Apa saja tips agar wajah menjadi lebih fotogenik?

Banyak yang bilang fotogenik adalah sifat bawaan, langsung gitu aja kalo di depan kamera. Namun apakah ada trik-trik tertentu yang bisa membuat wajah yang kurang tampan atau cantik menjadi terlihat lebih ‘fotogenik’ saat di depan kamera?

Berdasarkan belfot ada 9 tips umum agar wajah lebih terlihat cantik dan ganteng saat di foto, langsung aja cek di bawah ini:

  1. Hindari Memotret Wajah Dari Sudut Yang Terlalu Rendah
    Hindari memotret wajah dari sudut yang terlalu rendah. Tempatkan lensa sejajar mata atau sedikit lebih tinggi.

  2. Perhatikan Panjang Focal Lensa Dan Jarak Wajah Dengan Lensa
    Panjang focal lensa dan jarak antara lensa dengan wajah bisa memengaruhi bagaimana wajah terlihat di foto. Untuk foto wajah, panjang focal lensa yang paling ideal adalah antara 70 – 150mm. Itulah kenapa lensa prime dengan spesialisasi portrait bisanya memiliki panjang focal 85mm, 90mm atau 135mm.
    contoh2

  3. Buat Mata Menjadi Lebih Atraktif
    Model dengan jam terbang tinggi mengenal apa yang disebut squinching, yakni sedikit memicingkan mata agar mata terlihat lebih hidup dan atraktif. Dengan kata lain, membuat mata lebih tersenyum ramah. Kita semua tahu bahwa mata adalah jendela jiwa, dengan membuat mata tampak tersenyum maka tampang kita secara keseluruhan akan tampak lebih menarik.
    contoh3

  4. Perhatikan Posisi Badan
    Memotret wjah dengan badan tegak lurus menatap kamera sudah membosankan. Cobalah posisi ini, miringkan pundak ke arah kamera kira-kira 30 derajat. Selain membuat wajah terlihat lebih rileks, mereka yang badannya subur bisa terlihat lebih ramping.
    contoh4

  5. Jangan Terlalu Lama Tersenyum, Nanti Kecut
    Tersenyum terlalu lama di depan kamera bisa membuat wajah jadi kecut, senyum model terlihat palsu dan memaksa. Untuk itu, kembangkan senyum di bibir secara spontan sesaat sebelum jari fotografer memencet tombol shutter.

  6. Perkuat Garis Dagu
    Fotografer portrait ternama, Peter Hurley, mengajarkan ke orang-orang yang di potretnya agar membawa dagu mereka sedikit condong ke depan. Tujuannya adalah agar garis dagu terlihat lebih kuat dan tegas sehingga wajah secara keseluruhan terlihat lebih cantik/ganteng.

  7. Rileks
    Dengan ngobrol, mata objek foto akan lebih “menyala” karena di ajak berpikir. Seorang fotografer harus jauh lebih rileks dibanding sang model untuk membangun atmosfer yang santai dan menyenangkan.

  8. Perhatikan Wajah Dengan Karakter Khusus
    Ada yang memiliki kuping lebih besar dan lebar dibanding kebanyakan orang, ada yang memiliki banyak jerawat dan bekas jerawat, ada yang hidungnya lebih pesek.

  9. Perhatikan Dan Perbaiki
    Saat di foto sebagai model, perhatikan dengan seksama momen saat fotografer mengambil eksposure. Hindari kesalahan-kesalahan kecil yang tidak perlu seperti mulut melongo, mata melirik ke samping, mata terpejam atau muka yang tampak tak siap. Sang fotografer juga harus mengarahkan agar model lebih maksimal megeluarkan pose dan tampang terbaiknya.

Semoga informasinya bermanfaat!