Apa saja Tip Belajar yang Berguna untuk Kuliah ?

Tip Belajar untuk Kuliah

Tahun ajaran baru sudah dimulai ! Setelah lulus SMA, saatnya bertapak ke perkuliahan. Kehidupan perkuliahan pastinya memiliki dinamika yang berbeda dengan SMA. Terlebih lagi apabila bertapak di daerah lain, satu kata yang pasti tergemab. Tidak hanya dituntut lebih cermat dan mandiri, tetapi dituntut untuk lebih berbobot di dalam belajar. Timbullah pertanyaan, untuk dapat lebih berbobot,

“Apa saja tip-tip yang berguna untuk kuliah?”** :writing_hand:t2:

1 Like

Seiring berkembangnya zaman membuat semua hal menjadi lebih mudah, tetapi untuk beberapa mahasiswa, itu akan mempersulit dia fokus belajar. Dengan adanya media sosial seperti facebook, twitter dll, itu semakin membuat dia tidak fokus. Kebiasaan belajar yang baik sangat penting untuk kamu jika ingin sukses di perguruan tinggi, seperti :

1. Catatan yang baik = Prestasi yang baik
Hubungan antara catatan yang baik dengan kebiasaan belajar yang baik tidak dapat dihindarkan. Namun, tidak semua orang bisa belajar hanya dari catatan yang baik. Caranya dengan hanya menuliskan poin-poin penting ketika dosen menjelaskan atau mencatat poin-poin penting dari teks buku. Jika ada sesuatu yang terlewat, kamu bisa bertanya kepada dosen.

2. Mengatur jadwal yang baik
Selalu mengatur jadwal seperti belajar dikelas, kegiatan diluar dan kegiatan sosial lainnya. Dengan cara ini, kamu dapat menggunakan waktu kosong untuk belajar. Mencatat dan mengulang kembali materi dikelas juga salah satu tip belajar yang paling penting untuk mahasiswa.

3. Bedakan waktu belajar dan bermain
Masalah yang sering dihadapi mahasiswa adalah komputer/laptop. Mereka harus menggunakannya tetapi bisa membuat mereka lupa akan apa yang seharusnya dikerjakan. Internet adalah gangguannya, mereka akan mengerjakan hal yang bukan seharusnya mereka kerjakan. Dengan demikian, kamu harus membatasi menggunakan internet tersebut, kerjakan terlebih dahulu apa yang seharusnya kamu kerjakan.

4. Jangan “sistem kebut semalam”
Hal ini yang sering dilakukan mahasiswa, jika kamu mau materi yang sedang kamu pelajari, maka kamu harus belajar setiap hari. Jangan melakukan “sistem kebut semalam” Karena kamu hanya akan mencoba dihafal bukan untuk dimengerti.

5. Jangan belajar berlebihan
Sering belajar memang hal yang bagus, tetapi beda halnya jika kamu berlebihan dalam belajar. Itu akan membuatmu pusing dan bingung apa yang sudah kamu pelajari. Cobalah untuk berhenti sejenak setelah belajar dan cobalah mencari zona nyaman belajar kamu, itu akan sangat membantu kamu.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa kuliah memerlukan banyak belajar. Mempelajari bagaimana cara belajar secara efektif bisa menjadi rumit, tetapi kamu bisa melawan kesengsaraan belajar kamu. Kebiasaan belajar yang efektif adalah kunci suksesnya karir untuk kuliah. Tetapi ada beberapa faktor yang mempengaruhi seberapa baik kamu menyimpan sebuah informasi. Disini kita membahas pengaruh dan memberikan kamu tip untuk mengembangkan belajar yang efektif.

1. KELAS ABAD KE-21

Benar mencatat adalah salah satu faktor paling penting yang berkaitan dengan keberhasilan belajar. Teknologi telah membuat proses menjadi lebih mudah bagi mahasiswa dan sekarang, banyak yang membawa laptop ke kelas. Sebuah studi sains langsung menunjukkan : 64,3% mahasiswa menggunakan laptop di kelas.

Mahasiswa melaporkan bahwa mereka menggunakan komputer mereka untuk hal-hal selain catatan kuliah, rata-rata 17 menit dari selama 53 menit kelas berlangsung. Komputer membuat segalanya lebih mudah, tetapi juga menawarkan gangguan.

