Apa saja tes psikologi yang ada ?

Tes psikologi

Tes psikologi atau psikotes adalah bidang yang ditandai dengan penggunaan sampel perilaku untuk menilai konstruksi psikologis, seperti fungsi kognitif dan emosional, tentang individu tertentu.

Istilah teknis untuk ilmu di balik tes psikologis adalah Psikometrik.

Apa saja tes psikologi yang ada ?

Tes kepribadian psikologi


1. Test Grafis

Test grafis merupakan serangkaian test sederhana dan mudah untuk diadministrasikan. Test grafis ini terdiri dari 4 macam test, dan banyak digunakan secara universal sebagai bagian dari penerimaan kerja, pemeriksaan psikologis, dan test kepribadian, baik dilaksanakan secara individu ataupun kelompok. Berikut ini adalah 4 test yang masuk ke dalam test grafis :

  • DAP / Draw A Person

    Sesuai dengan namanya, pada test ini, peserta diminta untuk menggambarkan manusia. Penggambaran manusia bebas, dan tidak mengikat, artinya peserta boleh menggambar lebih dari satu manusia, jenis kelamin apapun, dengan bentuk tubuh seperti apapun. Intinya, Dap digunakan untuk melihat bagaimana konsep diri dari peserta test ini.

  • BAUM / The Tree Test

    The Tree Test merupakan test yang digunakan untuk melihat struktur kepribadian Id, Ego, dan juga Super Ego. Test ini berhubungan dengan Impuls yang ada di dalam diri individu, serta bagaimana individu mampu untuk mengendalikan impuls tersebut. Peserta diminta untuk menggambar pohon yang berkambium. Pohon berkambium ini merupakan representasi dari seberapa kokohnya individu dalam mengendalikan impuls dan mengontrol dirinya sendiri.

  • HTP / House Tree Person

    Dalam test ini, peserta diminta untuk menggambarkan rumah, pohon dan juga manusia. Peserta dibebaskan ingin menggambar seberapa banyak, seberapa besar, atau bahkan tidak menggambar sama sekali. Test ini menggambarkan bagaimana persepsi peserta terhadap sosok ayah, ibu, dan juga dirinya sendiri. Selain itu, tes ini juga menggambarkan bagaimana penerimaan sosial dari individu.

  • Wartegg

    Merupakan test yang pasti banyak ditemui bagi mereka yang sudah mengikuti rekrutmen di dalam kantor. Test ini terdiri dari selembar kertas dengan 8 buah kotak yang terdapat beberapa macam tanda – tanda kecil. Tugas peserta adalah melanjutkan tanda atau pola tersebut menjadi sebuah bentuk atau gambar. Test ini banyak melihat proses adaptasi dan juga problem slving dari individu.

2. TAT / Thematic Apperception Test

Merupakan test kepribadian yang masuk ke dalam test bercerita. Terdapat 20 kartu (versi Murray) atau 10 kartu (Versi Bellak), dimana masing – masing kartu memiliki gambar – gambar tertentu yang merupakan proyeksi dari kehidpan sehari – hari. Tugas dari peserta adalah menceritakan secara lisan kejadian yang muncul pada gambar tersebut, tokoh utama, penyebab kejadian, dan juga bagaimana akhir cerita dengan lengkap. Merupakan jenis test individual, dan banyak mengungkap mengenai konflik – konflik internal, hubungan dengan keluarga, orangtua, kecemasan, hingga kebutuhan – kebutuhan individu

3. SSCT / Sack’s Sentence Completion Test

Merupakan test melengkapi kalimat. Di dalam alat test sudah terdapat 60 kalimat atau pernyataan yang belum lengkap. Peserta diminta untuk melengkapi kalimat tersebut, sesuai dengan apa yagn dipikirkan pertama kali. Test ini banyak mengungkapkan masalah trhadap orangtua, masa lalu, masa depan, rasa bersalah, dan juga mengenai relasi sosial.

4. Rorschah

Merupakan test bercak tinta. Terdapat 10 buah kartu, dengan masing – masing kartu memiliki pola – pola abstrak yang dibuat menggunakan bercak – bercak tinta. Tugas dari peserta adalah menyebutkan bentuk – bentuk apa saja yang muncul pada tiap – tiap kartu. Test ini adalah test individual, dan merupakan tes yang cukup lengkap, karena mampu melihat emosi, kecemasan, pegalamn traumatis, kondisi

5. Tes Psikologi Pauli dan Kraeplin

SCORINGPAULITPauli dan Kraeplin mrupakan tes psikologi golongan kepribadian, yang masuk ke dalam kategori battery test. Bettery test merupakan test yang menggunakan waktu, dimana individu harus bisa menyelesaikan test dalam watu tertentu. Pauli dan Kraeplin adalah salah satu test psikologis yang sudah sangat familiar di dalam rekrutmen karyawan, yang mampu mengukur kinerja, resistensi terhadap stress, semangat kerja, dan trait lainnya yang berhubungan dengan kinerja di dalam kantor. Pauli dan Kraeplin merupakan test menjumlahkan angka, dimana tugas dari peserta adalah menjumlahkan angka sebanyak – banyaknya dalam jangka waktu tertentu.

6. EPPS / Edward’s Preference Personal Schedule

Merupakan test kepribadian yang melihat kebutuhan – kebutuhan atau needs dari individu. Test ini terdiri dari 220 pernyataan, dengan 2 pilihan jawaban A dan B. peserta diminta untuk memlih A atau B sesuai dengan apa yang dirasakan oleh dirinya sendiri

7. DISC

DISC merupakan alat test yang terdiri dari 24 nomor, dengan masing – masing nomor memiliki 4 pilihan jawaban. Peserta diminta untuk memilih 2 kecendrungan, yaitu yang paling mendekati dirinya (Most), dan yang paling tidak mendekati dirinya (Least). DISC digunakan untuk melihat bagaimana kepribadian individu pada 3 macam kondisi atau keadaan, yaitu true self, atau diri dia sebenarnya, kepribadian yang ditunjukkan saat berada dalam masalah atau stress, dan kepribadian yang ditunjukkan kepada orang lain.

Tes Kemampuan Psikologi


1. WAIS / WISC (Weschler Adult Intelligence Scale / Weschler Intelligence Scale for Children)

Tes ini terdiri dari 11 subtest, yang terbagi menjadi subtest verbal dan juga performance. Digunakan untuk mengukur IQ dan juga kategori IQ individu, baik dewasa maupun anak – anak.

2. APM / CPM / SPM (Advanced / Children / Standard Progressive Matrices)

Tes ini digunakan untuk melihat kategori IQ saja, dan tidak menghasilkan skor IQ. Test terdiri dari serangkain soal yang berbentuk seperti puzzle, dimana peserta diminta untuk mengisi bagian puzzle yang hilang dengan pilihan pola yang tersedia

3. IST (Intelligence Structure Scale)

Tes ini terdiri dari 9 subtest, merupakan jenis test intelegensi yang merupakan battery test, dimana tiap subtes memilki batas waktu yang sudah ditentukan secara formal.

4. TIU (Test Intelegensi Umum)

Test intelegensi sederhana dan merupakan battery test. Sama seperi APM, Test ini digunakan untuk melihat kapasitas dan kategori inteligensi saja, dan tidak memunculkan skor IQ.

5. TKD (Test Kemampuan Dasar)

Salah satu test battery yang sangat panjang dan lama. Terdiri dari 10 buah subtest, yang masing – masing mengukur kemampuan inteligensi yang dikembangkan oleh Thurstone. Banyak digunakan sebagai tes inteligensi pada sekolah – sekolah.

6. CFIT (Culture Fair Intelligence Test)

Test inteligensi yang bersifat lintas kulutural dan juga universal. CFIT terdiri dari 4 subtest, yang menghasilkan kapasitas Inteligensi seseorang, dan tidak menghasilkan skor IQ. Psikologi Mania