Apa saja tipe ginjal pada ikan ?

anatomi ikan

Fungsi ginjal yaitu untuk menyaring zat-zat sisa metabolisme dan mengedarkan kembali zat-zat yang masih berguna ke seluruh tubuh. Apa saja tipe ginjal pada ikan ?

Pada Ikan terdapat dua perkembangan ginjal, yaitu:

  1. Pronefros

    Ginjal pada ikan merupakan ginjal tipe primitif, dalam artian bahwa fungsi dan komponennya tidak sesempurna manusia. Ginjal tipe Pronefros terdapat pada tahap perkembangan embrional ikan, namun saat ikan beranjak dewasa ginjal Pronefros tidak berfungsi lagi. Pada ginjal jenis ini tubulus-tubulus bagian anterior tidak ada, beberapa tubulus yang berada di tengah berhubungan dengan testis, terdapat konsentrasi dan pelipatgandaan tubulus dibagian posterior. Namun terdapat pengecualian pada ikan jenis Hagfish dan Lamprey.

  2. Mesonefros

    Pada umumnya fungsi ginjal tipe mesonefros sama seperti ginjal tipe pronefros, perbedaannya terdapat pada prinsip sistem peredaran darah, tingkat kompleksitas dan efisiensi kerja ginjal.

Terdapat perbedaan adaptasi antara ikan yang hidup di air laut dan air tawar kaitannya dengan proses ekskresi. Keduanya memiliki cara berbeda untuk mempertahankan kadar garam di dalam tubuh mereka. Jumlah glomerolus ikan air tawar lebih banyak serta diameternya lebih besar dibanding ikan yang hidup di air laut.

Sumber

Pada ikan, terdapat dua tipe ginjal yaitu Ginjal pronefros dan Ginjal mesonefros. Pada dasarnya ginjal ikan adalah bertipe mesonefros, karena ginjal pronefros tidak berfungsi ketika dewasa.

Ginjal pronefros adalah paling primitive, meski terdapat pada perkembangan embrional semua vertebrata, tetapi saat dewasa tidak fungsional.

Ginjal ikan bertipe mesonefros, berfungsi seperti opistonefros pada embrio amniota. Berbentuk sekumpulan tubulus yang pada awal perkembangan susunannya bersegmen dan ada akhirnya tidak. Setiap tubulus menggulung, baik proksimal maupun distal, kemudian mengumpul arah longitudinal disebut duktus arkinefridikus.

Kemudian mengarah keluar, biasanya lewat kantung yang merupakan penampung sisa hasil dari sistem pencernaan atau sistem urogenital. Pada bagian proksimal, beberapa tubulus mengumpul di kapsul hemisfer sebagai kapsula Bowman pada glomerulus.kapsula dan glomerulus membentuk kapsula renalis.air, garam dan sisa metabolisme dalam aliran darah masuk ke dalam kapsula dan mengalir ke dalam tubulus ke duktus arkinepridikus dan akhirnya ke luar tubuh.

Pada ikan hiu, fungsi duktus gonad dan ginjal telah berkembang dilengkapi dengan duktus urinary. (Sukiya, 2005)