Apa saja tips menyamarkan jerawat dengan makeup?

Kebanyakan jerawat bisa diatasi dengan obat yang dijual bebas atau obat resep, bahkan menghilang dengan sendirinya. Sementara itu bisa melakukan cara untuk menyamarkan jerawat menggunakan makeup.

  1. BERSIHKAN DAN GUNAKAN PELEMBAP YANG SESUAI
    Selalu mulai merias wajah di atas kulit yang sudah bersih. Jangan lupakan pelembap yang sesuai dengan kulit Anda. Pilih yang tak mengandung fragrance, berlabel non-comedogenic, dan dengan formula water-based. Jangan lupakan pemakaian tabir surya juga. Atau, Anda juga bisa menggunakan pelembap yang sudah mengandung tabir surya demi kepraktisan. Tabir surya tidak akan menyebabkan jerawat, kecuali jika mengandung bahan kimiawi seperti Para-Amino Benzoic-Acid (PABA) atau Benzophenone.

  2. SIAPKAN KUAS ATAU SPONS
    Anda bisa menggunakan jari bersih untuk aplikasi riasan wajah. Namun, Anda juga bisa menggunakan bantuan alat-alat rias, seperti kuas atau spons. Pastikan kuas atau spons Anda sudah bersih ya, karena jerawat juga bisa disebabkan bakteri yang terdapat dalam kuas atau spons tersebut. Spons seperti beautyblender bisa membantu meratakan foundation pada kulit wajah Anda. Bagi yang ingin mencoba memakai kuas, tips dari beauty vlogger Jess Bunty ini bisa dicoba: Pilih stippling brush untuk Anda yang menggunakan foundation cair dan gunakan dengan gerakan memutar. Kuas jenis ini memastikan concealer Anda tak terhapus ketika aplikasi foundation.

  3. GUNAKAN PRIMER
    Setelah pelembap Anda meresap sempurna, saatnya menggunakan primer. Tahapan ini berguna untuk memperhalus tampilan kulit serta mengunci riasan agar tahan lama. Anda bisa menggunakan primer di seluruh wajah atau hanya di atas jerawat untuk mengunci pemakaian concealer. Namun perhatikan juga bahan kandungan dari primer yang akan Anda gunakan, ya. Hindari primer yang mengandung silicon karena dapat menyumbat pori-pori kulit sehingga menimbulkan jerawat.

  4. SAPUKAN CONCEALER
    Sebelum menyapukan concealer di atas jerawat, pastikan primer Anda sudah meresap. Sapukan dengan gerakan “X” untuk menutupi jerawat dari berbagai arah. Jika Anda menggunakan jari, hindari menggosok concealer karena akan menyebabkan aplikasi yang berantakan. Untuk meratakannya, tepuk-tepuk saja secara perlahan sampai tidak terlihat lagi garis jelas bekas polesan concealer.

  5. BAURKAN FOUNDATION
    Bagi Anda yang memiliki jerawat, hindari foundation dengan tekstur yang tebal seperti stick atau cream foundation. Anda bisa memilih liquid atau powder foundation. Jika Anda suka menggunakan liquid foundation, gunakan bedak bertekstur matte untuk tahapan akhir. Sedangkan bagi Anda yang menggunakan powder foundation, gunakan concealer dulu sebelumnya hanya di bagian kulit yang berjerawat. Setelah concealer telah membaur dengan kulit, pakai powder foundation secara merata. Sapukan tipis-tipis terlebih dahulu dan lihat hasilnya. Jika coverage pada bauran pertama masih tak cukup, Anda bisa melapisinya lagi.

Sumber