Apa saja tempat yang dapat menikmati alam bawah laut ketika wisata ke Bunaken?

Kawasan Taman Nasional Bunaken merupakan kawasan taman laut yang indah dan berlokasi di Sulawesi Utara. Taman nasional yang satu ini sangat indah karena memang terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya. Kelebihan Wisata Bunaken adalah ada banyak biota laut dan terumbu karang yang berwarna warni. Namun apa saja tempat yang populer jika berlibur ke Taman Nasional Bunaken.

Ketika berlibur ke Taman Nasional Bunaken, kita gak boleh ngelewatin tempat yang wajib dikunjungi, bisa bikin kita menyesal jika kita melewatkannya, karena tempat sangat amat bagus. Berikut tempat yang wajib dikunjungi:

1. Bunaken Timor

Bunaken Timor

Dimana titik ini memang sangat menarik untuk dijelajahi dengan menyelam. Namun sebaiknya kita benar-benar menguasai tekniknya karena arus yang ada di sana cukup kuat.

2. Mandolin

Mandolin

Titik ini sangat menarik karena memiliki dinding dan juga puncak dari batu karang yang terbentuk secara alami.

Dinding dan puncak karang ini menjadi habitat bagi ikan-ikan dan biota laut lainnya untuk tinggal. Salah satu jenis ikan yang bisa ditemui di Mandolin ini adalah kelompok ikan surgeonfish, bannerfish, atau unicornfish.

Ikan-ikan ini adalah ikan jinak dan mudah didekati manusia. Ada juga gua-gua du dasar laut yang ditinggali ikan-ikan juga. Walau demikian tiik ini cukup aman untuk para pengunjung Taman Nasional Bunaken.

3. Muka Gereja

Muka Gereja

Titik penyelaman yang satu ini cocok untuk snorkeling. Keindahan bawah laut dari tempat ini sungguh menawan.

Hal menarik dari tempat ini adalah adanya ikan perairan dangkal yang hidup di sana. Namun di sana juga ada paling-paling yang menuju ke dinding laut. Dinding karang yang ada di sana memiliki retakan-retakan vertikal dan juga gua-gua kecil.

Ada juga jenis karang yang unik. Sedangkan ikan-ikan yang ada di sana adalah ikan karang yang khas seperti anemon. Jika beruntung, kita juga bisa mendapati white tip reef shark yang berkeliaran di gua bawah lautnya.

4. Puncak Barakuda

Puncak Barakuda

Titik ini memiliki arus yang terbentuk dari posisinya yang berada di pergantian antara daerah berpasir dengan terumbu karang.

Tempat ini adalah titik penyelaman yang paling jauh dari titik penyelaman yang lainnya. Posisinya ada di bagian barat laut Bunaken. Hal menarik dari tempat penyelaman ini adalah keberadaan gerombolan barakuda yang ukurannya cukup besar.

Kita juga bisa melihat ikan tuna dan jack. Hal inilah yang menyebabkan titik ini disebut sebagai Puncak Barakuda atau Barracuda Point. Selain itu di sana juga ada karang lunak dan juga spons.

5. Reruntuhan Kapal di Manado

Reruntuhan Kapal di Manado

empat ini memiliki keunikan tersendiri. Seperti namanya, di sana da kapal yang ada di bawah laut.

Kapal ini memiliki ukuran kurang lebih 60 meter dan berada di kedalaman kurang lebih 23 meter di dasar laut. Sejarah mencatat bahwa kapal ini adalah kapal Jerman yang tenggelam di Pantai Molas pada sekitar tahun 40-an.

Tentunya para wisatawan yang menyelam di sana bisa melihat bangkau kapal ini. bahkan ruang kemudi dan pegangan kargonya juga bisa dilihat. Kini kapal tersebut juga ditumbuhi karang-karang yang indah.

6. Siladen

Siladen

Tempat ini cocok untuk snorkeling karena memang memiliki dinding karang yang indah serta halus.

Arus yang ada di sana juga akan membuat tempat ini semakin hidup. Kedalaman lautnya yang cukup dangkal akan membuat pengunjung bisa mengeksplornya dnegan lebih aman.

Jenis ikan yang bisa ditemukan di sana cukup banyak dan beragam. Misalnya moorish idol, butterflyfish, dan sebagainya. air lautnya yang sangat jernih juga akan membuat pemandangan alam di kawasan tersebut bisa dengan leluasa diabadikan dengan kamera.

7. Tanjung Kopi

Tanjung Kopi

Tempat yang satu ini perlu dieksplorasi lebih dalam. Hal menarik dari tempat ini adalah adanya tembok yang menjadi tempat favorit dari ikan barakuda dan sweatlip. Sehingga kita bisa mencoba menemukan ikan-ikan itu di tembok tersebut.

Namun jarak pandang yang ada di titik penyelaman ini kurang jelas, tidak seperti Siladen. Sehingga membuat pemandangan yang ada di sana kurang terlihat menarik dan sulit untuk diabadikan dengan kamera. Walau demikian, ada beberapa jenis ikan yang bisa ditemukan di sana seperti ikan api gobi dan nudi branch.

8. Tembok Lekuan

Tembok Lekuan

Tembok lekuan ini merupakan tembok dengan ukuran yang cukup panjang. Tempat ini terbagi menjadi tiga bagian yang diberi nama Tembok Lekuan I, II, dan III.

Ketiganya berada pada satu titik terbaik dari beberapa titik penyelaman lainya di Taman Nasional Bunaken. Dinding-dinding tersebut curam dan memiliki celah-celah yang cukup dalam.

Hal menarik dari tempat ini adalah adanya kipas angin laut dan juga spons raksasa yang mungkin sulit ditemukan di titik penyealam lainnya. Untuk jenis ikan yang mudah ditemui di sana adalah ikan kakak tua besar dan juga jenis penyu laut.

Sumber: