalam kategori waterproof atau water sealed . Air dapat menyebabkan komponen yang ada di dalam kamera dan lensa menjadi lembab dan berjamur, sehingga dapat menyebabkan kerusakan jika tidak ditangani segera.

2. Menjaga Kebersihan Lensa

Sebelum dan sesudah menggunakan lensa kamera, bersihkan dengan menggunakan cairan pembersih khusus dan kain micorfiber secara rutin. Hal ini bertujuan untuk mencegah tumbuhnya jamur pada kaca lensa

3. Mencabut dan Memasang Aksesoris Kamera

Jika sering menganti lensa, pastikan kamera dalam kondisi tidak menyala sebelum dan sesudah memasang lensa. Karena komponen di dalam kamera bekerja dengan menggunakan arus listrik dan sangat rentan terhadap pengaruh perubahan arus listrik yang secara tiba-tiba berubah.