Apa saja tips memelihara ikan Tiger Fish ?

Tigerfish

Tigerfish adalah ikan yang berasal dari, aliran sungai dan anak sungai tropis di Indonesia dan Thailand. Tigerfish sangat populer di kalangan penghobi akuarium karena warnanya yang seperti harimau dan tipe tubuh yang unik.

Apa saja tips memelihara ikan Tiger Fish ?

Tidak seseram namanya, tiger fish ternyata mempunyai perangai yang tidak agresif. Ikan ini akan hidup rukun manakala ditempatkan bersama-sama dengan ikan-ikan lain di dalam sebuah akuarium. Kuncinya adalah ikan yang akan menjadi tempat tiger fish harus berukuran lebih besar atau minimal ukuran posturnya sama. Dengan begini, dijamin deh akuarium Anda akan dipenuhi oleh ikan-ikan hias dengan tiger fish sebagai primadonanya.

Akuarium
Sayangnya tiger fish susah dirawat. Kemampuan beradaptasi ikan ini terhitung cukup rendah, kendati daya tahan tubuhnya sangat bagus. Ia sulit menyesuaikan diri terhadap kondisi lingkungan barunya sehingga tingkat kematangan gonadnya sulit untuk dicapai. Perbedaan antara tiger fish jantan dan betina pun tidak terlalu mencolok. Satu-satunya metode yang dapat ditempuh untuk mengetahui jenis kelamin seekor ikan tiger ialah mengurut perutnya perlahan-lahan menuju ke bagian dubur. Tiger fish jantan akan mengeluarkan sel sperma dan tiger fish betina akan mengeluarkan sel telur.

Sebagai ikan hias yang memiliki keindahan dari sudut pandang samping, tiger fish paling cocok ditempatkan di dalam akuarium. Namun Anda tetap boleh memeliharanya di dalam kolam tanah, kolam semen, atau kolam fiber. Semakin besar ukuran wadah pemeliharaan ikan tiger akan semakin bagus sehingga memungkinkan ikan ini dapat bergerak lebih leluasa. Kemudian pasang beberapa peralatan standar untuk akuarium seperti filter dan aerasi. Selalu gunakan air yang memiliki pH normal untuk mengisi akuarium.

Persembunyian

Sekali lagi kami ingatkan bahwa ikan tiger cukup sulit untuk dijinakkan. Belum banyak petani yang berhasil membudidayakan ikan hias yang satu ini. Kemungkinan besar tiger fish milik Anda ditangkap langsung dari alam liar. Untuk mendukung proses penjinakan tiger fish, Anda bisa menutup tangki pemeliharaan terlebih dahulu lalu membukanya sedikit demi sedikit. Alternatif lain cobalah menanam beberapa tumbuhan air di tangki sebagai tempat persembunyian ikan. Hal ini dilakukan supaya ikan dapat beradaptasi dengan baik dan tidak mengalami stres.

Pakan

Mulailah memberikan pakan alami kepada tiger fish kepunyaan Anda. Beberapa pakan yang kami rekomendasikan di antaranya ikan-ikan kecil, udang, dan cacing sutera. Setiap memberikan pakan, amati tingkah laku tiger fish tersebut apakah ia mau memakannya atau tidak. Setelah beberapa hari kemudian, Anda bisa mengajari ikan tersebut supaya mau mengonsumsi pelet. Selain lebih ekonomis dan praktis, pelet juga mengandung nutrisi yang lebih lengkap untuk mendukung pertumbuhan ikan.

Sumber