Apa Saja Tips Agar Tetap Fit Saat dan Setelah Berlibur?

Salah satu tujuan berlibur adalah untuk memperoleh ketenangan sejenak. Namun pada kenyataannya, kita sering kali tidak menjaga kesehatan tubuh dan tidak dapat mengelola stress saat berlibur. Hal ini menyebabkan liburan kurang menyenangkan dan cenderung melelahkan sehingga kurang memberikan efek positif saat setelah berlibur.

Apa saja tipsnya?

Berikut beberapa tips agar tetap fit saat Anda berlibur:

  1. Rencanakan waktu dan jenis transportasi – hal ini akan menentukan persiapan kebutuhan Anda dan menyesuaikannya dengan kondisi cuaca dan jalan. Tanpa persiapan, berbagai hal seperti waktu tempuh yang terlalu lama dapat membuat Anda stress selama perjalanan.

  2. Memperoleh tidur yang cukup – upaya ini dimulai dengan mendapatkan waktu tidur yang cukup sebelum berlibur. Pola tidur malam yang sehat akan mengurangi kesulitan untuk terlelap atau jet lag saat berlibur. Jika Anda kekurangan waktu tidur malam cobalah beristirahat sejenak pada siang hari dan batasi konsumsi kafein jika benar-benar diperlukan.

  3. Tetap aktif bergerak – perjalanan yang jauh akan membatasi Anda untuk tidak bergerak dalam waktu yang oleh karena itu gunakan kesempatan saat Anda dapat bergerak untuk stretching dan berjalan. Hal ini berguna untuk menjaga Anda tetap rileks dan berenergi.

  4. Penuhi dan sesuaikan kebutuhan nutrisi – sesuaikan kebutuhan kalori dari karbohidrat dan lemak dengan aktivitas yang lakukan saat berlibur terutama batasi jika sebagian besar waktu dihabiskan dengan aktivitas sendetari seperti duduk dan tidur. Selain itu, penuhi kebutuhan vitamin dan air untuk menjaga daya tahan selama berlibur.

  5. Hindari kontak dengan rutinitas – batasi penggunaan gadget dan aktivitas yang Anda biasa lakukan saat bekerja. Selain membuat Anda sulit rileks, tetap melakukan pekerjaan saat liburan akan mengurangi kualitas liburan dan lebih mungkin menyebabkan Anda merasa bersalah dengan lebih memilih berlibur dibandingkan bekerja sehingga Anda merasa stress setelah berlibur.