Apa saja tips untuk memilih perfume oil?

tips untuk memilih perfume oil

Perfume oil adalah item yang diaplikasikan langsung pada kulit Anda. Sebaiknya, Anda mencoba mengoleskannya pada kulit terlebih dahulu sebelum membeli. Dengan demikian, Anda bisa terhindar dari risiko iritasi kulit akibat pemakaian oil yang tidak cocok.

Apa saja tips untuk memilih perfume oil?

Wewangian merupakan salah satu hal yang penting bagi kaum wanita. Saat menyebut wewangian, kita pasti langsung teringat pada perfume atau essential oil. Sebetulnya, ada satu lagi item wewangian yang saat ini diam-diam mencuri perhatian banyak orang yaitu perfume oil.

Sejarah perfume oil


Sejarah perfume oil

Kata perfume sebetulnya berasal dari bahasa latin per fumum yang artinya asap.

Manusia diketahui telah menggunakan wewangian sejak zaman dahulu. Orang Sumeria pada zaman Mesopotamia terbiasa mempersembahkan kayu wangi kepada dewa. Orang Mesir biasanya mengoleskan minyak wangi pada tubuh mayat raja sebelum dijadikan mumi.

Pada masa itu, manusia masih belum mengenal essential oil. Wewangian yang digunakan masih berupa pelepah kayu atau getah yang mengeluarkan aroma wangi. Mereka kemudian mengenal essential oil setelah seorang pandai besi muslim memperkenalkan cara untuk mengekstraksi dan menghasilkan essential oil.

Sebagai catatan tambahan, essential oil adalah ekstrak wewangian yang diambil dari tumbuhan. Aromanya berbeda tergantung dari bagian tanaman mana ekstrak itu diambil.

Apa sih perfume oil itu? Apa bedanya dengan essential oil dan perfume?


Meski banyak yang terpikat setelah mencobanya, perfume oil masih belum familier di Indonesia. Di samping itu, banyak orang yang belum bisa membedakan perfume oil dengan perfume ataupun essential oil. Untuk lebih memahaminya, mari kita langsung bandingkan saja perfume oil dengan perfume dan essential oil.

Yang membedakan dengan essential oil adalah tingkat kemurniannya


Berikut ini adalah perbedaan essential oil dengan perfume oil.

1. Essential oil adalah ekstrak aroma, sedangkan perfume oil adalah ekstrak aroma ditambah minyak

Essential oil adalah ekstrak aroma, sedangkan perfume oil adalah ekstrak aroma ditambah minyak

Essential oil, atau biasa juga disebut aroma oil, adalah ekstrak wewangian 100% murni tanaman atau buah-buahan. Sementara itu, perfume oil adalah campuran beberapa essential oil atau wewangian alami lainnya dengan minyak nabati untuk dinikmati aromanya atau diambil khasiatnya sebagai bahan kosmetik.

2. Essential oil tidak boleh diaplikasikan langsung ke kulit

Essential oil tidak boleh diaplikasikan langsung ke kulit

Perfume oil dapat diaplikasikan langsung ke kulit sebagai massage oil atau treatment oil karena telah mengandung minyak nabati. Sementara itu, pengaplikasian langsung essential oil dapat mengakibatkan iritasi pada kulit. Apabila Anda ingin mengaplikasikan essential oil ke kulit, Anda harus mencampurnya terlebih dahulu dengan carrier oil sampai konsentrasi essential oil-nya di bawah 1%.

Selain itu, saat ini telah banyak beredar essential oil imitasi atau oplosan yang dijual dengan harga murah. Anda harus benar benar jeli dan teliti dalam memilih essential oil, terutama apabila Anda bermaksud mengaplikasikannya ke kulit.

Yang membedakan perfume dengan perfume oil adalah kandungan alkoholnya


Kita tidak boleh melupakan perfume saat membicarakan tentang wewangian. Lalu, apa yang membedakan perfume dengan perfume oil?

1. Ciri khas perfume adalah penyebarannya

Ciri khas perfume adalah penyebarannya

Perbedaan paling mendasar antara perfume dengan perfume oil adalah penggunaan alkoholnya. Alkohol yang merupakan base dari perfume, adalah bahan yang sangat mudah menguap, menyerap aroma yang dicampurkan, kemudian menyebarkannya dengan baik. Sayangnya, bagi pemilik kulit sensitif, alkohol pada perfume dapat menyebabkan gejala iritasi seperti gatal dan kemerahan. Dengan demikian, perfume terkesan memilih si pemakai.

Alkohol juga bereaksi dengan bau tubuh alami si pemakai sehingga aroma yang dihasilkan perfume tidak akan sama bagi semua orang. Selain menguap dan menyebar dengan cepat, ciri khas lainnya adalah aroma perfume cenderung menyengat saat disemprotkan, namun tidak bertahan lama.

2. Ciri khas perfume oil adalah aromanya lembut dan tahan lama

Ciri khas perfume oil adalah aromanya lembut dan tahan lama

Tidak seperti perfume yang menggunakan alkohol, perfume oil menggunakan minyak nabati sebagai pelarutnya. Karena itu, perfume oil sejak dahulu banyak digunakan di negara mayoritas muslim yang melarang penggunaan alkohol. Selain itu, kandungan minyak nabati dalam perfume oil juga bermanfaat untuk menjaga kecantikan dan kelembapan kulit. Jadi, perfume oil banyak digemari oleh wanita di negara tropis atau negara beriklim kering.

Selain itu, minyak nabati dalam perfume oil tidak akan bereaksi dengan bau tubuh sehingga keharumannya akan sama bagi semua orang. Minyak nabati juga menghambat penguapan essential oil yang membuat keharuman perfume oil menjadi lebih tahan lama.

Seperti halnya kopi, teh, atau perfume, pemilihan perfume oil sangat bergantung pada selera Anda. Pilihlah aroma yang paling sesuai dengan selera Anda dengan tetap memperhatikan kualitasnya.

Namun, bagi Anda yang baru akan mencoba dan masih bingung memilih, kami akan menyampaikan beberapa poin yang bisa dijadikan pertimbangan saat memilih perfume oil.

Pilih berdasarkan aromanya


Poin penting dalam memilih perfume oil tentu saja aromanya. Anda bisa mulai memilih dengan menentukan aroma tipe floral, citrus, atau oriental seperti di bawah ini.

1. Mawar, primadona aroma floral

Mawar, primadona aroma floral

Mawar telah dikenal sejak dahulu sebagai bahan wewangian yang mahal dan mewah. Dibutuhkan sedikitnya lima puluh kelopak bunga untuk satu tetes ekstrak aroma sehingga membuat aroma mawar begitu berharga. Selain mawar, bunga yang juga memiliki tingkat ekstraksi rendah adalah neroli, jasmin, dan melissa.

Ada banyak jenis mawar yang digunakan sebagai bahan wewangian, salah satunya adalah damask rose. Aroma mawar, yang dipercaya dapat menghadirkan perasaan tenang dan bahagia, sangat cocok digunakan untuk mengembalikan energi ketika Anda merasa down atau saat ingin tampil feminin dan glamor.

2. Bergamot, aroma citrus yang paling populer

Bergamot, aroma citrus yang paling populer

Dibandingkan aroma tipe citrus lainnya, seperti lemon, orange, atau mandarin, bergamot merupakan aroma yang paling populer. Aromanya yang segar khas tipe citrus, namun sekilas berkesan manis, membuat bergamot memiliki penggemar setia baik dari kalangan baik pria maupun wanita. Aroma bergamot juga dapat menghadirkan perasaan rileks sehingga cocok digunakan saat Anda ingin refreshing dari segala kepenatan.

4.Aroma oriental? Sudah pasti sandalwood

Aroma oriental? Sudah pasti sandalwood

Sandalwood adalah yang paling banyak dikenal di antara aroma tipe oriental. Aroma ini dikenal juga dengan nama cendana dan sering dikaitkan dengan kuil. Anda dapat memadukan sandalwood dengan cengkih, pala, atau amber untuk mendapatkan aroma oriental yang eksotis dan misterius.

Pilih berdasarkan fungsinya


Secara umum, pemakaian perfume oil dapat dibagi menjadi dua yaitu pemakaian untuk seluruh tubuh atau titik tertentu.

1. Perfume oil dapat digunakan sebagai minyak pijat atau massage oil

Perfume oil dapat digunakan sebagai minyak pijat atau massage oil

Perfume oil kemasan besar dengan campuran minyak nabati tinggi dapat digunakan sebagai massage oil atau treatment oil untuk seluruh tubuh. Produk ini dapat digunakan dari ujung rambut hingga ujung kaki. Perfume oil jenis ini cocok bagi Anda yang ingin menikmati aroma sekaligus mengambil manfaat dari kandungan minyak nabati yang digunakan sebagai base oil pada perfume oil tersebut.

Tidak semua produk perfume oil dapat digunakan untuk wajah. Periksalah dan pastikan terlebih dahulu sebelum Anda mengaplikasikannya ke kulit wajah.

2. Perfume oil dapat dipakai sebagai pengganti perfume

Perfume oil dapat dipakai sebagai pengganti perfume

Perfume oil yang dijual dalam kemasan kecil berukuran 10 ml atau kurang biasanya digunakan sebagai pengganti perfume. Anda dapat mengoleskannya di titik-titik tertentu, seperti pergelangan tangan, leher, atau daun telinga, kemudian menikmati aromanya.

Pilih berdasarkan khasiatnya


Anda juga bisa memilih perfume oil berdasarkan minyak nabati yang digunakannya sebagai base oil. Setiap base oil memiliki kandungan dan khasiat yang berbeda.

1. Jojoba oil untuk menjaga kelembapan dan mengencangkan kulit

Jojoba oil untuk menjaga kelembapan dan mengencangkan kulit

product.rakuten.co.jp

Jojoba adalah salah satu tumbuhan yang kuat terhadap panas tinggi dan kekeringan, serta banyak tumbuh di wilayah gurun, seperti Kalifornia Selatan, Arizona, dan Meksiko. Oleh sebab itu, jojoba memiliki stabilitas oksidasi yang tinggi, tidak mudah rusak, dan tahan disimpan untuk jangka waktu yang lama.

Jojoba oil sangat mudah diserap karena kaya akan wax ester yaitu zat yang juga banyak terkandung dalam kulit ari manusia dengan proporsi sebesar 20-30%. Jojoba oil berkhasiat untuk melembapkan dan menjaga elastisitas kulit.

2. Argan oil sebagai antioksidan dan anti-aging

Argan oil sebagai antioksidan dan anti-aging

Argan oil, yang sering dijuluki anti-aging oil, kaya akan asam folat, vitamin E, dan zat antioksidan yang sangat berguna untuk menghambat penuaan dini. Argan oil sangat nyaman dipakai, meresap dengan baik, dan tidak lengket di kulit. Selain itu argan oil juga dapat mengatasi masalah rambut kusut dan bercabang tanpa membuat rambut menjadi lepek.

Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif atau masalah dengan jerawat, Anda harus berhati-hati dalam menggunakan argan oil karena mengandung asam oleat. Kandungan asam oleat berlebih dalam tubuh dapat merangsang bakteri penyebab jerawat. Namun, kekurangan asam oleat pun akan menjadi pemicu timbulnya jerawat.

3. Coconut oil untuk kulit lebih cerah, kencang, dan lembut

Coconut oil untuk kulit lebih cerah, kencang, dan lembut

Coconut oil semakin dikenal sebagai minyak nabati yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan dan kecantikan. Banyak artis Hollywood yang menggunakan coconut oil sebagai salah satu treatment untuk menjaga kecantikan mereka. Coconut oil kaya akan vitamin E yang sangat efektif untuk melembapkan kulit dan menghambat penuaan dini.

Vitamin E yang terkandung dalam coconut oil dapat meresap dengan baik ke dalam kulit, melembutkan, serta melembapkan kulit dari dalam. Selain itu, vitamin E juga berfungsi sebagai antioksidan yang dapat mencegah kulit menjadi keriput dan kusam.

4. Rice bran oil untuk perlindungan sinar UV

Rice bran oil untuk perlindungan sinar UV

Bagi Anda yang khawatir dengan masalah kulit akibat paparan sinar UV, rice bran oil bisa menjadi solusinya. Rice bran oil memiliki kandungan γ-olisanol yang tidak dimiliki oleh jenis minyak nabati lain. Kandungan ini dapat melindungi kulit dari paparan sinar UV, mencegah timbulnya flek, keriput, kusam, dan kulit kering. Minyak ini sangat cocok digunakan bagi Anda yang sering beraktivitas di luar rumah.

Rice bran oil juga mengandung tocotrienol yang disebut-sebut sebagai supervitamin. Selain itu, rice bran oil juga mengandung asam ferolat yang dapat membuat kulit menjadi lebih lembap dan kenyal.

5. Almond oil, sunflower oil, kukui nut oil, minyak nabati dengan khasiat pelembap yang tinggi dan anti-inflamasi

Almond oil, sunflower oil, kukui nut oil, minyak nabati dengan khasiat pelembap yang tinggi dan anti-inflamasi

Almond oil, sunflower oil, dan kukui nut oil merupakan minyak nabati yang memiliki daya lembap tinggi serta anti-inflamasi yang dapat mencegah peradangan pada kulit. Minyak-minyak ini sangat cocok digunakan sebagai perawatan kulit setelah terbakar sinar matahari. Selain itu, almond oil juga berkhasiat memberikan efek whitening pada kulit.