Apa saja tempat wisata di Penang?

Penang

Petronas Tower di Kuala Lumpur, Legoland di Johor Baru, serta pantai indah di Langkawi, adalah beberapa atraksi menarik yang dimiliki oleh Malaysia. Tapi belum banyak orang mengenal Penang sebagai heritage city of Malaysia. 45 menit naik pesawat dari Medan, kamu sudah bisa sampai ke Pulau Pinang atau Penang Island. Kesan pertama ketika sampai di kota ini memang sangat berbeda dengan suasana perkotaan di Kuala Lumpur. Penang merupakan kota yang lebih tenang, dan lebih tradisional. Selain sebagai heritage city atau kota tua, Penang juga terkenal sebagai tempat berobat. Selain banyaknya Rumah Sakit yang tersedia, berobat di Penang dikenal jauh lebih cepat dan lebih murah dibandingkan dengan berobat di Jakarta. Apa saja tempat wisata di Penang?

1. Penang Hill
Penang Hill atau Bukit Bendera, merupakan atraksi utama di Penang. Untuk menuju stasiun Bukit Bendera, bisa menggunakan Uber/Grab ataupun dengan bis Rapid Penang. Tiket masuk ke Penang Hill adalah RM 30 atau berkisar Rp 100.000/orang. Setelah membeli tiket kamu akan diajak naik kereta untuk menuju puncak tertinggi di Penang. Jangan kaget kalau ketika track kereta menuju puncak adalah sangat curam. Sesampainya di puncak, pengunjung akan disuguhi pemandangan seluruh kota Penang dari puncak tertinggi.

2. Komtar
Komtar atau kepanjangan dari Kompleks Tun Abdul Razak, adalah merupakan kompleks gedung perkantoran yang diberi nama dari mantan Perdana Mentere Malaysia, Tun Abdul Razak. Bisa dibilang Komtar merupakan pusat dari Pulau Penang dengan pusat perkotaannya yaitu di Georgetown. Di selain gedung perkantoran, di Komtar ini juga terdapat terminal bus dan pusat perbelanjaan. Yang paling menarik dari Komtar ini adalah adanya observatory deck yang baru saja dibuka tahun 2016 lalu. The TOP@Komtar, merupakan gedung tertinggi di Georgetown denhan ketinggian sampai 68 lantai. Dari lantai teratas gedung ini, selain dimanjakan oleh pemandangan Kota Georgetown dari atas gedung, pengunjung juga bisa berfoto diatas lantai kaca Rainbow Skywalk. Untuk bisa menikmati seluruh atraksi di The TOP@Komtar, biayanya RM 118 atau sekitar Rp 380.000.

3. Heritage Site
Georgetown sebagai pusat kota Penang tentunya menjadi kota tujuan turis ketika berkunjung di Penang. Heritage Site alias situs-situs warisan budaya di Penang berlokasi tidak jauh dari Komtar. Heritage site ini kurang lebih seperti Kota Tua yang kita miliki di Jakarta. Isinya merupakan bangunan-bangunan lama yang kini digunakan sebagai hotel, cafe, ataupun ruko-ruko. Namun justru karena keasliannya, lorong-lorong jalan dengan hiasan bangunan-bangunan kuno yang tertara apik inilah yang menjadi daya tarik utama dari Kota Georgetown. Saking lawasnya kota ini, Georgetown bahkan termasuk dalam UNESCO World Heritage Site. Pusat situs-situs lawas dari kota Georgetown ini bisa ditemukan di Lebuh Campbell, Lebuh Chulia, Armenian Street, Jalan Kapitan Keling, dan sekitarnya.

4. Street Art
Keunikan lain dari Penang yang jarang ditemukan di kota-kota lain adalah adanya street art atau mural sebagai atraksi dari kota ini. Street art bisa ditemukan di banyak tempat di Georgetown salah satunya di Armenian Street dan Lebuh Pantai. Gambar street art berikut ini adalah yang paling dicari dan menjadi spot foto paling ramai di Georgetown.

5. Hawker Food Center
Selain situs-situs kuno, Penang juga terkenal dengan makanan tradisionalnya. Makanan khas yang terkenal di Penang adalah Char Kway Teow alias Kwetiau, Theochew Chendul alias Es Cendol, dan Nasi Kandar alias nasi rames khas India. Pada malam hari banyak sekali pusat makanan tradisional yang menjajakan makanan-makanan tersebut. Beberapa pusat jajanan tradisional alias Hawker Food Center yang terkenal misalnya yang berada di Lebuh Kimberley, Gurney Drive, Lebuh Chulia, dan Pulau Tikus.

Sumber: