Apa saja tips memilih eyeliner brush/kuas eyeliner?

memilih eyeliner brush/kuas eyeliner

Terkadang brush bawaan dari eyeliner kurang memberikan hasil yang lebih, maka diperlukan eyeliner brush/kuas eyeliner tersendiri.

Apa saja tips memilih eyeliner brush/kuas eyeliner?

Banyak orang menggunakan kuas bawaan atau pen yang melekat di ujung produk eyeliner saat mengaplikasikan eyeliner. Namun, ternyata menggunakan kuas eyeliner secara terpisah dapat memberikan perbedaan yang signifikan pada hasil riasan mata. Di bawah ini akan membahas tips memilih kuas eyeliner .

Apa saja yang perlu diperhatikan saat memilih kuas eyeliner? Pilih kuas eyeliner berdasarkan bentuk permukaan bulunya, jenis bulunya, dan berdasarkan tipe eyeliner yang Anda miliki. Cek poin-poin di bawah ini.

Perhatikan bentuk ujung kuasnya!


Kuas eyeliner memiliki beberapa tipe yang dapat terlihat dari bentuk ujung bulunya. Bentuk kuas rupanya akan memengaruhi garis eyeliner yang dapat Anda ciptakan, lho!

1. Kuas bundar/ round brush: Garis eyeliner jadi lebih tebal

Kuas bundar/round brush: Garis eyeliner jadi lebih tebal

Jika Anda ingin membuat garis dengan ketebalan yang pas, gunakan kuas dengan ujung yang agak membulat. Tergantung sudutnya, Anda dapat melukis garis eyeliner yang tebal atau tipis dengan mudah. Bentuk kuas bundar ini dikenal nyaman dan mudah diaplikasikan. Di sisi lain, jika Anda ingin melukis garis yang sangat halus dan presisi, sebaiknya Anda memilih kuas dengan ujung yang runcing. Namun, kuas bulat juga mampu membuat garis yang jelas. Untuk itu, periksalah bentuk kuas yang sesuai dengan keinginan Anda.

2. Kuas datar dengan kemiringan/angled flat brush: Lebih mudah menggaris kelopak mata

Kuas datar dengan kemiringan/angled flat brush: Lebih mudah menggaris kelopak mata

Kuas dengan tipe permukaan ujung yang datar, tetapi memiliki kemiringan, dapat menciptakan garis eyeliner yang rapi dan sejajar dengan garis mata. Oleh karena itu, para pemula makeup sekalipun dapat menggunakan kuas tipe ini untuk membuat garis eyeliner yang rapi dan presisi.

Anda juga dapat menggunakan bagian runcing atau bagian sudut kuas datar ini untuk membuat tarikan garis tipis. Jika Anda belum pernah menggunakan kuas eyeliner sebelumnya, kuas berbentuk datar ini dapat dicoba.

3. Kuas yang meruncing tipis/pointed: Untuk mengisi celah di antara bulu mata

Kuas yang meruncing tipis/pointed: Untuk mengisi celah di antara bulu mata

Apabila Anda ingin membuat garis tipis di kelopak mata atau mengisi area celah bulu mata sedetail mungkin, gunakan kuas meruncing yang sangat halus ini.

Dibutuhkan sedikit keahlian untuk menggambar garis lurus yang tipis, tetapi kuas berujung lancip sangat mampu mengisi bagian kelopak mata dan bulu mata yang sempit. Jika ingin membuat garis eyeliner yang lebih menawan, Anda dapat mengisi garis bulu mata dengan kuas tipe ini. Setelahnya, gunakan kuas eyeliner lainnya untuk menyelesaikan keseluruhan garis kelopak mata.

4. Supaya mudah menggaris kelopak mata, pilih kuas dengan bulu yang kaku, tetapi tetap elastis


Supaya mudah menggaris kelopak mata, pilih kuas dengan bulu yang kaku, tetapi tetap elastis

Kuas yang terbuat dari bulu kambing atau bulu hewan lainnya memiliki tekstur yang kaku. Dengan demikian, Anda dapat dengan mudah menggambar garis tanpa penekanan. Umumnya, kuas eyeliner dengan ujung bulu yang lunak tidak mudah diaplikasikan. Selain itu, kuas yang terlalu lunak membuat Anda cenderung menggaris eyeliner dengan penekanan yang terlalu kuat. Hal ini dapat melukai kulit mata Anda. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda memilih kuas dengan tekstur bulu yang kaku, tetapi tetap elastis.

