Apa saja tips khusus untuk kucing yang akan ikut kontes?

kucing

Apa saja tips khusus untuk kucing yang akan ikut kontes?

1. Biasakan kucing dikurung di dalam kandang

Apabila kucing belum pernah mengikuti kontes, latihlah kucing agar terbiasa dikurung dalam kandang (Baca juga Kandang yang Baik untuk Kucing), seperti yang digunakan pada saat kontes. Secar bertahap, latihlah kucing agar dapat dikurung hingga 8 jam lamanya, karena pada saat kontes berlangsung kucing akan dikurung dalam kandangnya masing-masing selama kurang lebih 8 jam.

2. Latih kucing agar terbiasa di dalam kendaraan

Karena jarak antara rumah dan tempat kontes biasanya relative jauh, maka latihlah kucing agar terbiasa bepergian jauh. Ini pun harus dilakukan secara bertahap, hingga akhirnya memenuhi perkiraan jarak dan waktu tempuh perjalanan.

3. Biasakan kucing agar mau dipegang orang

Ini sangat penting karena pada saat kontes, juri melakukan penilaian dengan memegang kucing. Oleh sebab itu, kucing harus mau dipegang oleh selain tuannya.

4. Beri nutrisi sebelum kontes

Untuk menjaga agar status kesehatan kucing berada dalam kondisi terbaik, pemberian nutrisi yang baik harus dilakukan setidaknya 40 hari sebelum kontes dilaksanakan. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah terjadi reaksi pascavaksinasi yang tidak diinginkan, yang mungkin timbul pada saat kontes berlangsung.

5. Grooming

Kebersihan dan keindahan bulu kucing juga harus dijaga, Grooming dapat dilakukan 2 minggu sebelum kucing mengikuti kontes dan sehari sebelum kontes berlangsung.

6. Siapkan semua perlengkapan kucing

Pada hari berlangsungnya kontes, jangan lupa untuk membawa semua perlengkapan kucing, seperti tempat buang air, tempat pakan dan minum, selimut, peralatan grooming, kalung untuk memasang tanda peserta, dan beberapa mainan yang disukai oleh kucing.

Selain itu, hal-hal lain yang juga perlu anda perhatikan adalah sebagai berikut :

  1. Pertama dan utama, jadwal dan peraturan yang telah dibuat oleh panitia harus dibaca dengan teliti dan berusahalah untuk mematuhi setiap jadwal dan peraturan tersebut.

  2. Pada saat kucing memasuki arena kontes, pastikan agar nomor peserta terpasang di kalung leher kucing dengan nyaman. Apabila diharuskan, nomor peserta dapat dipasang di depan kandang sebagai gantinya.

  3. Untuk mengamankan kandang kucing dari kontaminasi agen penyakit, dapat dilakukan penyemprotan disinfektan yang tidak berbahaya bagi kucing ke permukaan kandang.

  4. Pada saat juri sedang melakukan penilaian, anda tidak boleh berdiri di dekat kandang karena hal ini dapat menyebabkan anda didiskualifikasi.

  5. Apabila terjadi hal yang tidak diinginkan selama kontes, yakni kucing anda tiba menunjukkan gelagat yang tidak menyenangkan, seperti panik, marah, atau agersif, sebaiknya jangan melanjutkan kontes. Ada baiknya anda mengeluarkan kucing sejenak dari arena dan menghubungi panitia apakah memungkinkan untuk kembali mengikuti kelas yang lain. Namun, jika kucing terlalu stress, ada baiknya anda mengundurkan diri dari kontes dan membawa kucing pulang.

Referensi

http://hewanpeliharaan25.blogspot.co.id/2015/10/6-tips-sebelum-mengikuti-kontes-kucing.html