Pic 1

2. ALAT BELAJAR

Menandai catatan dengan stabilo, buku pelajaran, kartu-kartu bergambar dengan warna yang berbeda untuk membedakan fakta saat belajar.

Pic 1

3. BELAJAR, BELAJAR, BELAJAR

Cara terbaik yang menyusutkan kebiasaan belajar kamu adalah dengan mempelajari manajemen waktu. Tetapkan tujuan realistis waktu belajar untuk menghindari belajar semalaman sebelum ujian. Sebagai tambahan untuk mengatur waktu belajar, ulangi catatan kamu setiap hari.

Pic 2

Tujuan belajar adalah menguasai informasi. Tingkat retensi (penyimpanan) adalah 60% lebih tinggi ketika informasi diulangi dalam waktu 24 jam dari pendengaran.

Pic 3

Belajar selama 30-50 menit, dengan 10 menit waktu istirahat, sangat direkomendasikan.

Pic 4

Cobalah teknik belajar berikut :

  1. Membaca catatan.
  2. Menulis ulang catatan.
  3. Mengulangi yang distabilokan/kolom/margin informasi.
  4. Menggunakan kartu-kartu bergambar.
  5. Membuat contoh.

4. MUSIK KESENANGANKU, BENARKAH?

Meskipun semakin banyak mahasiswa yang mendengarkan musik saat belajar, sebuah penelitian Kognitif Psikologi Terapan 2010 menunjukkan bahwa seseorang yang mendengarkan musik sambil belajar memiliki kemampuan mengingat yang buruk.

5. BESOK UJIAN. WAKTUNYA BERGEGAS!

UCLA melakukan sebuah penelitian, menemukan informasi dengan belajar semalaman berakibat mengingat dalam jangka waktu pendek daripada jangka panjang, yang mana informasi harus menjadi tujuan yang lebih sukses. Mahasiswa dimasukkan ke dalam dua kelompok dan diminta untuk mempelajari pasangan kata.

Pic 6

Group 1 : Meninjau 20 kartu, 8 kali berturut-turut.
Group 2 : Membongkar kartu menjadi tumpukan sebanyak 5, mempelajari setiap tumpukan sebanyak 8 kali sebelum ke tumpukan selanjutnya.

Hasil retensi (ingatan) yang diprediksi mahasiswa :

Pic 7

Group 1 : Ingatan yang diprediksi sebanyak 54% dari pasangan kata.
Group 2 : Ingatan yang diprediksi sebanyak 68% dari pasangan kata.

Hasil ujian sebenarnya, menunjukkan kebalikannya :

Pic 8

Menambahkan informasi ke dalam memori jangka pendek kamu kurang efektif untuk diingat daripada menambahkannya ke memori jangka panjang kamu.

6. BELAJAR : SENGGANG

Apakah kamu merasa sulit untuk menghapal informasi biasa? Gunakan informasi tersebut untuk membuat puisi, lagu, pengalaman, gambaran mental, atau sajak. Informasi kemudian disimpan dengan cara yang lebih berkesan dan lebih mudah diingat.

7. TIDUR : BENTUK EFEKTIF DARI BELAJAR

Tertidur saat mempelajari buku tidaklah efektif, tetapi dengan jumlah tidur yang tepat memungkinkan meresap informasi untuk menghindari kelelahan kuliah.

Pic 9

Kamu harus tidur 6-8 jam dalam sehari.
2% seseorang bisa melakukannya dengan baik walau 5-6 jam tidur.
2% seseorang membutuhkan lebih dari 9 jam tidur dalam sehari untuk melakukannya dengan baik.

8. SETIAP ORANG DAPAT MELAKUKANNYA!

Setiap orang berbeda-beda, tetapi setiap orang dapat mengembangkan kebiasaan belajar yang efektif. Jika kebiasaan belajar kamu saat ini tidak berjalan, cobalah sesuatu yang baru !

Sumber : http://www.rasmussen.edu/student-life/blogs/college-life/how-to-study/

1 Like

Peralihan dari sekolah menengah ke perguruan tinggi bisa terasa luar biasa - bahkan untuk siswa terbaik sekalipun. Dari ruang kuliah yang padat hingga kebebasan yang baru ditemukan dari jadwal yang fleksibel, kehidupan sebagai mahasiswa menuntut keterampilan yang berkaitan dengan manajemen waktu, motivasi - dan yang paling penting - kebiasaan belajar yang cerdas.

Di bawah ini Anda akan menemukan daftar lengkap sumber daya untuk membantu Anda membangun keterampilan belajar dan kebiasaan gaya hidup yang Anda butuhkan untuk mengalami kesuksesan di perguruan tinggi.

Kebiasaan belajar dan strategi yang efektif di SMA mungkin tidak memotongnya di perguruan tinggi. Awalnya, banyak mahasiswa baru merasa perlu meluangkan sedikit waktu untuk menumbuhkan keterampilan baru agar bisa meraih kesuksesan sebagai mahasiswa. Dari mencari tahu gaya belajar Anda untuk menciptakan lingkungan belajar yang ideal, berikut ini tip dari saya untuk menjadi mahasiswa yang lebih baik.

1. PAHAMI BAHWA BELAJAR BUKAN SAMA SEPERTI MELAKUKAN PEKERJAAN RUMAH TANGGA

Pertama, Pahami bahwa belajar bukan sama seperti melakukan pekerjaan rumah tangga. Pelajari perbedaan antara pekerjaan rumah dan belajar, serta bagaimana mendekati masing-masing tugas ini. Temukan lima tip untuk belajar di perguruan tinggi yang efektif, dan jelajahi bagaimana faktor-faktor seperti lingkungan dan “cara pandang” dapat mempengaruhi kesuksesan Anda saat belajar.

2. BUAT RENCANA STUDI

Buat rencana studi lihat mengapa penting untuk mengembangkan rencana studi agar bisa sukses di perguruan tinggi. Pelajari empat langkah untuk menciptakan rencana studi yang realistis dan efektif, dan jelajahi cara untuk memastikan Anda menindaklanjuti rencana pribadi Anda.

3. KELOLA WAKTU ANDA

Kelola waktu anda temukan jumlah waktu belajar yang direkomendasikan per jam kredit, dan lihat apakah Anda sudah cukup menginvestasikan waktu di setiap kursus. Cari tahu bagaimana cara menghindari kesalahan belajar terlalu banyak, dan jelajahi lima tip untuk manajemen waktu yang efektif.

4. AMBIL CATATAN EFEKTIF

Ambil catatan efektif pelajari cara menghemat waktu dan energi dengan menggunakan strategi pengambilan keputusan yang efektif baik untuk kelas tradisional maupun online. Jelajahi cara untuk menerapkan penilaian yang baik saat memutuskan apa yang harus dituliskan. Anda dapat memaksimalkan produktivitas Anda dengan memanfaatkan tip-tip ini untuk mengatur dan mengambil catatan kelas.

5. BACA TEKS PERLAHAN SEBELUM DAN SESUDAH KELAS

Baca teks perlahan sebelum dan sesudah kelas jelajahi cara untuk membaca lebih efisien dan mendapatkan hasil maksimal dari buku teks Anda. Analisis langkah-langkah bacaan yang efektif ini untuk melihat apakah Anda telah membaca dengan benar. Pelajari cara mengurangi waktu belajar Anda dengan menggunakan tip ini untuk membaca lebih cerdas.

6. BELAJAR PINTAR SEBELUM UJIAN

Belajar pintar sebelum ujian temukan trik yang telah terbukti untuk membantu Anda mengingat informasi pada hari ujian. Anda akan menemukan metode yang sesuai untuk berbagai jenis kursus dan ujian. Dengan menggunakan tip penghafalan ini, Anda akan mengurangi waktu persiapan tes untuk setiap kursus dan akan lebih mungkin mengingat informasi penting yang akan membantu Anda dalam kursus masa depan juga.

7. GUNAKAN STRATEGI UJI COBA PADA HARI UJIAN

Gunakan strategi uji coba pada hari ujian, pelajari bagaimana Anda dapat tampil lebih baik pada hari uji coba dengan mengikuti beberapa tip tes sederhana. Jelajahi cara untuk mempersiapkan secara fisik dan mental, serta tip untuk mendapatkan poin pada berbagai bagian tes Anda. Lihat bagaimana strategi posttest dapat membantu Anda menguasai materi dan meningkatkan nilai Anda pada ujian di masa depan.

8. PERTAHANKAN STUDI ANDA

Pertahankan studi anda lihatlah bagaimana Anda bisa mempertahankan dan membangun apa yang telah Anda pelajari di kursus Anda. Jangan biarkan pengetahuan dan kerja keras Anda sia-sia belaka. Jelajahi cara untuk melestarikan materi kursus yang berharga dan tetap mengikuti perkembangan di bidang Anda.

9. MENGELOLA STRES ANDA

Mengelola stres anda pelajari berbagai jenis stres dan gejala stres yang merugikan. Lihat bagaimana Anda bisa mengenali pemicu stres bersama Anda sendiri. Anda dapat mengembangkan cara untuk menciptakan penyangga dan bersiap baik secara mental maupun fisik untuk menangani situasi stres selama karir akademis Anda.

10. LATIH OTAK ANDA UNTUK PELATIHAN MEMORI YANG OPTIMAL

Latih otak anda untuk pelatihan memori yang optimal jelajahi cara untuk meningkatkan kemampuan Anda mengingat informasi. Otak Anda seperti otot yang membutuhkan olahraga teratur dan bervariasi. Pelajari cara untuk merangsang berbagai bagian otak Anda dan jaga agar otak Anda tetap sehat untuk meningkatkan kinerja akademis Anda.

11. LAMPIRAN: SEPULUH SUMBER DAYA

Temukan sumber daya yang dapat melengkapi pelajaran kelas Anda dan tingkatkan nilai Anda. Anda akan menemukan sumber online gratis yang dirancang khusus untuk membantu Anda dalam berbagai kursus perguruan tinggi. Anda juga dapat menjelajahi sumber daya yang membantu Anda mengatur waktu dan stres selama pengalaman di perguruan tinggi.

12. LAMPIRAN: KIAT STUDI LAINNYA

Kiat studi lainnya adalah jelajahi daftar sumber daya ini pada berbagai topik yang sangat penting bagi kesuksesan akademis. Temukan saran dari universitas ternama dan terakreditasi tentang bagaimana belajar lebih cerdas dan bagaimana mengatur waktu Anda. Lihat diskusi online dari pendidik profesional dan siswa tentang cara memberi ujian kepada Anda.

13. LAMPIRAN: APLIKASI DAN GADGET STUDI TERBAIK UNTUK MEMBANTU KELAS SEKOLAH ANDA

Berikut adalah sejumlah alat dan gadget yang dapat membantu Anda mengatur hidup Anda, meningkatkan produktivitas dan kebiasaan belajar Anda, dan bahkan memberi Anda waktu tes.

14. SISTEM KEAMANAN & KEAMANAN RUMAH TERBAIK

Di zaman sekarang, untuk mengatakan sistem keamanan rumah adalah alarm pencuri yang setara dengan mengatakan smartphone melakukan panggilan telepon. Meskipun keduanya benar, pernyataan tersebut hampir tidak menggores permukaan kemampuan dan fitur yang dilengkapi dengan perangkat saat ini.

Sumber : https://www.intelligent.com/

Skala Prioritas

Anda harus memiliki waktu yang cukup untuk tidur, makan dan juga refreshing. Buat skala prioritas untuk tugas-tugas dari dosen Anda yang menumpuk. Prioritaskan tugas mana yang harus segera dikerjakan, tugas mana yang sulit sehingga harus dikerjakan duluan. Ketika Anda mengerjakan tugas seperti ini, sebetulnya Anda juga belajar.

Tentukan Waktu Terbaik Setiap hari.

Misal jika biasanya memulai aktivitas pukul 6 pagi dan lebih nyaman belajar pada pagi hari, cobalah untuk bangun lebih awal dan belajarlah. Sebaliknya, jika Anda merasa lebih nyaman belajar pada malam hari, cobalah untuk meluangkan waktu membaca buku sebelum tidur atau disela-sela aktivitas yang super sibuk itu.
Ketika berada dalam kondisi yang segar, tentunya segala materi dan informasi bisa lebih cepat diserap dan tentu tidak memakan waktu yang banyak. Selain itu, mempelajari materi yang lebih mudah pasti akan lebih menyenangkan bagi Anda. Oleh karena itu pelajari yang sulit dulu ketika Anda masih punya cukup banyak waktu.

Diskusi

Jika mengalami kesulitan pada materi kuliah, coba diskusikan dengan teman Anda, bisa melalu chat media social, jika Anda tidak punya waktu untuk bertemu dengan mereka. Bisa juga Anda mengulang pelajaran dan berdiskusi dengan teman sesaat sebelum kuliah dimulai.

Review

Luangkan waktu 30-40 menit saja dalam 24 jam waktu Anda, untuk mereview kembali materi kuliah. Kalau Anda malas melakukan review, kemungkinan besar akan lupa dengan materi kuliah pada hari tersebut. Pilihlah tempat yang menurut Anda nyaman, sehingga Anda bisa memanfaatkan waktu semaksimal mungkin.

Belajar Membaca Cepat

Jika Anda merasa sangat sibuk dan tidak punya waktu melakukan cara-cara belajar di atas, boleh jadi Anda belajar bagaimana cara membaca dengan cepat. Teknik membaca cepat ini sangat berguna bagi mahasiswa yang super sibuk. Dengan membaca cepat, mahasiswa akan belajar bagaimana memilah informasi yang penting dan tidak penting, bagaimana menguasai informasi dalam waktu yang cepat, serta bagaimana meningkatkan pemahaman. Sayangnya dengan teknik ini, mahasiswa tidak dapat menikmati membaca suatu informasi karena gerakan mata harus cepat dan tidak boleh membaca membatin. Tidak hanya itu, membaca cepat juga akan membuat mata mudah lelah dan bisa jadi Anda stress bila terlalu lama membaca cepat. Oleh karena itu, teknik ini cocok untuk Anda yang super sibuk, yang tak memiliki waktu banyak.

1. Tulis ulang pelajaran yang telah diterima di kelas dengan metode tulis tangan, jangan diketik

Psikolog pendidikan dari University of Nebraska, Kenneth Kiewra, menyebut, kegiatan menulis membuat fungsi otak yang berhubungan dengan kemampuan mengingat dan memahami suatu pelajaran menjadi lebih tajam.

Hal itu juga diungkapkan para peneliti dari Washington University. Mereka berujar, mahasiswa yang mencatat dengan metode tulis tangan akan mampu mengingat pelajaran lebih lama. Sebab, menurut mereka, menulis membuat otak terorganisasi dengan baik. Otak juga lebih mudah merekam hal-hal yang telah ditulis oleh tangan. Alasan lain ialah, dengan menulis, manusia otomatis akan membaca tulisannya lebih lama.

2. Bikin kata kunci dan poin-poin penting di secarik kertas, masukkan saku, atau bawa catatan itu ke mana pun kamu pergi.

Tuliskan poin-poin penting dari pelajaran yang telah diterima di kelas. Tulis di secarik kertas agar bisa dimasukkan ke saku. Kalau bisa, tulis yang rapi diatas kertas dengan warna yang menarik.

Dengan begitu, kita akan semangat membacanya. Lantas, di mana pun berada, saat ada waktu luang, bacalah poin-poin itu. Niscaya akan hapal di luar kepala.

3. Pakai jembatan keledai, selain mengasah kreativitas, ternyata cara ini ampuh meingat poin-poin penting di luar kepala.

Cara ini mungkin sudah diterapkan oleh banyak pelajar kala harus menghapal suatu istilah asing yang sulit diingat. Jembatan keledai memang terkenal ampuh membantu otak mengingat dengan cara yang lebih fun.

Misalnya, saat diminta mengingat klasifikasi hewan vertebrata yang terdiri atas lima kelas, yakni pisces, amphibi, reptilia, aves dan mamalia, kamu cukup menggantinya dengan “pisang, ambon, rasanya, agak, manis”. Ambil satu huruf di depan istilah itu, lalu ganti dengan kata yang familiar.

4. Baca ulang di tempat yang nyaman

Cari tempat yang menyenangkan untuk membaca kembali pelajaran yang telah diterima di kelas. Kita bisa memilih membaca di pingggir kolam yang sepi dengan suara gemericik air atau di kedai kopi yang sepi.

Suasana yang nyaman dan menyenangkan membuat otak rileks dan akan dengan mudah mencerna hal-hal yang dibaca. Selain itu, bila memilih belajar di kedai kopi, aromanya yang khas dan nikmat membuat pikiran lebih tenang.

5. Belajar berkelompok dapat membuat kita memahami isi pelajaran dan mengingatnya dengan lebih mudah

Belajar dengan teman nyatanya dapat membuat lebih mengerti dan mengingat pelajaran yang telah disampaikan di kelas. Sebab, dengan teman, kita akan menemukan metode belajar yang pas dan fun.

Selain itu, bila tak mengerti, minta teman yang menguasai pelajaran tersebut untuk menerangkannya. Dijelaskan oleh kawan seumuran biasanya lebih mudah dipahami karena jalan pikirannya cenderung sama.

6. Tidur yang cukup, lalu baca ulang pelajaran yang sudah kamu catat

Otak perlu istirahat agar pikiran menjadi segar. Badan pun perlu direbahkan untuk memulihkan tenaganya. Setelah istirahat cukup, bacalah pelajaran yang telah dicatat. Dijamin akan lebih cepat menghapal pelajaran karena otak dan badan sudah segar serta bugar.

7. Minta orang-orang sekitar membuat pertanyaan dari buku catatan yang telah kita buat. Bikin semacam kuis tanya-jawab.

Bisa dengan minta ibu, ayah, kakak, atau adik untuk membuat pertanyaan-pertanyaan dari isi pelajaran yang sudah dicatat. Cara ini memang tampak seperti kegiatan menjawab soal-soal latihan, tapi dikemas dengan cara yang lebih menarik.

Dengan cara ini, kita bisa mengingat jawaban atas pertanyaan yang dilontarkan orang-orang disekitar dengan mudah. Siapa tahu pertanyaan yang mereka lontarkan sama dengan yang keluar di kertas ujian.

Sumber : IDN Times

Sebagai mahasiswa kita perlu mengetahui bagaimana cara belajar yang efektif untuk diri sendiri, dan salah satunya yaitu:

Tetapkan panggung: Saat memukul buku, lingkungan Anda mengatur panggung - dan dapat menentukan apakah Anda memiliki sesi belajar yang efektif dan produktif. Sementara lingkungan belajar yang ideal bervariasi dari siswa ke siswa, sumber ini akan membantu Anda mengidentifikasi karakteristik kunci dari atmosfer belajar optimal Anda.

Cari tahu gaya belajar Anda: Saat belajar, siswa yang berbeda memiliki gaya dan kekuatan yang berbeda. Beberapa orang mungkin lebih memilih untuk membaca dan menulis sementara yang lain lebih diuntungkan dari lebih banyak pengalaman praktis dan terapan. Menentukan gaya belajar yang sesuai dengan kebutuhan Anda bisa membuka rahasia strategi belajar yang sukses. Tautan ini memberikan informasi terperinci tentang berbagai keterampilan, gaya, dan preferensi pembelajaran, beserta tip utama untuk mengidentifikasi kekuatan unik Anda sendiri di dalam kelas.

Menilai kemampuan Anda: Tidak seperti sekolah menengah atas, pembelajaran di perguruan tinggi melibatkan lebih banyak independensi dan akuntabilitas pribadi. Tanpa interaksi siswa-guru yang dekat seperti di sekolah menengah atas, banyak mahasiswa yang berjuang untuk menyesuaikan dengan kondisi yang baru.

Evaluasi kebiasaan belajar Anda: Untuk menemukan kesuksesan dalam pembelajaran di tingkat perguruan tinggi, para ahli telah mengidentifikasi enam keterampilan belajar kritis: bacaan buku teks, catatan, memori, persiapan ujian, konsentrasi, dan manajemen waktu. Evaluasi diri anda terkait dengan hal-hal tersebut. Evaluasi tersebut akan membantu Anda dalam memahami kekuatan dan kelemahan Anda. Hal itu menjadi titik awal yang penting untuk menjadi mahasiswa yang lebih baik.

Meningkatkan kemampuan membaca: Kecakapan membaca adalah dasar pembelajaran yang efektif - dan salah satu perjuangan paling signifikan di kalangan pelajar atau mahasiswa baru.

