Apa Saja Terapan Gambar Ekspresif pada Rancangan?

Selain untuk mengungkapkan ekspresi sang penggambar, seperti halnya seorang pelukis atau pematung kemahiran menggambar ekspresif juga dapat diterapkan untuk penggunaan yang lebih luas, baik untuk mendukung karya desain grafis atau mengungkapkan ide desain secara spontan.
Ada beberapa rancangan yang membutuhkan gambar ekspresif dalam penerapannya. Apa sajakah itu?

Terapan Gambar Ekspresif pada Rancangan

  1. Ilustrasi
    Ilustrasi adalah gambar ekspresif untuk memperjelas satu narasi atau cerita. Ilustrasi dapat berupa gambar hitam putih ataupun gambar berwarna. Secara umum ilustrasi merupakan penggambaran bebas atas satu obyek ataupun dapat berupa penggambaran imajinasi perancang atau penggambarnya.

  2. Sketsa ide
    Sketsa ide adalah gambar cepat untuk merekam suatu obyek gagasan, peristiwa tertentu, atau gagasan kreatif. Namun, sketsa dapat pula berupa gambar abstrak yang dikembangkan dari imajinasi penggambar. Gambar sketsa bersifat gambar esensial suatu obyek karena dibuat cepat sebelum momentumnya hilang.

  3. Karikatur
    Karikatur adalah gambar yang mengungkapkan situasi sosial, tokoh politik, tokoh terkenal, dan berbagai fenomena kebudayaan secara kritis, bahkan untuk hal-hal tertentu kerap didramatisir atau dilebih-lebihkan cara pengungkapannya.