Apa saja tips untuk memilih rol rambut?

memilih rol rambut

Ada beragam jenis rol rambut yang tersedia di pasaran. Dari rol tempel, rol jepit, rol mangnet sampai rol yang dipanaskan. Bukan cuma itu, rol ini juga bervariasi dari berbagai ukurannya.

Jangan pernah anggap semua rol punya fungsi yang sama. Secara umum memang terlihat punya fungsi yang sama. Akan tetapi, mengutip Today, beda bentuk rol maka fungsinya juga berbeda.

Apa saja tips untuk memilih rol rambut?

Rol rambut merupakan alat yang sering digunakan untuk mengeriting atau blow rambut. Seiring perkembangan mode, tipe rol rambut pun menjadi begitu variatif dengan masing-masing keistimewaannya tersendiri. Akibatnya, di antara Anda, mungkin ada yang merasa kebingungan memilih saat hendak membeli rol rambut.

Apa itu rol rambut?


Apa itu rol rambut?

Rol rambut merupakan suatu alat yang digunakan untuk mengubah tampilan rambut Anda menjadi ikal, bergelombang, atau keriting. Kelebihan terbesar dari rol rambut adalah Anda dapat menggunakannya tanpa alat pemanas sehingga tidak merusak rambut Anda. Anda pun dapat menggunakannya dengan mudah di mana saja tanpa memerlukan tenaga listrik. Bahkan, Anda dapat menggunakannya saat dalam perjalanan untuk menghemat waktu.

Cara menggunakan rol rambut


Walaupun rol rambut termasuk alat yang mudah digunakan, tidak semua orang ahli dalam menggunakan rol rambut. Namun, begitu Anda mengetahui langkah-langkahnya, hal ini akan menjadi sangat mudah. ‚ÄčApalagi, menggunakan rol rambut akan mempersingkat waktu Anda dalam menata rambut, terutama di pagi hari yang sibuk.

1. Pisahkan rambut menjadi beberapa bagian

1. Pisahkan rambut menjadi beberapa bagian

Memisahkan rambut menjadi beberapa bagian adalah salah satu trik keberhasilan dalam memakai rol rambut. Meskipun terdengar sepele, pemisahan rambut akan mempengaruhi hasil akhir dari pengeritingan rambut.

Bagi pemula, pisahkan rambut bagian poni dan bagian belakang rambut menjadi 4 bagian. Ketika Anda sudah mulai terbiasa menggunakan rol rambut, Anda dapat memisahkan bagian rambut menjadi 6 atau 8 bagian dengan membaginya pada area atas dan bawah kepala.

2. Pasangkan rol rambutnya

2. Pasangkan rol rambutnya

Genggamlah sebagian rambut Anda yang tadi sudah dibagi dan letakkan rol rambut di pangkal rambut yang akan digulung. Luncurkan rol rambut tersebut perlahan-lahan sambil menekan rambut Anda. Dengan begini, rambut yang terlepas akan berkurang.

Setelah menggulung sampai ke pangkal rambut, rapikan gulungan tersebut dan biarkan rol rambut bekerja. Ketika Anda perlu mengeriting rambut dalam waktu singkat, Anda dapat menggunakan hair dryer yang tidak terlalu panas agar tidak merusak rambut.

3. Buka rol rambut secara perlahan

3. Buka rol rambut secara perlahan

Bukalah rol rambut Anda perlahan agar bentuk ikalnya tidak rusak. Setelah membuka semua rol rambut, rapikan hasil gulungan sesuai jenis keriting atau ikal yang Anda inginkan. Setelah itu, semprotkan hair spray sedikit demi sedikit agar hasil lebih tahan lama.

Semua tipe rol rambut sebenarnya mempunyai kegunaan yang sama, yaitu untuk membuat rambut indah Anda menjadi ikal, bergelombang, bahkan keriting. Ada berbagai tipe rol rambut yang dijual di pasaran, seperti tipe dengan penjepit, tipe spons, dan lain sebagainya. Agar Anda dapat menentukan tipe yang cocok untuk Anda, simaklah poin-poin cara memilih berikut ini!

Tipe dengan penjepit yang cocok untuk rambut panjang


Tipe dengan penjepit yang cocok untuk rambut panjang

Bagi Anda yang memiliki rambut panjang, rol rambut yang Anda gunakan biasanya mudah terlepas karena beratnya rambut yang harus ditahan oleh rol. Karena itu, rol rambut dengan penjepit lebih direkomendasikan untuk Anda.

Dengan adanya penjepit pada rol rambut tersebut, rambut panjang Anda akan tetap aman tersangga di dalam rol. Penjepitnya mampu menggenggam rambut dengan kuat sehingga hasilnya pun akan lebih memuaskan.

Tipe spons jika ingin memakainya saat tidur


Tipe spons jika ingin memakainya saat tidur

Kebanyakan wanita menggunakan rol rambut pada waktu tidur untuk lebih efisiensi waktu. Saat Anda melepas rol rambut pada keesokan harinya, ikal atau keriting yang indah pun sudah terbentuk. Namun, rol rambut biasa umumnya terbuat dari bahan plastik yang keras sehingga dapat menyakiti kepala Anda jika digunakan sambil tidur.

Rol rambut berbahan spons memiliki tekstur yang empuk sehingga tidak akan menyakiti kepala Anda serta tidak mudah terlepas dibandingkan dengan rol biasa. Tipe ini tentunya akan cocok Anda gunakan sambil tidur. Ditambah lagi, rol rambut tipe spons ini juga dapat digunakan untuk berbagai tipe dan ketebalan rambut.

Tipe velcro yang tepat untuk mengeriting poni


Tipe velcro yang tepat untuk mengeriting poni

Rol rambut tipe magic atau magic curler adalah rol rambut terbaik untuk membentuk rambut bagian poni. Pemanas rambut biasa yang menggunakan tenaga panas dapat merusak rambut Anda, tetapi dengan rol rambut tipe velcro ini, Anda tidak perlu lagi khawatir! Sesuai namanya, tipe ini menggunakan bahan velcro yang membuat rambut dapat menempel dengan mudah pada rol tersebut.

Umumnya, bagian poni memiliki jumlah rambut lebih sedikit dibandingkan dengan rambut bagian samping atau bagian belakang. Dengan tipe ini, Anda dapat melepas atau memasangnya pada bagian poni dengan mudah tanpa khawatir rol akan terlepas dengan sendirinya. Selain itu, rol rambut tipe magic ini tersedia dalam bermacam ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan penataan rambut Anda.

Pakailah rol rambut berukuran besar jika Anda menginginkan rambut ikal dengan kesan alami dan pilihlah rol rambut berukuran kecil untuk menghasilkan rambut keriting yang lebih rapat.

Tipe rol plastik yang mudah dicuci dan dijaga kebersihannya


Tipe rol plastik yang mudah dicuci dan dijaga kebersihannya

Rol rambut biasanya dapat digunakan berulang-ulang dalam jangka waktu yang lama. Namun, semakin sering dipakai, rol rambut tersebut tentunya akan menjadi kotor. Bagi Anda yang mementingkan aspek kebersihan, rol rambut berbahan plastik dapat menjadi pilihan tepat karena mudah dicuci tanpa merusak keefektifan fungsinya.

Pada umumnya, rol rambut berbahan plastik tidak seempuk rol rambut berbahan spons sehingga kurang cocok untuk dipakai sambil tidur. Akan tetapi, rol rambut tipe ini dapat Anda simpan dalam keadaan bersih dan digunakan saat hendak bepergian.