Pilih bulu kuas yang lembut di kulit


Pilih bulu kuas yang lembut di kulit

Meski kami menyarankan bulu kuas yang kaku di poin sebelumnya, tetapi Anda perlu memilih bulu kuas yang lembut dan ramah di kulit. Menggaris mata memang jauh lebih mudah dengan kuas berbulu kaku. Namun, kuas yang berbulu kaku juga dapat menyakiti kulit Anda. Jika demikian, tentunya akan sulit membuat garis eyeliner yang indah.

Tergantung pada jenis kulit Anda, rasa tidak nyaman mungkin akan Anda rasakan. Untuk Anda yang memiliki kulit mata yang sensitif, periksalah terlebih dahulu ulasan produk kuas eyeliner yang ingin Anda beli. Selain itu, kami merekomendasikan kuas dari bulu kambing yang memiliki elastisitas kuat dan ramah di kulit.

Pilih kuas eyeliner yang cocok dengan jenis produk eyeliner


Eyeliner terdiri dari beberapa jenis, seperti gel, liquid, powder, dan lainnya. Untuk hasil makeup mata terbaik, Anda perlu memilih kuas eyeliner yang cocok dengan jenis produk eyeliner tersebut.

1. Untuk produk powder eyeliner, pilih kuas berbulu alami

Untuk produk powder eyeliner, pilih kuas berbulu alami

Eyeliner berbentuk bubuk atau powder dapat diaplikasikan dengan lebih indah jika Anda menggunakan kuas bertekstur kaku yang cocok digunakan sebagai kuas bedak. Jika material bulu kuas sulit mengangkut bubuk, warna eyeliner tidak akan mencolok dan terlihat samar di kulit. Kuas bulu kambing dikenal mampu mengangkut bubuk. Tekstur dan rasa nyaman kuas ketika menyentuh kulit Anda cocok digunakan untuk powder eyeliner.

2. Untuk produk liquid eyeliner dan gel eyeliner, pilih kuas berbulu sintetis

Untuk produk liquid eyeliner dan gel eyeliner, pilih kuas berbulu sintetis

Eyeliner berbentuk gel atau cair sedikit lebih sulit diaplikasikan dibandingkan bentuk bedak. Hal ini disebabkan karena eyeliner cair dan gel sangat mudah luntur. Karena itu, kami merekomendasikan kuas berbulu sintetis yang tahan air dan kotoran. Kuas ini lebih tahan terhadap air dibandingkan kuas berbulu alami sehingga tidak mudah rusak meski Anda sering mencucinya.

Kuas berbulu alami cenderung lebih mudah digunakan. Namun, terdapat banyak kuas berbulu sintesis dengan bahan terbaik yang mampu menghasilkan riasan eyeliner setara dengan kuas alami. Selain itu, kuas sintetis juga sangat mudah dibersihkan.

Supaya awet, cuci dan rawat kuas Anda dengan baik!


Supaya awet, cuci dan rawat kuas Anda dengan baik!

Perawatan yang baik membuat kuas eyeliner Anda lebih awet. Tergantung jenis eyeliner, Anda mungkin harus mengusap kuas dengan tisu setelah digunakan, terutama setelah Anda menggunakan eyeliner gel. Eyeliner gel membuat bulu kuas eyeliner Anda mengeras jika dibiarkan terlalu lama. Selain itu, jika Anda mencucinya dengan pembersih kuas khusus (brush cleaner) atau makeup remover jenis cair, Anda lebih mudah membersihkan kotoran yang menumpuk.

Namun, kuas berbulu alami akan lebih cepat rusak jika terlalu sering dicuci dengan pembersih. Maka dari itu, bersihkanlah secara berkala. Jika Anda menggunakan powder eyeliner, segera bersihkan kuas dari bubuk yang menempel setelah digunakan. Lalu, bersihkan dengan brush cleaner dan makeup remover secara berkala.