Apa saja tempat wisata di Kampar?

kampar

Kabupaten Kampar merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Riau. Ibukota kabupaten ini adalah Bangkinang yang berjarak 60 km dari Kota Pekanbaru. Kabupaten ini juga mempunyai kekayaan objek wisata yang tidak kalah dari daerah lainnya, apa saja tempat wisata di Kampar?

Tempat wisata di Kampar yang bisa memenuhi Instagram:

  1. Ulu Kasok
    Tempat wisata di Kampar ini berlokasi di Desa Pulau Gadang, Kecamatan XIII, Koto Kampar. Jika kamu ingin menikmati pemandangan di Raja Ampat, tak perlu jauh-jauh ke Papua. Sebab, pemandangan tersebut ada di Kabupaten Kampar. Tempat tersebut dinamai Ulu Kasok. Ulu Kasok dapat ditempuh selama kurang lebih 2 jam dari Kota Pekanbaru. Kepenatan selama perjalanan akan terbayar dengan pemandangan birunya waduk Koto Panjang beserta hamparan beberapa pulau hijau. Untuk mendapatkan background foto yang luar biasa, kamu bisa naik ke puncak Ulu Kasok sehingga mendapatkan pemandangan seperti di Raja Ampat dengan lebih jelas.

  2. Sungai Hijau
    Sesuai dengan namanya Sungai Hijau ini memang berwarna hijau. Tempat wisata di Kampar Riau ini juga nggak kalah cantik. Sungai ini dinamai Sungai Hijau karena air sungai yang tampak kehijauan akibat penampakan lumut dan ganggang di dalam air, tetapi airnya tetap jernih. Sungai ini sangat jernih dan dangkal sehingga bebatuan yang terletak di dasar sungai terlihat. Selain untuk bermain air dan berfoto hingga puas, kamu bisa piknik di pinggir sungai karena tempat ini menyediakan penyewaan pelampung dan tikar. Lokasinya sendiri ada di Desa Salo, Kecamatan Salo lokasi ini sangat mudah untuk ditemui karena sudah menjadi objek wisata yang terkenal.

  3. Candi Muara Takus
    Candi Muara Takus merupakan candi peninggalan umat Budha dan satu-satunya candi di Riau. Candi ini terdiri dari empat candi, yaitu Candi Tuo yang merupakan candi utama, Candi Mahligai, Candi Palangka dan Candi Bungsu. Hampir semua dinding candi dibangun dengan batu bata merah. Tidak terdapat relief pada dinding candi sehingga bentuk bangunan menjadi lebih artistik dengan arsitektur bertingkat dan bertumpuk. Kompleks candi ini memiliki panorama candi-candi yang menakjubkan untuk diabadikan. Nah tempat wisata di Kampar ini wajib banget kamu kunjungi, di sini kamu bisa foto-foto atau bisa juga nih jadi bahan Instastory.

  4. Lubang Kolam
    Lubang Kolam merupakan sebuah objek wisata sejarah yang dulunya adalah terowongan. Saat ini, Lubang Kolam tidak lagi dilalui oleh kendaraan akibat pembangunan PLTA Koto Panjang. Pembangunan PLTA tersebut menyebabkan jalur lintas Riau-Sumatera Barat sepanjang lubang ini dialihkan. Kamu bisa berfoto di depan lubang yang memiliki panjang 50 meter ini. Jika masih kurang, kamu bisa menikmati pemandangan sungai yang mengalir menuju waduk PLTA Koto Panjang.

  5. Air Terjun Pangkalan Kapas
    Jika kamu mencari air terjun yang Instagramable, air terjun Pangkalan Kapas lah tempatnya! Air terjun ini merupakan air terjun tertinggi di Riau yang tingginya mencapai 150 m. Biasanya tempat wisaita di Riau yang satu ini selalu direkomendasikan orang Riau.Keunikan air terjun ini adalah air yang mengalir tidak menyentuh tebing dan langsung jatuh ke bawah, berbeda dengan air terjun lainnya. Perlu diketahui, akses menuju air terjun berupa jalan tanah yang banyak tanjakan. Namun, kelelahanmu dalam perjalanan akan terbayar dengan indahnya panorama air terjun ini beserta hutan hujan tropis di sekelilingnya.

Sumber: