Apa saja tips agar burung Cucak Rowo bersuara keras dan merdu ?

burung
cucak_rowo

(Aditya Reza Firdaus) #1

Cucak Rowo

Suara asli burung dengan suara keras dan merdu biasa disebut oleh penggemar burung dengan istilah ropel. Apa saja tips agar burung Cucak Rowo bersuara keras dan merdu ?


(Mifta Ahmad Farid) #2

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membuat burung cucak rowo kita bersuara keras dan merdu (ropel) antara lain :

1. Mastering

  • Mengisi suara burung dengan suara master yang berasal dari audio atau Mp3, atau CD merupakan kunci agar burung bisa ropel.

  • Anda bisa men-download sendiri beberapa audio yang memiliki variasi ropel dan cocok untuk jenis Cucak Rowo.

  • Perdengarkan audio tersebut disiang hari maupun pada malam hari agar memori burung bisa mengingat suara dan terus berlatih.

  • Proses pemasteran bisa memakan waktu berbulan-bulan dan dilakukan selama 7 hingga 8 jam dalam sehari. Proses panjang tersebut tentunya harus dijaga dengan memelihara stamina dan merawat burung tersebut dengan baik.

2. Faktor Keturunan

Selain bisa dilatih, ternyata faktor keturunan juga memainkan peranan penting dalam kemampuan burung melagukan suara. Apabila burung tersebut berasal dari indukan yang memang memiliki suara ropel, maka kemungkinan besar keturunannya pun akan memiliki kemampuan yang sama.

Dengan demikian, proses mastering akan lebih mudah karena kemampuan memory burung juga sangat tergantung dari kecerdasan yang dibawanya. Burung yang cerdas cenderung bisa diisi dengan berbagai master.