Apa saja Tips bagi Mahasiswa yang baru masuk Perguruan Tinggi ?

mahasiswa baru

Sebagai mahasiswa baru, ada banyak hal yang berubah sejak kehidupan SMA, banyak hal yang baru pada masa awal kuliah, terkadang saya sebagai mahasiswa baru merasa kesulitan untuk membiasakan diri berada di perkuliahan.

Apakah ada beberapa cara agar saya dapat dengan mudahnya terbiasa dengan lingkungan kampus dalam waktu yang singkat ?

Tips yang jarang diketahui mahasiswa

Mahasiswa selalu mendengar tips yang mirip berulang kali seperti pentingnya mengikuti kelembagaan, berdiskusi, dan sebagainya. Namun ada beberapa beberapa bagian yang berguna dengan cara yang unik yang jarang dibicarakan. Berikut adalah beberapa diantaranya

  1. Jika kamu mempunyai minat di materi matematika, fisika murni, teknik dan beberapa ilmu terapan, sekaranglah waktu yang tepat untuk mengembangkannya
    Beberapa materi seperti sejarah, bahasa, bisnis, hukum dan seni sebenarnya dapat kamu pelajari lain kali melalui pendalaman diri atau pengalaman di dunia kerja, atau melalui pembelajaran intensif.

    Namun, ilmu STEM(Science, Technology, Engineering, and Mathematics) lebih baik diperdalam di perkuliahan di mana kamu mempunyai teman dan dosen yang dapat membantu kamu belajar mengatasi berbagai masalah. “If you don’t tackle them now, the odds are strongly against you ever doing so in the future”.

    Kamu tidak bisa hanya mempelajari hard skill mealui pembelajaran konvensional, yakni membaca. Ilmu STEM akan jauh lebih mudah untuk dipelajari di kelas dengan perlengkapan dan infrastruktur khusus. Serta ilmu ini baik diimplementasikan jika kamu ingin bekerja di bidang ini atau hanya sekedar pemenuhan keinginan. (Mark Binfield)

  2. Atur jadwal kegiatan kamu dengan baik, prioritaskan waktu produktif kamu untuk belajar
    Ketika orang lain umumnya menyarankan kamu untuk memenuhi kebutuhan kamu setelah belajar, namun pada akhirnya kamu pasti akan mendapatkan jadwal yang terbaik bagi kamu.

    “Jika kamu tergolong nokturnal, maka belajarlah pada malam hari, kamu harus bisa untuk tetap fokus selama periode itu karena mungkin saja hanya waktu itu saja dimana kamu bisa belajar dengan baik.”(Ben Jones)

    Bahkan ketika kamu merasa kamu berada pada masa produktif kamu berada saat beberapa jam sebelum batas akhir pengumpulan tugas, maka kerjakanlah dengan baik. Kamu tidak perlu mendengarkan bagaimana orang lain memandang kamu selama kamu nyaman dan mendapatkan hasil yang memuaskan.

    Setiap orang pasti memiliki jalannya tersendiri untuk menyelesaikan sebuah masalah, (Daniel Wetterson)

  3. Ambil lah kesempatan mu berada di perkuliahan untuk menjadi sebuah masa yang paling mengagumkan menurut kamu
    Kamu bisa berfikir dunia perkuliahan sebagai ‘masa inkubasi’, dimana kamu bisa mengembangkan kemampuan diri serta karakter kamu. Kamu cenderung tidak akan memiliki waktu dan materi yang cukup selama kamu berkuliah. Jadi tentukan pilihan kamu dan gunakan dengan bijak. (Ching To)

  4. Biarkan pintu kamar kamu terbuka
    Ini adalah salah satu cara agar kamu dapat menemui orang lain dan menunjukkan bahwa kamu orang yang mudah bergaul.

    “Better yet, walk into open doors you seen on your hall. Everyone is jus as scared as you are and will be exited to make new friends!” (Chelsea Hunersen)

    Anda tahu Bill Gates? Dia juga menerapkan hal yang serupa ketika ia kuliah.

  5. Fokus pada pertemanan kamu ketimbang pelajaranmu.
    Dengan berkembanya internet, kamu bisa mengakses segala kebutuhan belajarmu dari sana, kamu selalu bisa mempelajari sesuatu lain waktu. Namun, kamu mungkin tidak akan bisa mendapatkan kesempatan untuk dikelilingi orang orang yang memiliki pandangan, kemampuan, dan ilmu yang mirip dengan yang kamu punya, atau setidaknya sesuai dengan tujuan kamu setelah lulus kuliah nanti. Yang mana kamu bisa selalu terhubung setelah kamu membentuk pertemanan yang baik.

    Perkuliahan adalah tempat yang baik untuk membentuk pertemanan seumur hidup. Jadi manfaatkan waktu kamu dengan baik. (Rob Edell)

  6. Jangan menonton TV

    “Ketika kamu memiliki 400 hal yang kamu lakukan setiap detik nya setiap hari, menonton TV hanya akan membuang waktu kamu yang berharga dan menyia nyiakan uang orang tua kamu”(Jones).

    Jika kamu ingin menonton, maka ajaklah teman kamu sehingga kamu dapat menciptakan kenangan dan momen yang berharga dari itu. (Daniel Wetterson)

  7. Buat daftar lagu baru setiap bulannya.

    “Di perkuliahan, lebih dari apapun, musik akan mengikatkan dirinya ke dalam sebuah kenangan” (Jones).

    Sebisa mungkin kamu bisa membuat kombinasi beberapa lagu ke dalam satu daftar untuk membantu kamu mengingat potongan kehidupan kamu ketika lagu itu diputar. “sepuuh tahun yang akan datang, hal ini akan berguna sebagai sebuah jurnal yang akan membawa kamu kembali ke masa masa itu”
    Saran lain yang sangat membantu adalah dengan mengambil banyak foto atau video. Hal itu akan menarik untuk disimpan dan ditayangkan kembali di kemudian hari. (Daniel Wetterson)

Itulah sebagian dari beberapa hal yang mungkin kamu belum pernah mendengar nya namun dapat membantu kamu kedepannya

Refrensi :
Maggie Zhang – The Best Advice That College Students Never Hear

Kamu hanya mendapatkan pengalaman luar biasa dalam kuliah sekali dalam hidup kamu Terkadang pengalaman ini adalah yang terbaik dalam hidup kamu, dan di lain waktu, bahkan orang terkuat pun ingin menyerah dan menangis. kamu akan menemukan kurva belajar yang besar saat kamu beralih dari sekolah menengah ke perguruan tinggi.

Mungkin untuk pertama kalinya dalam hidup kamu, kamu hidup sendiri, membuat keputusan hidup yang penting, bertemu orang baru dan mencoba untuk memilih karir. Untuk melengkapinya, kamu masih remaja.

Saya di sini untuk berbagi dengan kamu sembilan hal yang saya ingin seseorang katakan kepada saya sebelum saya mulai kuliah:

  1. Jangan membeli buku di toko buku

    Toko buku Kampus mahal. Ya, toko buku kamu nyaman, tapi bila kamu berpikir berada di luar kotak toko buku, kamu bisa sangat menghemat buku teks. Lebih murah membeli buku kamu secara online. Beli buku kamu yang akan kamu gunakan di Amazon, jika memungkinkan. Pada akhir semester, kamu dapat kembali ke Amazon untuk menjual kembali buku kamu ke siswa yang sadar anggaran lainnya. Tip ini benar-benar akan menghemat ratusan dolar per semester. Gunakan tip ini untuk meregangkan anggaran kamu dan belanjakan penghematan pada belanjaan.

  2. Pahami nilai magang yang tidak dibayar

    Jika kamu lulus tanpa pengalaman kerja, pasar kerja akan sulit, tidak peduli seberapa bagus nilai kamu di perguruan tinggi. Pimpinan perusahaan suka mempekerjakan lulusan dengan beberapa pengalaman kerja terkait.

    Lakukan magang sebanyak yang bisa kamu temukan di bidang kamu, dan lakukan lebih awal. Ambil yang terbaik yang bisa kamu dapatkan dengan perusahaan yang paling terkemuka. Menambahkan magang yang baik ke resume kamu adalah cara terbaik untuk mendapatkan pekerjaan setelah kuliah.

  3. Terlibatlah di kampus

    Perguruan tinggi kamu akan memiliki banyak aktivitas yang bisa kamu ikuti. kamu akan menemukan segalanya mulai dari klub panjat tebing hingga klub manajemen keuangan. Bergabunglah dengan klub mana pun yang berhubungan dengan jurusan kamu, dan cobalah yang menyenangkan juga. Kamu akan bertemu orang-orang hebat dan membangun resume kamu pada saat bersamaan.

    Manfaatkan peluang ini, meski wisuda masih beberapa tahun lagi. Semakin dini kamu mulai berjejaring, semakin banyak koneksi yang akan kamu bangun - dan semakin besar kesempatan kamu untuk mendapatkan pekerjaan setelah kamu mendapatkan gelar.

  4. Pelajari sesuatu yang benar-benar kamu minati

    Kebanyakan orang tidak tahu apa yang ingin mereka lakukan setelah kuliah, dan itu sangat baik. Spesialisasi pun berlebihan.nIkuti kelas di beberapa mata pelajaran dan lihat apa yang kamu sukai.

    Jangan takut untuk beralih jurusan - ini lebih umum daripada yang kamu pikirkan, dan ini lebih mudah daripada mengalihkan karier. Dalam jangka panjang, kamu akan senang mengejar sesuatu yang kamu sukai.

  5. Keluar dari asrama untuk belajar

    Perpustakaan adalah tempat yang baik untuk belajar waktu karena kamu dapat lebih fokus saat orang lain juga belajar. kamu mungkin lebih suka kedai kopi atau kampus sebagai markas besar studi kamu.

    Cobalah berbagai lokasi untuk melihat apa yang terbaik bagi kamu. Jangan belajar di asrama atau apartemen kamu. Nilai kamu akan menderita jika kamu mencoba untuk belajar di tempat yang sama .

  6. Temukan cara untuk bertemu orang yang tidak akan kamu temui

    Perguruan tinggi adalah salah satu kesempatan terbaik dalam hidup kamu untuk bertemu orang baru dan menciptakan hubungan jangka panjang. Bertemu sebanyak mungkin orang dan tetaplah dekat dengan orang-orang yang penting.

    Tentu saja, teman baru akan membuat kuliah menjadi menyenangkan. Jaringan akan membantu kamu menemukan peluang kerja sama dengan (atau lebih dari) sekedar nilai bagus.

  7. Siapkan empat tahun ini untuk terbang

    Sebagai mahasiswa, mudah untuk terjebak dalam melewati kelas kamu. Tapi dengan semua fokus pada IPK, kamu mungkin akan kehilangan satu fakta sederhana: universitas adalah pengalaman sekali dalam seumur hidup.

    Anna, seorang mahasiswa Jerman berusia 22 tahun, mengatakan: "Pada tahun pertama kamu jauh dari orang tua kamu untuk pertama kalinya dan ada banyak hal yang mungkin kamu tidak cukup memusatkan perhatian pada studi kamu, dan kamu mungkin tidak berpikir nilai adalah hal yang penting di tahun pertama. “Untuk mengendalikan studi kamu sendiri, dan mengembangkan gaya belajar mandiri yang penting di universitas, Clara menyarankan:” Cobalah dan baca sekitar topik sebanyak mungkin sehingga kamu bisa benar-benar pemahaman sepenuhnya. "

Bryce Nelso - First Year of College? 9 Tips to Start Your University Years Right

Mahasiswa semester pertama atau Mahasiswa Baru sering sekali di berikan tips tips untuk mempermudah mereka saat memulai kuliah yang sesungguhnya. Sering sekali mahasiswa baru di berikan tips untuk mengikutin organisasi, kepanitian, mengikuti seminar, dan masih banyak lagi. Tetapi ada beberapaa tips yang perlu di ketahui oleh para mahasiswa baru. Berikut adalah tips dai saya:

  1. Membangun kehidupan social yang baru, sebagai mahaiswa tahun pertama atau mahasiswa baru, tentunya kita harus membangun kehidupan sosisal yang baru, dari muai dari SD, SMP, SMA, kita hidup di lingkup yang sama dan kita pasti mengenal orang hanya dari wajahnya bukan dari namanya. DiUniversitas pastinya kita tidak mengenal siapaun kecuali teman kita yang dulu pernah satu sekolah dengan kita. tetapi jangan khawatir, Karena di semester pertama, rata rata para mahasiswa baru terbuka satu sama lain jadi memudahkann kita untuk mencari teman yang baru.

  2. Belajar dengan rajin dan belajar lebih cerdas, ketika di perguruan tinggi kita memiliki waktu luang yang sangat banyak, Karena jadwal kuliah tidak sama dengan jadwal ketika kita di SMA, jadwal di perguruan tinggi lebih fleksibel. Di peruguran tinggi atau di Universitas kita di tuntut untuk mencari ilmu sendiri, Karena di perguruan tinggi tidak semua materi diajarkan oleh dosen. Banyak materi yang harus kita pelajari sendiri, oleh Karena itu kita harus lebih rajin belajar dan harus bisa membagi waktu kita untuk bersenang senang dan belajar.

  3. Jangan Takut Untuk Bertanya, pada saat hari pertama masuk kuliah pasti kita bingung apa yang harus dilakukan nanti, dan pastinya kita mempunyai banyak pertanyaan. Tapi banyak mahasiswa yan takut untuk bertanya pada saat hari pertama mereka kuliah dan membuat mereka tidak tau apa yang harus mereka lakukan nantinya. Ada pepatah mengatakan “Malu bertanya, Sesat dijalan”, sebagai mahasiswa baru harusnya kita tidak boleh takut menanyakan sesuatu yang mengganjal di pikiran kita. Karena, jika kita tidak mau bertanya kita tidak akan tau apa yang harus kita lakukan, dan kita akan kehilangan arah dan tidak memiliki tujuan.

  4. Pilih Mata Pelajaran Yang Disukai, di Universitas kita dapat memilih mata kuliah yang kita inginkan, berbeda dengan SMA yang mata pelajarannya di tentukan dari sekolah. Pada saat memilih mata kuliah banyak sekali mahasiswa yang bermain main dan tidak berpikir panjang ketika mereka memilih, yang mengakibatkan mereka menjadi bermalas malasan dan banyak nilai yang kurang Karena mereka tidak memilih mata kuliah yang mereka bisa atau mereka sukai. Pada saat memilih mata kuliah, mahasiswa di sarankan memilih maka kuliah yang mereka bisa dan mereka pahami, tetapi kita sebagai mahasiswa harus berani mecoba sesuatu yang baru dan keluar dari zona nyaman kita, agar para mahasiswa bisa mendapatkan pengetahuan yang baru dan lebih luas dari sebelumnya. Tetapi dalam memilih matakuliah tidak boleh sembarangan memilih Karena akibatnya bisa fatal.

  5. Luangkan Waktu Untuk Menyegarkan Pikiran, kita Sebagai mahasiswa baru pasti diberikan banyak sekali tugas yang membuat kita menjadi stress. Di Perguruan tinggi belajar dan menuntut ilmu tidak satu satunya hal yang harus kita lakukan, kita harus memfaatkan waktu luang kita untuk melakukan apa yang kita sukai untuk menyegarkan pikiran kita, oleh Karena itu kita harus bisa membagi waktu belajar dan bermain. Karena, terlalu sibuk dengan tugas akan membuat pikiran kita menjadi stress. Pergi bermain Bersama teman, olahraga, melakukan hobi kita, itu dapat membuat otak kita menjadi lebih fresh dari sebelumnya.

Berikut adalah tips tips yang bisa saya berikan untuk para mahasiswa tahun pertama atau mahasiswa baru.

SUMBER

Benedict Chiu - The Best Advice for Students Attending Their First Year of College

Membangun kehidupan sosial Anda dari nol sangat sulit, tapi sangat diperlukan
Mulai sekolah dasar, sekolah menengah, dan sekolah menengah atas, Anda sudah banyak tumbuh dengan kelompok orang yang sama. Tentu Anda akan membuat teman baru dan musuh baru, tapi intinya adalah Anda mengenal semua orang dengan wajah jika bukan dengan nama.

Perguruan tinggi memang luar biasa, dalam arti bahwa Anda tidak mengenal siapa pun, semua orang adalah orang asing. Jangan khawatir, Anda tidak sendirian dalam hal ini. Menempatkan diri di luar sana dan berinteraksi dengan orang sangat penting, dan berada di luar zona nyaman kebanyakan orang. Namun, hal itu sangat menakjubkan karena semester pertama saat anda benar-benar terbuka untuk bertemu dengan orang asing. Anda tidak akan menyukai semua orang yang Anda temui, tapi akhirnya Anda akan menemukan sekumpulan teman yang akan Anda hadapi.

Belajar lebih cerdas, tidak lebih keras
Anda akan memiliki lebih banyak waktu luang di perguruan tinggi karena penjadwalan yang lebih fleksibel. Ada banyak waktu untuk bersenang-senang, tapi Anda juga perlu mencari waktu untuk akademisi, karena itu adalah tujuan utama Anda di institusi pendidikan tinggi. Namun, Anda akan menyadari bahwa ada banyak bidang pendidikan yang berbeda dalam ilmu sosial, teknologi, dan bisnis, dan lain-lain. Tergantung pada apa yang Anda pelajari, IPK Anda mungkin bukan hal yang paling penting untuk dipusatkan.

Apakah Anda ingin pergi ke sekolah pascasarjana atau kedokteran sesudahnya? Apakah Anda ingin mulai bekerja setelah lulus dari kampus? Apa yang dicari perusahaan dalam akademis Anda? Apakah mereka peduli dengan nilai atau pengalaman Anda? Cari tahu apa yang Anda inginkan dan sesuaikan waktu belajar Anda sesuai dengan itu. Kadang-kadang perlu beberapa jam mengorbankan dua jam belajar untuk mengikuti acara panel jaringan.

Beberapa tip untuk Anda:

  1. Cari tahu batasan Anda. Jangan terlalu memaksakan diri Anda

  2. Banyak orang ingin “hanya bersenang-senang” . Lakukan apa yang membuat Anda bahagia dan mencoba hal baru. Jika itu akan membuat Anda bahagia maka lakukanlah. tapi jangan berlebihan, aturlah waktu yang Anda miliki

  3. Memasak sendiri lebih baik daripada makan di luar dan menghabiskan uang Anda.

  4. Pergilah ke banyak event yang diadakan universitas Anda karena itu sangat menyenangkan dan bisa mendapat banyak teman.

  5. Ingat berapa banyak Anda membayar untuk pergi ke perguruan tinggi. Manfaatkan setiap kesempatan.

  6. Tidak apa-apa takut, gugup, sedih, cemas, tidak nyaman diawal. Lalui hal ini dan mencoba membuka diri terhadap pengalaman baru. Perubahan bisa menakutkan, tapi juga bisa menyenangkan, menggembirakan, dan membawa Anda ke tempat-tempat baru yang menakjubkan dalam hidup!

  7. Cobalah sesuatu yang baru. Tidak ada salahnya bergabung dan meninggalkan banyak organisasi. Tapi cobalah yang terbaik untuk menemukan sesuatu yang Anda sukai dan bertahan dengannya.

  8. Sesuati gratis adalah yang terbaik. Carilah itu kapan pun Anda bisa :grin:

  9. Anda tidak akan bisa lagi berinteraksi secara langsung dengan semua orang di kampung halaman. Itu hanya hidup, mengobrol dengan orang secara acak sesekali.

  10. Bergabunglah dengan kelompok yang satu tujuan dengan Anda secara sosial, religius, lingkungan, dll.