Apa saja tips bersepeda di Hongkong yang menyenangkan?

tips bersepeda di hongkong

Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan di Hong kong salah satunya adalah bersepeda berkeliling kota. Wisata sepeda di Hong kong menjadi salah satu pilihan anti mainstream meskipun transportasi di kota ini sudah serba mudah dan modern.

Jika kamu memiliki banyak waktu travelling di Hong kong tidak ada salahnya untuk memilih satu hari saja dengan mengisi aktivitas kamu dengan bersepeda di Hong kong. Sebelum bersepeda di Hong kong ada beberapa tips yang perlu kamu ketahui.

Salah satunya adalah Rencanakan Rute dan Perjalanan. Penting sekali untuk merencanakan perjalanan kamu selama berada di Hongkong. Salah satu wisata bersepeda yang ditawarkan adalah dengan mengelilingi Tolo Harbour.

Perjalanan kamu bisa dimulai dari Sha Tin hingga ke Tai Mei Tuk. Ada beberapa tempat wisata gratis yang bisa kamu singgahi sembari bersepeda. Misalnya seperti menyusuri pinggiran sungai Shing Mun River sampai menjajal jalur sepeda di sekitar Hong Kong Science Park di Ma Liu Shui.

Jaraknya dari garis awal hingga garis akhir kurang lebih sekitar 22 kilometer yang dapat ditempuh dengan bersepeda dalam waktu kurang lebih antara 3 sampai dengan 4 jam saja.

Sesuaikan Jarak dengan Kemampuan. Bersepeda dengan jarak kurang dari 25 kilometer sudah merupakan jarak ideal. Namun jika memang kamu sudah terbiasa bersepeda di tanah air, kamu bisa melakukan rute round trip dengan begitu jarak tempuh semakin jauh hingga dua kali lipat.

Enaknya lagi, beberapa tempat rental atau sewa sepeda di Hong Kong sudah mengenal satu sama lain. Jadi, jika rute kamu one way kamu tidak perlu mengembalikan sepeda di tempat awal keberangkatan. Cukup menitipkan sepeda di tempat akhir tujuan. Yang penting kamu menginformasikan kepada pemilik rental sepeda.

Cek Perkiraan Cuaca Sehari Sebelumnya. Bagi wisatawan, cuaca sangat penting, apalagi jika kamu merencanakan bersepeda di Hong Kong. Setidaknya jika cuaca diperkirakan akan hujan, sebaiknya kamu menyiapkan jas hujan dan dry bag untuk menyimpan dokumen dan barang berharga tanpa khawatir takut kehujanan.

Pahami Aturan Sewa Sepeda di Hong Kong. Beberapa penyewaan sepeda memiliki harga yang berbeda-beda tergantung lokasi dan kondisi sepeda yang disewakan. Rata-rata harga sewa sepeda di Hong Kong berkisar antara $10 sampai dengan $20 Hong Kong Dollar perjam atau $80 perhari.

Beberapa rental sepeda biasanya ada yang meminta deposit. Jangan khawatir karena nanti uang deposit kamu akan dikembalikan. Biaya deposit memang cukup mahal karena disesuaikan dengan harga sepeda berkisar antara $300 dollar Hong Kong.

Penting juga untuk memahami beberapa aturan seperti cara pengembalian sepeda atau cara mendapatkan deposit kembali. Pahami juga jika kamu mengalami overtime terutama soal biaya tambahan yang disebabkan kelebihan waktu sewa sepeda.