Apa saja tips untuk memulai perusahaan desain grafis ?

desain_grafis

(Pangeran Martabak) #1

Memiliki pengetahuan mengenai desain grafis tidak hanya bisa digunakan untuk menjadi seorang desainer grafis, tetapi bisa juga digunakan untuk membuat suatu bisnis. Di Indonesia sendiri, perusahaan yang bergerak di bidang desain grafis dapat dibilang masih sedikit. Kebanyakan desainer grafis tidak mau terikat di satu perusahaan dan lebih sering menjual jasanya sendiri.

Apa saja tips untuk memulai perusahaan desain grafis ?


(abrisam zhafran amran ) #2

Salah satu tipsnya adalah memberikan nilai tambah atau perbedaan dari para pesaing. Bisnis desain grafis termasuk jenis usaha yang memiliki tingkat persaingan yang sangat tinggi. Sehingga anda tidak mudah untuk mendapatkan konsumen atau pelanggan dalam waktu singkat. Anda harus memenangkan persaingan dengan ribuan kompetitor. Salah satu caranya dengan memperluas jaringan atau relasi pemasaran.


(Muhammad Luthfi Dani Kamil) #3

Jika kamu berminat untuk membuat suatu perusahaan desain grafis, mungkin tips berikut ini dapat kamu gunakan.
_

1. Kenali dirimu terlebih dahulu

Ketika kamu akan memulai suatu perusahaan sendiri, itu berarti kamu akan bekerja sendiri terlebih dahulu. Dan tentu saja, you’re the boss! Tidak ada peraturan yang akan membatasi. Tetapi bukan berarti kamu jadi malas-malasan. Perlu tingkat disiplin yang tinggi untuk memulai perusahaan desain grafis, karena inilah titik mula yang menentukan perusahaanmu nantinya.

2. Tambahlah ilmu yang kamu miliki

Jika kamu merasa kamu sudah mahir desain, tantang dirimu untuk lebih mahir lagi. Sering-seringlah update mengenai perkembangan dalam dunia desain. Kamu juga bisa menambah ilmu dengan belajar bisnis agar kamu lebih mengerti bagaimana menjalankan perusahaan desain grafis kamu dari segi bisnis.

3. Pilihlah sumber daya modal yang beragam

Modal adalah awal yang harus kamu miliki ketika kamu mau membuat perusahaan desain grafis. Jika kamu hanya mengandalkan tabungan kamu tentu tidak akan cukup. Cobalah untuk meminjam ke bank. Atau bisa juga kamu mengajak temanmu untuk bergabung dan berinvestasi dalam perusahaan desain grafis kamu.

4. Kenali target market dan kompetitor yang ada

Tentukanlah siapa yang membutuhkan jasa yang diberikan perusahaan desain grafis dan kenapa mereka membutuhkan perusahaan desain grafis kamu. Tidak kalah pentingnya, ketika kamu membuat perusahaan desain grafis, kenali dulu sainganmu. Apa saja yang mereka tawarkan. Dari situ kamu bisa membuat patokan seperti apa kamu mau membuat perusahaan desain grafis kamu.

5. Buatlah business plan

Semua perusahaan pasti punya visi dan misi. Begitu juga seharusnya perusahaan desain grafis kamu. Buatlah business plan kamu dengan detail. Jika dirasa sulit, bisa dibuat terlebih dahulu business model-nya dan dikembangkan menjadi sebuah business plan.

6. Temukan strategi marketing yang jitu

Percuma punya bisnis desain yang bagus tapi tidak ada orang yang mengetahuinya. Pelajari juga strategi marketing yang bagus, carilah inspirasi dari perusahaan lain yang sudah lebih matang, lalu sesuaikan dengan kebutuhanmu. Manfaatkan setiap channel yang bisa digunakan untuk memperkenalkan bisnismu kepada orang sebanyak mungkin.

7. Carilah penasihat yang profesional

Carilah orang-orang berkompeten yang bisa kamu taruh di bidang-bidang yang tidak kamu kuasai, misalnya dalam bidang finance. Jangan lupakan juga aspek hukum yang dibutuhkan untuk mendirikan sebuah usaha. Carilah orang yang ahli di bidangnya untuk membantu kamu mengurus hal-hal tersebut.

8. Buatlah portfolio

Hal ini tidak akan pernah lepas dari dunia desain. Jika kamu mau memulai perusahaan desain grafis, kumpulkanlah portfolio-mu agar bisa dijadikan sampel ketika kamu bertemu dengan klien.

9. Kembangkan brand-mu

Brand dalam perusahaan desain grafis dapat berupa sebuah logo. Kreasikan logo perusahaanmu sesukamu, tetapi selalu ingat bahwa logo perusahaan adalah pencitraan dari perusahaan tersebut. Usahakan agar logo tersebut memiliki sebuah filosofis yang menggambarkan perusahaanmu.

10. Mintalah untuk direkomendasi

Ketika kamu telah menyelesaikan satu proyek dari klien, jangan sungkan untuk meminta mereka memberikan rekomendasi perusahaan desain grafis kamu kepada teman mereka.

__

Semoga bermanfaat mengenai jawaban yang saya berikan, terimakasih :pray: