Apa saja tempat yang tidak boleh dilewatkan saat ke Ho Chi Minh City?

Ho Chi Minh City

Kota Ho Chi Minh terbagi menjadi beberapa distrik. Namun, Distrik 1 adalah surganya para backpacker karena banyak hostel murah dengan fasilitas yang menarik di kawasan ini. Bahkan, untuk menuju beberapa tempat wisata cukup berjalan kaki. Apa saja tempat yang tidak boleh dilewatkan saat ke Ho Chi Minh City?

Berikut beberapa tempat yang tidak boleh dilewatkan saat ke Ho Chi Minh City.

1. Basilika Notre-Dame Saigon
Gereja Basilika Notre-Dame ini menjadi ikon utama kota Ho Chi Minh. Coba saja ketik kata “Ho Chi Minh City” atau “Saigon” di google, pasti gambar gereja ini akan muncul di layar laptop kamu. Berada di pusat kota Vietnam, gereja Katedral ini dibangun oleh kolonialis Perancis antara tahun 1863 dan 1880. Dua menara lonceng setinggi 58 meter yang berada di sisi kanan dan kiri bangunan gereja menjadi ciri khas sendiri. Kamu bebas berfoto bahkan duduk santai di halaman gereja dan jika berkunjung saat jam ibadah, kamu boleh juga masuk dan ikut beribadah di dalam gereja.

2. Saigon Central Post Office
Persis di sebelah kiri Basilika Notre-Dame Saigon, kamu akan menemukan bangunan menarik lainnya, yaitu Saigon Central Post Office. Bangunan ini memang difungsikan sebagai pusat kantor pos di Ho Chi Minh City. Didesain oleh arsitek yang juga mendesain Menara Eiffel, Gustave Eiffe, bangunan ini juga menjadi salah satu tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Sama seperti kantor pos pada umumnya, terdapat beberapa loket untuk mengirim surat atau paket di dalam gedung ini. Jika tertarik, coba saja kamu mengirimkan kartu pos ke teman atau saudara dari kantor pos ini!

3. Ho Chi Minh City Hall
City Hall ini dibangun pada tahun 1902 hingga 1908. Dan lagi-lagi, ini merupakan peninggalan kolonial Perancis. Jika berkunjung di siang hari, kamu bisa menikmati indahnya taman yang persis berada di city hall. Namun, jangan lewatkan juga keindahan city hall ini di malam hari karena kamu bisa menikmati iluminasi cahaya yang unik. Di sini ini, kamu juga bisa melihat patung Uncle Ho yang merupakan tokoh penting bagi masyarakat Vietnam.

4. Saigon Opera House
Bangunan ini juga dikenal dengan Municipal Theatre dan juga didirikan saat masa penjajahan Perancis. Sehingga, wajar saja jika Saigon Opera House masuk dalam deretan bangunan klasik khas Perancis di kota Ho Chi Minh. Sesuai dengan nama bangunannya, gedung ini difungsikan sebagai tempat teater atau pertunjukan seni lainnya. Jika tertarik untuk melihat pertunjukannya, siapkan kocek yang cukup, karena harga satu pertunjukan paling tidak 550.000 VND (sekitar Rp. 500.000)! Mahal ya? Tapi, jangan khawatir. Melihat bangunan ini dari sisi luar pun sudah cukup bikin kamu berdecak kagum kok.

5. Reunification Palace
Reunification Palace juga dikenal sebagai Independence Palace. Dulunya, bangunan ini dijadikan sebagai istana kepresidenan. Berbeda dengan empat bangunan sebelumnya, istana ini dibangun oleh arsitek asli asal Vietnam, Ngo Viet Thu, yang memadukan gaya modern dan tradisional Vietnam. Di dalam bangunan ini, kamu bisa melihat kemegahan ruang tamu, pertemuan, makan, bahkan kamar tidur kepresidenan.

Sumber: