Apa saja tempat wisata di Jepara yang menyajikan keindahan alam?

jepara

Jepara adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten ini berbatasan dengan Laut Jawa di barat dan utara, Kabupaten Pati dan Kabupaten Kudus di timur, serta Kabupaten Demak di selatan. Jepara sebagai tempat kelahiran dari RA. Kartini ini ternyata menyimpan banyak keindahan alam. Apa saja tempat wisata di Jepara yang menyajikan keindahan alam?

Berikut adalah rekomendasi 5 air terjun di Jepara yang bisa datangi:

  1. Air Terjun Suroloyo
    Air Terjun Suroloyo terletak di desa Bungu, Kecamatan Mayong, Kabupaten Jepara. Lokasi air terjun ini 36 km dari pusat kota Jepara. Air terjun Suroloyo memiliki tinggi ±10 meter. Wilayahnya masih sangat asri karena hanya diketahui oleh masyarakat desa Bungu, tapi air terjun ini dimanfaatkan oleh masyarakat desa bungu untuk kebutuhan sehari-hari. Akses menuju Air Terjun Suroloyo ini tidak dapat lewati oleh kendaraan pribadi jadi masih sulit untuk ditempuh, oleh sebab itu bagi para wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam air terjun tersebut, harus menempuhnya dengan berjalan kaki.

  2. Air Terjun Kalen Wates
    Air Terjun Kalen Wates memiliki nama lain yaitu Air Terjun Jabung karena secara administrasi terletak di wilayah Dukuh Jabung. Air terjun kalen wates ini terletak di Desa Tanjung, Kecamatan Pakis Aji, Kabupaten Jepara. Air yang mengalir pada air terjun berasal dari dinding bukit. Lokasi di sekitar air terjun ini masih sangat sepi dan tenang, air terjun di Jepara ini bisa jadi alternatif wisatamu. Keasrian air tejun ini masih sangat terjaga dengan baik. Di sini kamu bisa bebas berenang sambil menikmati prosotan alami di atas tebing. Suasananya yang cukup tenang bisa kamu manfaatkan sebagai tempat meditasi dan memulihkan rasa lelahmu.

  3. Air Terjun Undak Manuk
    Air Terjun Undak Manuk merupakan air terjun alami lainnya yang bisa kamu temukan di Jepara. Selain keindahannya, air terjun ini juga mendapat julukan air terjun ekstrim. Alasannya air terjun ini berada di tebing yang sangat tinggi, walaupun cukup esktrim Air Terjun Undak Manuk ini menarik untuk dikunjungi. Air Terjun Undak Manuk terletak di Dukuh Guwo dekat dengan Kali Trawehan Blingoh, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Jepara. Sebelum bisa menikmati keindahan ekstrim Undak Manuk, kamu terlebih dahulu harus berjalan kaki di tengah-tengah hutan lebat. Oh ya masyarakat sekitar biasa menyebut lokasi air terjun ini Grejengan Manuk.

  4. Air Terjun Kedung Ombo
    Air Terjun Kedung Ombo terletak di Desa Papasan, Kecamatan Bangsri, Kabupaten Jepara. Lokasinya tidak begitu jauh dari Kota Jepara hanya sekitar 30 km dari pusat kotanya. Walaupun tidak terlalu jauh, Air Terjun Kedung Ombo masih sangat asri dan terjaga. Keunikan yang dimiliki air terjun ini dibandingkan air terjun pada umumnya adalah, tebing dan bebatuan tersebut mempunyai tumpukan bebatuan yang bertumpuk-tumpuk rapi berbentuk persegi, layaknya buatan manusia. Dari ketinggian, ditengah-tengah tanah lapang, terlihat hamparan lebatnya hutan yang masih hijau di selimuti kabut tipis. Ditambah pemandangan gunung di kanan kiri yang juga berkabut, beserta aliran sungai dibawahnya yang merupakan anak sungai dari Kedung Ombo.

  5. Air Terjun Nglumprit
    Air Terjun Nglumprit terletak di Dudakawu, Kecamatan Kembang, Kabupaten Jepara. Banyak masyarakat Jepara tidak mengetahui adanya air terjun di Desa Dudakawu, hanya masyarakat Desa Dudakawu saja yang mengetahui letak air terjun ini.Air Terjun Nglumprit terletak di Dukuh Nglarangan di desa Dudakawu, Kecamatan Kembang, Kabupaten Jepara. Desa Dudakawu termasuk ke dalam Kecamatan Kembang. Salah satu kecamatan yang dikenal sebagai kecamatan yang banyak memiliki objek wisata. Selain itu, ada lagi air terjun yang masih berada dalam satu desa yaitu Air Terjun Grinjing Dowo. Air terjun ini masih sejuk dan asri, sehingga cocok digunakan untuk menghilangkan kepenatan dalam rutinitas sehari-hari.

Sumber:https://www.shopback.co.id/blog/air-terjun-di-jepara