Apa saja tips penting yang dilakukan sebelum ke Gunung Bromo?

Gunung Bromo
Siapa yang belum pernah ke Bromo? Bagi para pecinta alam, Gunung Bromo adalah salah satu destinasi yang wajib dikunjungi minimal sekali dalam seumur hidup. Apa saja tips penting sebelum ke Gunung Bromo?

  1. Akses Menuju Bromo

Buat main ke Gunung Bromo, kamu bisa transit di Kota Malang. Dengan rute Malang-Tumpang-Gubugklakah-Ngandas-Jemplang-Bromo, kamu butuh 2,5 jam perjalanan. Rute ini menjadi favorit di kalangan wisatawan ketimbang melalui Surabaya-Probolinggo. Meski medannya cukup terjal, pemandangan alam yang tersaji di sini siap memanjakan kamu.

  1. Antisipasi Udara Dingin

Dengan ketinggian 2.329 mdpl, Gunung Bromo memiliki suhu di bawah 10 derajat Celcius. Jadi, buat kamu yang nggak biasa dingin, temperatur udara Bromo bisa jadi bumerang. Nah, untuk mengantisipasinya, kamu wajib membekali diri dengan jaket tebal, syal, sarung tangan hingga inhealer bagi yang memiliki asma.

  1. Hindari Sneaker

Sangat disarankan, bagi kamu yang ingin main ke Gunung Bromo, entah untuk mendaki ke puncak atau hanya main ke Pasir Berbisik, untuk menggunakan sepatu boot maupun hiking. Kontur yang berbatu dan terjal bakal merusak sepatu model sneaker. Bahkan, jika kamu memutuskan bersendal, bukan nggak mungkin kaki kamu bakal terluka.

  1. Pentingnya Kacamata dan Maske

Berbeda dengan gunung lainnya, Bromo memiliki hembusan angin yang bercampur dengan pasir. Sehingga, akan sangat menganggu jika kamu memiliki alergi terhadap debu. Iritasi mata pun bisa muncul jika kamu nggak berhati-hati. Makanya, dianjurkan untuk membawa kacamata pelindung serta masker selama berada di sana.

  1. Sedia Makan Sebelum Lapar

Kawasan wisata Gunung Bromo memang sudah dijejali banyak pedagang makanan. Mulai dari warung indomie hingga kedai sate ayam, tinggal pilih! Tetapi, jika kamu ingin menghemat, silahkan mampir ke beberapa minimarket di kawasan Jemplang atau Ngandas. Bekali diri kamu, minimal dengan roti sobek atau bubur instan buat menjaga stamina. Jangan sampai menunggu lapar, deh!

  1. Tenda Rainfly

Jika ada niat menikmati sunrise di kawasan Puncak B29, Gunung Bromo, maka kamu harus bermalam. Untuk itu, kamu harus menyediakan tenda, minimal menyewa. Nah, tenda yang cocok buat kamu dirikan di Gunung Bromo adalah yang memiliki rainfly (pengait pada keempat sudut). Hal ini berguna menjaga tenda tetap aman berdiri meski diterjang angin kencang.

  1. Jangan Lupa Sunscreen

Sinar matahari yang jatuh di puncak gunung ternyata bisa bikin kulit rusak. Demi mengantisipasi hal tersebut, maka kamu wajib mengolekskan tubuh dengan sunscreen atau tabir surya. Tugas dari tabir surya ini adalah menyerap radiasi UV sehingga nggak merusak lapisan kulit.