Tingkatkan ingatan dan konsentrasi Anda: Mahasiswa biasa memiliki banyak hal untuk dilakukan - mulai dari acara sosial hingga kegiatan ujian dan proyek kelompok. Konsentrasi dan memori adalah dua komponen penting untuk belajar sukses. Fokus ketika belajar dapat meningkatkan konsentrasi, dan memori sehingga mendapatkan kinerja keseluruhan yang lebih baik sebagai mahasiswa.

Sumber : bagsinbulk.com

1. Membuat dan Menjaga Jadwal Studi

Sisihkan jam-jam tertentu setiap hari untuk belajar seperti yang kita lakukan untuk makanan dan tidur. Jaga jadwal yang sama dari hari ke hari. Jumlah waktu yang dibutuhkan untuk belajar akan bervariasi untuk setiap individu berdasarkan keterampilan dengan materi pelajaran. Rata-rata dua jam belajar setiap hari untuk setiap jam di kelas dianjurkan. Pergi ke kelas hanyalah permulaan; pekerjaan sebenarnya dimulai setelah itu.

2. Belajar dalam Pengaturan yang Tepat (Waktu yang Sama, Tempat yang Sama, Setiap Hari)

Jika konsentrasi adalah masalah kita, maka lingkungan yang tepat akan sangat membantu. Meja kerja atau meja belajar kita harus berada di tempat yang sepi, bebas dari gangguan sebanyak mungkin. kita akan berkonsentrasi lebih baik saat belajar di tempat yang sama setiap hari. Ini adalah pola pikir. Mengembangkan kebiasaan belajar di tempat yang sama pada waktu yang sama setiap hari akan meningkatkan konsentrasi Anda.

3. Melengkapi Area Studi kita dengan Semua Bahan yang dibutuhkan

Meja kerja atau meja belajar kita harus dilengkapi dengan semua bahan yang mungkin dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas, misalnya pensil, pulpen, penghapus, klip kertas, stapler, kamus, makanan ringan, dan minuman cair, dll. Untuk beberapa tugas, mungkin memerlukan kalkulator atau perlengkapan lainnya. Dengan bahan di tangan, kita bisa belajar tanpa henti. Jika kita memiliki panggilan telepon, abaikan telepon tersebut selama waktu belajar. Kita dapat menelpon kembali setelah selesai belajar.

4. Menjaga buku catatan yang Baik akan Meningkatkan Nilai

Periset mengatakan kepada kita bahwa ada hubungan antara keteraturan dan nilai tinggi. Mengetahui di mana menemukan bahan saat kita membutuhkannya sangat penting. Memiliki semua informasi ini bersama di satu tempat sangat penting bagi kesuksesan. Buku catatan yang bagus merupakan bagian dari manajemen waktu yang baik. Jika pernah salah menempatkan tugas penting, kita tahu berapa banyak waktu berharga yang bisa hilang untuk mencarinya.

5. Membuat “Catatan yang Baik” sebagai Asuransi Melawan Lupa

Belajarlah untuk mencatat dengan baik secara efisien karena guru atau dosen kita sering menekankan poin-poin penting di kelas. Catatan bagus adalah “keharusan” untuk pemeriksaan pendahuluan saja. Tanpa catatan, kita perlu membaca ulang dan meninjau keseluruhan tugas sebelum ujian. Ini mungkin mengharuskan kita untuk membaca 100-300 halaman materi dalam satu waktu. Dengan catatan, kita bisa mengingat poin-poin utama hanya dalam waktu sepersekian saja. Waktu yang kita habiskan untuk mencatat tidak akan hilang, namun sebenarnya adalah penghemat waktu.

6. Sering Mengkaji Materi Yang Diajarkan

Seorang siswa yang tidak mengulas materi bisa melupakan 80% dari apa yang telah dipelajari hanya dalam dua minggu. Kajian pertama harus segera dilakukan setelah materi pertama kali dipresentasikan dan dipelajari. Mengkaji materi yang diajarkan merupakan tindakan awal sebagai pengaman untuk tidak melupakan serta membantu kita mengingat materi jauh lebih lama.

Sumber : http://www.csc.edu/learningcenter/study/studymethods.csc