Apa saja tips dan trik bertransaksi yang aman ketika berbelanja secara online?

Masih banyak sekali kasus-kasus penipuan dalam transaksi online, dimana yang dirugikan bisa saja dari penjual mapun pembeli.

Apa saja tips dan trik bertransaksi yang aman ketika berbelanja secara online ?

1 Like

Pada dasarnya, Keamanan informasi pada Online Shopping sudah perlu kita antisipasi dan waspadai dengan baik. Tentu saja ada pihak-pihak yang melakukan kecurangan terhadap Online Shopping, Seperti pemalsuan barang yang dijual ataupun penipuan dari website resmi itu sendiri. Sebagai contoh kasus penipuan online sebelumnya yang terjadi pada sebuah Bank ternama di Indonesia yang ternyata website resmi yang dituju merupakan website palsu, sehingga banyak nasabah pada bank tersebut yang merasa dirugikan karena penipu berhasil mendapatkan pin ATM nasabah tersebut. Berikut bagaimana cara yang baik meminimalisir risiko yang terjadi dan menjaga keamanan informasi pada online shopping berdasarkan artikel di web emerchantpay yang membahas langkah-langkah mencegah risiko pada online shopping, diantaranya yaitu :

1. Pastikan Website yang anda kunjungi adalah website aslinya
Berdasarkan informasi yang saya berikan sebelumnya terkait website palsu seperti kejadian bank tersebut, tentu para pembeli yang ingin berbelanja online harus melihat website tersebut memang link website resmi atau tidak agar menghindari penipuan berbasis web. Pastikan website yang anda kunjungi merupakan website resmi dari toko tersebut.

2. Kebijakan dan Aturan
Pada dasarnya setiap website resmi tentu memiliki kebijakan-kebijakan tertentu dan juga undang-undang didalamnya. Pelajari aturan dan kebijakan yang dibuat sehingga pembeli bisa memastikan aturan pada toko online tersebut.

3. Testimoni
Pelajari testimoni-testimoni dari para pembeli sebelumnya yang menggunakan atau telah membeli barang pada website tersebut atau toko tersebut. Hal ini berguna untuk melihat pelayanan yang diberikan oleh toko tersebut dan juga produk yang dijual apakah memang bagus atau tidak.

4. Sistem Pembayaran
Untuk para pembeli online, pastikan juga sistem pembayaran yang digunakan oleh pihak toko online tersebut apakah sudah baik atau tidak, dan apakah no. rekening yang ditujukan apakah benar-benar atas nama pihak toko atau perseorangan yang memang menjual barang tersebut.

5. Cek Harga di Website lain
Tentu perlu juga kita perhatikan, terkadang disaat kita membeli sebuah produk atau barang dari setiap website memiliki nominal harga berbeda-beda. Untuk menghindari risiko penipuan kualitas barang, alangkah baiknya kita juga harus melihat harga normalnya atau setidaknya melihat dari berbagai referensi website/toko online yang menjual barang yang sama apakah harganya mirip-mirip atau malah berbeda jauh padahal disebutkan dideskripsi barang pada website yang berbeda kualitasnya sama.

6. Pastikan muncul informasi pembayaran (bagi pengguna kartu kredit)
Mungkin hal ini berlaku bagi para pembeli online menggunakan kartu kredit. Lebih baik dipastikan terlebih dahulu disaat melakukan pembayaran apakah akan mendapatkan informasi pembayaran atau tidak setelah melakukan transaksi menuju no.rekening yang benar. Sehingga tidak terjadi penipuan pembayaran.

Demikian bagaimana cara memanajemen risiko yang baik terhadap keamanan informasi pada online shopping. Mungkin kita lihat sekarang melakukan transaksi jual beli online sudah menjadi kegiatan umum dan lebih efektif. Akan tetapi perlu diperhatikan juga banyak sekali risiko-risiko yang mungkin terjadi baik dari penipuan, dan lain sebagainya. Harapannya adalah kita sebagai pengguna internet bisa lebih berhati-hati dan bijak dalam menggunakan sosial media atau bertransaksi online.

Sumber : https://www.emerchantpay.com/blog/how-tos/simple-steps-to-reduce-online-shopping-risks