Apa Saja Tips Memanfaatkan Greek Yogurt untuk Rambut dan Wajah?

Greek yogurt adalah yogurt yang melewati tiga kali proses penyaringan untuk mengurangi kadar airnya, sehingga menghasilkan tekstur yang lebih kental, antara yogurt dan keju. Rasanya asam khas yogurt. Lalu, bagaimana cara memanfaatkan Greek Yogurt dalam kecantikan?

Greek yogurt untuk wajah
Greek yogurt adalah pelembap yang bagus untuk kulit Anda. Greek yogurt mengandung asam laktat, asam alpha hidroxy yang membantu memperbaiki kulit kering dan kasar dan mencegah penuaan dini seperti garis halus, keriput, dan flek hitam.

Asam laktat membantu melarutkan sel kulit mati yang menumpuk dalam pori wajah, penyebab wajah terlihat kusam dan gelap. Selain itu, asam laktat juga berfungsi untuk mengecilkan pori dan membuat tampilan wajah lebih muda.

Gunakan jenis yogurt polos tanpa tambahan pengawet dan gandum untuk membuat scrub wajah. Aduk dan ratakan adonan ke seluruh wajah Anda. Pijat wajah dengan gerakan memutar dan diamkan selama 15 menit. Bilas dengan air dingin. Alternatifnya, Anda bisa mengoleskan greek yogurt polos ke seluruh wajah dan biarkan selama 20 menit sebelum membilasnya dengan air hangat. Untuk meratakan rona wajah, diamkan masker selama 40 menit. Untuk perawatan jerawat, gosokkan greek yogurt polos langsung ke area jerawat atau tempat-tempat yang rentan terkena jerawat. Diamkan semalaman, cuci muka dengan air dingin di pagi hari.

Greek yogurt untuk rambut
Yogurt, apapun jenisnya, kaya akan protein. Protein adalah mineral penting yang dibutuhkan oleh pertumbuhan rambut sehat. Oleskan greek yogurt polos ke rambut dan kulit kepala Anda, Bungkus rambut dengan handuk hangat atau shower cap, biarkan yogurt selama 30 menit hingga benar-benar meresap. Kemudian, cuci rambut Anda seperti biasa.

Properti pelembap dalam yogurt juga bisa Anda manfaatkan sebagai kondisioner alami, pengganti produk botolan yang mengandung bahan aktif berbahaya. Ke dalam sebuah mangkuk, tuangkan greek yogurt polos, gel lidah buaya, dan minyak kelapa secukupnya. Aduk adonan hingga rata. Aplikasikan kondisioner alami ini ke batang rambut Anda, mulai dari tengah hingga ke ujungnya. Diamkan selama 1 jam. Bilas menggunakan shampoo ringan.

Untuk mengatasi rambut rontok, gunakan setengah mangkuk greek yogurt polos yang dicampur dengan santan. Aplikasikan ke seluruh rambut dan diamkan selama kurang lebih 30 menit. Bilas dengan shampoo ringan. Untuk menguatkan rambut, campurkan greek yogurt polos dengan beberapa tetes jus lemon. Aplikasikan ke kulit kepala dan diamkan selama beberapa saat. Bilas hingga bersih.

Sumber: