Apa saja tempat wisata di Makassar yang wajib dikunjungi?

wisata Makassar

Sebagai ibukota provinsi Sulawesi Selatan, Makassar menjadi kota yang paling banyak dihuni penduduk dari berbagai daerah. Sejarah panjang Makassar menjadikan kota ini memiliki banyak tempat wisata. Bukan hanya kaya sejarah, Makassar juga dikeliling tempat wisata alam yang akan mengundang decak kagum. Apa saja tempat wisata di Makassar yang wajib dikunjungi?

1. Pantai Losari
Ketika mendengar kata Makassar maka yang terlintas di pikiran kita tentu nama Pantai Losari. Pantai losari adalah ikon dari Kota Makassar. Tempat wisata tersebut berada di jantung kota, di sana anda dapat menikmati sunset, angin sepoi, berbagai ikon-ikon daerah di Sulawesi Selatan yang terjewantahkan dalam bentuk patung dan tulisan. Pantai Losari juga menjadi pusat perbelanjaan dan kuliner. Di sana kamu dapat memperoleh beragam jenis makanan khas Kota Makassar, seperti pisang peppe, pisang Ijo dan berbagai jenis lainnya. Untuk cinderamata, di sana tersedia beraneka ragam jenis pakaian dan aksesoris khas kota Makassar. Satu hal yang terpenting, Pantai Losari adalah tempat yang paling menarik untuk berfoto ria.

2. Pantai Akkarena
Masyarakat Sulawesi Selatan yang terkenal sebagai pelaut, tentu tidak lepas dari banyaknya spot pantai yang bisa dijadikan sebagai tempat wisat pilihan. Makassar tidak hanya ada Pantai Losari, yang tak kalah menariknya yakni Pantai Akkarena. Pantai ini terbilang sebagai pantai yang memiliki keunikan tersendiri, hal itu dikarenakan memiliki pasir hitam. Pantai ini populer dengan nama Pantai Akkarena Tanjung Bunga. Semenjak dijadikan sebagai kawasan bisnis dan hunian, pantai ini menjadi pilihan tepat bagi mereka yang menyukai pantai. Terbentang sepanjang 150 meter, Pantai Akkarena juga menyediakan berbagai fasilitas lengkap untuk para pengunjung. Selain, kuliner ringan hingga berat banyak dijual di sana. Kamu juga bisa menikmati wahana menarik, seperti fly spot, banana boat, jet sky, dan tempat outbond yang menarik.

3. Benteng Rotterdam
Benteng yang dibangun oleh Raja Gowa ke-X, Karaeng Tunipalangga Ulaweng pada tahun 1545 itu masih sangat asli. Sebuah tempat yang megah dan menjadi pusat wisata yang banyak dikunjungi. Ada beberapa bangunan di Benteng Rotterdam yang digunakan sebagai museum cagar dan masuk dalam pengawasan kantor Badan Balai Pelestarian Cagar Budaya Sulawesi Selatan. Di sana terdapat museum Lagaligo yang menyimpan banyak bukti sejarah, selain benda-benda kuno, Museum La Galigo juga menampilkan sejarah hidup masyarakat Sulawesi Selatan yang ditampilkan dengan model rumah adat. Termasuk mata pencaharian masyarakat.Tak hanya itu anda juga dapat melihat langsung ruang tahanan Pangeran Diponegoro saat dibuang oleh Belanda.

4. Benteng Somba Opu
Benteng Somba Opu juga merupakan peninggalan Kesultanan Gowa dari Raja Gowa ke 9, Daeng Matanre Karaeng. Dulu, tempat tersebut menjadi pusat perdagangan rempah-rempah. Saat ini, Benteng Somba Opu menjadi salah satu wisata sejarah. Saat ini, di dalam benteng dibangun kawasan argowisata berupa kumpulan rumah adat dari seluruh Sulawesi Selatan. Pembangunan rumah adat ini mencerminkan bahwa jaman dahulu kala terdapat sebuah kerajaan yang menyatukan Sulawesi Selatan dalam satu bendera sebelum akhirnya di adu domba oleh Belanda melalui bendera VOC. Rumah-rumah adat tesebut kini menjadi tempat mahasiswa dari berbagai kampus di Makassar untuk melakukan kegiatan.

Sumber: