Apa saja tips agar bisa mengusir jet lag yang mengganggu saat liburan?

tips mengatasi jet lag saat liburan

Jet lag sehabis liburan memang paling nyebelin dan bisa menghambat aktivitasmu. Apalagi kamu yang hobi jalan-jalan pasti pernah nih mengalami jet lag. Jet lag sebenarnya adalah gangguan biorhythmic jam pada tubuh yang artinya tubuh mengalami gangguan jam dalam melakukan rutinitas. Kalau tubuhmu merasa lelah dan tidak bisa tidur mungkin kamu mengalami jet lag. Intinya tubuh harus kembali menyesuaikan waktu dengan waktu di tempat baru. Apa saja tips agar bisa mengusir jet lag yang mengganggu saat liburan?

1. Kurangi konsumsi kafein
Sebelum menempuh perjalanan panjang kamu harus menghindari kafein. Lebih baik kamu tidak minum kopi ketika akan melakukan perjalanan panjang. Kopi bisa membuatmu terus menerus terjaga dan ini menyebabkan tubuh tidak bisa menyesuaikan waktu.

2. Minum air putih sebanyak mungkin
Air putih memang sudah teruji ampuh menghilangkan dehidrasi dan hal ini juga bisa mengusir jet lag. Jadi selama perjalanan baik itu di pesawat atau transportasi lain banyak-banyak lah minum air putih. Mengkonsumsi air putih adalah kunci untuk terhindar dari jet lag karena waktu perjalanan yang lama.

3. Jangan minum alkohol
Ya, walaupun di beberapa maskapai menyediakan minuman beralkohol kamu harus menahan diri. Alkohol sangat tidak bagus dikonsumsi selama perjalanan panjang. Menurut beberapa pakar alkohol akan mempunyai efek lebih ketika dikonsumsi di udara. Hal ini pasti akan membuatmu jadi susah tidur dan membuat badan terasa lebih cepat lelah.

4. Atur waktu tidur
Sebelum berpergian lebih baik kamu mengatur kembali waktu tidur yang disesuaikan dengan waktu tempat tujuanmu. Mengatur waktu tidur sangat efektif membantumu terhindar dari jet lag jadi alarm di tubuhmu sudah melakukan penyesuain.

5. Konsumsi makanan sehat
Mengonsumsi makanan sehat juga bisa membuatmu berjauhan dari jet lag. Selama di perjalanan ada baiknya kamu membawa berbagai camilan sehat misalnya kacang-kacangan atau buah-buahan. Jangan biarkan perutmu kosong selama di perjalanan.

Sumber: